Ketika Carrefour dan Matahari bertemu di Artos

Hadirnya Armada Town Square atau Artos di Magelang menimbulkan banyak kontroversi di tengah masyarakat ada yang setuju ada yang menentangnya dengan alasan bermacam-macam, ada yang berpendapat dengan hadirnya Artos akan mematikan pedagang kecil dan pasar tradisional,kemacetan di Jalan Bambang Sugeng yang merupakan salah satu jalan terpadat di Magelang dan lain sebagainya

Kehebohan Artos tidak hanya di dunia nyata saja, tapi juga merambah ke ranah online.Pendekar tidar komunitas Blogger di Magelang  menjadikan Artos menjadi posting wajib di bulan Oktober ini,tulisan teman-teman di Pendekar tidar antara lain Amplaznya Magelang ,Artos, Mall MagelangArtos Artos Artos tambang baruKarena ada Mall dan ngatos atos dengan artos.

Yang menarik selain Artos adalah dengan masuknya Carrefour yang merupakan raksasa retail nomer dua dunia dengan  membuka cabang ke 84 di Artos, selain itu ada Matahari Departemen Store yang lebih dulu eksis di Magelang juga membuka gerai ke 99 di Artos.

Carrefour dan Matahari yang bersamaan membuka gerainya di Artos dapat di pastikan mereka akan bersaing bagaimana caranya menjadi yang paling murah dan paling lengkap dengan promo gede-gedean,dan tentu saja konsumen paling di untungkan karena yang saya tau setiap toko-toko modern yang saling berdekatan harganya lebih miring di bandingkan tokonya yang tidak ada pesaingnya.tidak hanya Carrefor dan Matahari yang di Artos saja yang menggelar promo gede-gedean semenjak Artos buka, Gardena dan Trio plasa juga tidak kalah mereka mengadakan dan event promo supaya pelanggan mereka tidak berkurang.
                                                                                                                             
Matahari yang lebih dulu hadir di Magelang tentunya tidak mau kue yang selama ini mereka nikmati di ambil begitu saja sama  Carrefour, lihat saja sepanjang jalan arah Jogja spanduk bertuliskan Surganya belanja di Magelang lebih banyak dan lebih mencolok daripada Spanduk punya Carrefour,Carrefour sebagai pemain baru di Magelang kayaknya harus berjuang keras supaya konsumen Matahari berpindah ke mereka, dimana-mana yang pertama dulu hadir dialah yang menguasai pasar, tapi di tengah-tengah persaingan ketat seperti sekarang segala kemungkinan bisa terjadi.contohnya Indomaret dan Alfamart hanya dalam waktu singkat Alfamart bisa menggeser posisi  Indomaret di beberapa daerah.

Masuknya kedua raksasa retail ke Magelang tentunya  semakin banyak tenaga kerja yang terserap, untuk mengoperasikan gerainya baik Carrefour maupun Matahari minimal membutuhkan sedikitnya 300 sampai 400 tenga kerja.untuk Carrefour katanya delapan puluh persen tenaga kerjanya berasal dari lingkungan setempat.selain tenaga kerja yang mengambil dari lokal Magelang, untuk sayuran dan buah-buahan mereka akan bekerja sama dengan petani lokal Magelang sebagai pemasok tetap ke gerai-gerai mereka.

Selain keberadaan Artos dengan Carrefour dan Matahari di dalamnya yang berdampak positif bagi masyarakat Magelang dan sekitarnya, tentunya ada dampak negatifnya terutama bagi warung dan pasar-pasar tradisional yang belum siap dengan Carrefour dan Matahari yang punya segalanya.

Saya jadi teringat sebuah LSM di Bekasi tapi lupa namanya yang memberdayakan para pedagang kecil dengan ketrampilan dan pelayanan layaknya toko-toko moderen, meraka di didik supaya mampu bersaing dengan toko-toko moderen dari segi pelayanan dan penataan barang dagangannya.yang kebanyakan toko-toko tradisional tidak mementingkan keuntungan jangka panjang seperti sebuah warung di sekitar tempat kerja saya ketika ada produk yang lagi banyak di cari,langka di pasaran dan kebetulan dia punya stok banyak  dia jual dengan harga tinggi, yang ada dalam pikiran meraka bagaimana hari ini mereka untung besar.

Semoga dengan hadirnya Artos,Carrefour dan Matahari di Magelang bisa memberi dampak positif bagi warga Magelang dan sekitarnya.

13 komentar:

  1. Pertamax.... makin penasaran saya baca tulisan temen-temen Pendekar Tidar ini.

    BalasHapus
  2. Jadi penasaran. Kalau KERFOUR nomor dua, lha yang nomor satu apa?

    BalasHapus
  3. @ mas nanang: segera mudik mas
    @ burtscode: kalau tidak salah wallmart mas

    BalasHapus
  4. Blog dan artikelnya bagus, komentar juga ya di blog saya http://ceritaserudewasa.blogspot.com

    BalasHapus
  5. lebay deh ni artikel matahari sama carrefour kan jualannya beda beda meski sama sama retail.. kalau matahari fashion dan accecoriesnya sedangkan carrefour lebih ke kebutuhan pokok. elektronik. furniture etc meskipun ada fashion tapi ga jadi jualan utama mereka dan bukan fashion branded kaya di matahari

    BalasHapus
  6. lebay deh ni artikel matahari sama carrefour kan jualannya beda beda meski sama sama retail.. kalau matahari fashion dan accecoriesnya sedangkan carrefour lebih ke kebutuhan pokok. elektronik. furniture etc meskipun ada fashion tapi ga jadi jualan utama mereka dan bukan fashion branded kaya di matahari

    BalasHapus
  7. Bali Ndeso Mbangun Mall..., syukurlah wong Magelang bisa liat Mall, gak usah jauh2 ke Jogja atau Semarang

    BalasHapus
  8. Walau pengelolaannya sudah modern, kadang2 juga masih di temukan barang yang kadaluarsa.

    BalasHapus
  9. Bukannya matahari sama carefour sudah beda genre fokusnya ya ? :)

    kan dari segi pasar modern juga sama, retali juga tapi barang yang dijual kan juga tidak sama juga hehehe.. beda halnya dengan careforur dan giant, nah itu baru persaingan ... hehehe

    but it's okay, from your articles i have information about mall in magelang :)

    BalasHapus