Raden Ahmad Kosasih dan Kyai Slamet

Raden Ahmad Kosasih

adalah seorang penulis dan penggambar komik termasyhur dari Indonesia. Generasi komik masa kini menganggapnya sebagai Bapak Komik Indonesia.

Karya-karyanya terutama berhubungan dengan kesusastraan Hindu (Ramayana dan Mahabharata) dan sastra tradisional Indonesia, terutama dari sastra Jawa dan Sunda. Selain itu beliau juga menggambar beberapa komik silat yang memiliki pengaruh Tionghoa, namun tidak terlalu banyak.

Kosasih mulai menggambar pada tahun 1953 lalu ia mulai berhenti dan pensiun pada tahun 1993. Kosasih terutama menggambar sketsa-sketsa hitam-putih tanpa memakai warna.

Kosasih memulai kariernya pada penerbit Melodi di Bandung. Namun karya-karyanya yang terkenal diterbitkan oleh Maranatha. Akhir-akhir ini pada dasawarsa tahun 1990-an karya-karyanya diterbitkan ulang oleh Elex Media Komputindo dan penerbit Paramita di Surabaya.
karena jasa-jasa beliau maka banyak jalan di Jawa barat yang dimambil dari nama beliau termasuk jalan RA Kosasih Sukabumi tempat saya tinggal saat ini

jangan lupa kalau mau ke Sukabumi mampir, seperti Kyai dari Madura ituh

walaupun beliau seorang kyai Kondang seantero tanah jawa bahkan Indonesia tapi masih sudi mampir ke tempat saya yang pelosok, bahkan kyai sendiri terheran-heran kok di Sukabumi ada Mc Donald,Kfc,Ramayana atupun Matahari,mungkin yang ada di benaknya cuma Alfamart

anda pasti sudah menduganya siapa sosok kyai yang saya maksud tersebut, beliau adalah Kyai Slamet , sosok Kyai yang kritis dan idealis untuk urusan Fatwa baik yang haram ataupun yang halal bahkan sampai urusan fatwa golput

untuk soal tausyiah memang beliau jagonya,seperti yang dapat kita baca di sini
dan saya beruntung sekali karena dalam kesibukannya yang sangat padat beliau masih mau mampir dan memberi saya tausyiah secara privat

terima kasih Kyai tausiyahnya...
jangan kapok ke Sukabumi lagi, kapitol menunggumu...

22 komentar:

  1. terima kasih kyai kunjungannya...
    maaf nggak bisa menjamu dengan layak...selayaknya seorang kyai

    BalasHapus
  2. terimakasih kang....
    capitol? hahahahahah
    :D
    seru ya blogger itu, tema sama tapi posting beda. anda menggunakan intro RA Kosasih. Lha saya kok intronya mesum ya?
    :D

    BalasHapus
  3. Sungguh sial sampeyan bertemu dengan kyai sesat itu...sudah jangan dipikirkan terlalu dalam tausiyah2 sesatnya, nanti sampeyan jadi ikutan sesat lagi...hahahaha...

    Kapan Mas Ikhsan maen ke Solo?

    BalasHapus
  4. walah2...
    aki2..hobi ngomik..
    mantep neh...
    tapi sekarang komik Indo kok ga ada lagi yah (jarang)?

    BalasHapus
  5. kasian amat ra kosasih di samain sama kyai slamet

    BalasHapus
  6. kyai slamet>?

    doh ra sido slamet xixixiixixix

    BalasHapus
  7. yang satu kyai beneran kyai, sedang satunya kyai mbilung.. :D

    BalasHapus
  8. salam kenal.... dan salam buat Kyai Slamet

    BalasHapus
  9. wah hati hati lho mas jangan terlalu intim dengan kyai slamet menyesatkan hahaha
    wah komik saya masih inget dengan karya karya RA Kosasih
    saya dulu selalu langganan nyewa komik cerita wayang karya RA Kosasih tersebut
    tapi ngapain aja sih tuh kyai slamet
    salam sukses selalu

    BalasHapus
  10. kapan2 Cah Sholeh akan mampir ke tempatmu... titenono cah!

    BalasHapus
  11. lho tiba-tiba kyai slamet kok mecungul disini tho..

    BalasHapus
  12. Mas, pak kyainya pake tarip gak kalow diundang?

    BalasHapus
  13. mari kita lompat bersama2 hup hup hup...
    cakep postingannya

    tabiek]
    senoaji

    BalasHapus
  14. berharap kang ihsan masih tetep polos tak teracuni kyai slamet dan bolonya yg mantan kyai ituh.. hehehehehe

    BalasHapus
  15. sering denger nama beliau,tapi lom pernah lihat potretnya. sip..

    BalasHapus
  16. Lam kenal ....
    kamu sudah saya link...
    link balik ya !!!!

    BalasHapus
  17. Although there are differences in content, but I still want you to establish Links, I do not
    fashion jewelry

    BalasHapus