18 Juli 2012

Blogilicious Solo

Blogilicious Chapter Solo 14-15 Juli di Graha Solo Raya
Tanggal 14-15 Juli kemarin saya menyempatkan hadir di Graha Solo Raya Jl. Slamet Riyadi Solo untuk mengikuti rangakain acara Blogilicious yang di selenggarakan oleh IdBlognetwork, Blogger Nusantara bersama Komunitas Blogger Surakarta Bengawan. Saya tau acara ini beberapa hari sebelumnya lewat twitnya @idblognetwork bahwa akan ada road show Blogilicious di 7 kota di Indonesia, salah satunya di Solo tanggal 14-15 Juli 2012.

Blogilicious adalah sebuah event seminar dan workshop di 7 kota di Indonesia dengan target 200-an blogger yang bertujuan untuk mengajak anak muda Indonesia untuk menjadi Positive Blogger yang nantinya akan menjadi ujung tombak pewarta positif dalam dunia digital yang bebas porno, SARA dan hal-hal negatif lainnya.

Hari pertama seminar Blogilicious 2012 di Solo mengambil tema Etika Blogging di bawakan oleh Blonthankpoer Founder Komunitas Blogger Bengawan. Menurut Pakdhe Blontank dalam menulis berita seorang wartawan harus melakukan cek dan ricek terlebih dahulu, berbeda dengan blogger yang tidak terikat dengan etika Junalistik. tapi akan lebih baiknya lagi kalau seroang blogger juga melakukan hal yang sama sebelum posting. Blogger di Indonesia jumlahnya sekitar 5 jutaan, jumlah yang fantastis untuk menggiring opini publik seperti yang pernah terjadi waktu kasus Prita Mulyasari dan kasus-kasus lain. Menurut Pakdhe Blontank lagi sebagai Blogger kita tidak perlu takut dengan UU ITE misalnya kalau selama yang kita posting benar. Kita bisa menyamarkan nama dan lembaga yang akan kita tulis tapi substansi dan kronologinya kita tulis secara detail. Menanggapi masalah copy paste di kalangan Blogger, Blogger kawakan yang juga mantan Jurnalis ini menganjurkan untuk menulis sumber linknya secara lengkap bila copy paste artikel orang lain, siapapun tidak bisa menuntut apabila kontennya di copy paste selama orang tersebut telah menyantumkan linknya secara lengkap.

Setelah Etika Blogging selesai di lanjutkan dengan materi Mobile Blogging oleh Donny Alfan Sutanto. Menurut Mas Dony Mobile Blogging itu sangat simpel dan menyenangkan, kita bisa posting blog di manapun dan kapanpun syaratnya hanya hand phone yang bisa mengirimkan email tidak perlu pakai smartphone, hal-hal di sekitar kita bisa menjadi posting yang menarik, hanya butuh sedikit kejelian saja. kita bisa memakai Blogger.com, Wordpress.com, Tumbler.com, Posterous.com yang telah mendukung posting blog lewat email.

Sesi kedua Blogilicious hari pertama adalah Edukasi konten positif dari pihak Telkom yang menjelaskan produk-produk baru Telkom seperti Telkom Hosting, Wifi ID, Groovia, Speedy Home Monitoring dan Store.telkomspeedy.com. Selanjutnya acara di isi oleh Mbak Rara yang menjelaskan mengenai Social Media & Buzzing. Menurut Mbak Rara yang juga Chair Woman Pesta Blogger 2010 ini  Sosial Media adalah Turn Communication Into Interactive Dialogue. Anggap Blog sebagai batang pohon dan Sosial Media sebagai ranting untuk bersosial. dalam bersosial media pastikan kita selalu cek dan ricek berita yang kita terima, bikin hubungan yang baik dengan pembaca blog atau follower kita di Twitter, Jujur dengan memasang foto yang benar untuk profil, harus respek dengan pengguna media sosial lainnya dan yang terakhir nikmati manfaat dari Sosial media.

Blog Preneur menjadi tema selanjutnya setelah Social Media, Blog Preneur di bawakan oleh Rinuhadi full time Blogger dari Karanganyar, Get money by sale something on your blog get money after share something on your blog? kebanyakan Blogger ngeblog hanya untuk senang-senang saja tanpa berpikir untuk mendapatkan uang dari kegiatannya ngeblog. Menurut mas Rinu Hadi berjualan online lewat blog kita harus tentukan produknya terlebih dahulu baru buat blognya, selain blog gunakan juga sosial media seperti Facebook dan Twitter untuk mempromosikan produk kita. sebisa mungkin jualan produk yang belum di jual orang lain, dengan perkembangan sosial media di Indonesia yang begitu cepat bahkan bisa mengalahkan Amerika Serikat dan Kanada merupakan peluang besar bagi para Blog Preneur karena dengan biaya sangat murah tapi hasilnya luar biasa besar kalau di kelola dengan serius, karena kita tidak memerlukan sewa gedung dan lain-lainnya. dan yang terpenting lagi jangan lupa ketika berjualan sebagian hasilnya di sedekahkan kata CEO @kaossedekah tersebut mengakhiri seminar Blogilicious hari pertama.

Hari kedua Blogilicious sesi pertama di isi oleh Mas Jauhari tentang Search Engine Optimization & Google Penguin Trend. Menurut Mas Jauhari ada cara mudah untuk mengenali SEO yaitu kenali cara kerja Google, Pastikan Google mengenali blog kita, Perbaiki list situs di Google Optimasi on page gunakan permanen link yang baik, Buat konten yang keren orisinil dan menarik, sebutkan sumbernya kalau kita copy paste tulisan orang lain,jika blog kita ada iklan pastikan iklannya terlihat berbeda, Google tidak suka iklan yang hampir sama dengan konten, tambahkan gambar atau video untuk mendukung postingan kita, ketika up load gambar beri judul yang sesuai dengan gambarnya. Agar postingan kita selalu SEO pastikan setiap posting selalu meletakan gambar ber keyword di awal tulisan, SEO dalam layout web kurangi duplikat tittle dan diskripsi pada SERP, Tampilkan tulisan lama di sidebar, biasakan link ke dalam attachment, buat tulisan terkait. dalam Seo tidak ada rahasia yang terpenting adalah konten, kalau konten berkualitas pengunjung akan datang dengan sendirinya, selain Seo kita juga bisa memanfaatkan jejaring sosial, forum dan komunitas untuk mempromosikan tulisan.

Setelah Mas Jauhari selesai membawakan Materi Seo di lanjutkan dengan Mbak Mubarika Damayanti dari Idblognetwork membawakan materi Monetize blog. kata Mbak Rika ide posting di blog bisa dari hal-hal kecil di sekitar kita, dari ngeblog kita bisa mendapatkan banyak teman, relasi bahkan jodoh dan tentu saja uang dengan bergabung di Idblognetwork.


Sesi berikutnya di isi oleh Pak Mulyanto Utomo dari Solopos tentang menulis secara kreatif. Menurut pak Mulyanto Atikel itu tulisan, tapi tulisan bukan artikel. artikel terdiri dari dua bagian yaitu ilmiah dan populer, bahasa berperan penting dalam setiap postingan atau berita, berita harus berdasarkan fakta. dalam menulis berita seorang jurnalis tidak bisa lepas dari 5W 1H yang merupakan kelengkapan suatu berita. semua hal bisa di tulis, agar tulisan kelihatan menarik pastikan setiap menulis ada deskripsi, narasi, gunakan ejaan bahasa yang benar. Kiat dalam penulisan adalah harus terkini, ada data, referensi, outline harus jelas, judulnya juga jelas. diksi atau pemiihan kata juga penting agar tulisan di terima pembaca.struktur dalam penulisan artikel yaitu pembuka, body, ending.


Sesi terakhir Blogilicious Solo di isi oleh Pak Kuncoro tentang Creative Conten. Pak Kuncoro yang sudah ngeblog sejak 12 tahun lalu ini lebih banyak bercerita  akan beralihnya zaman web 2.0 ke web 3.0. Setelah itu di lanjutkan dengan Mas Mursid tentang desain blog dan Mas Linggar Primahastoko tentang keamanan Internet. Secara keseluruhan  acara Blogilicious di Solo ini sangat menarik, banyak ilmu baru yang kita dapat tentang ngeblog dari para pakarnya yang tentunya akan menambah pengetahuan kita tentang ngeblog yang kreatif. Selain di Solo dan Madura, Road show Blogilicious ini akan di laksanakan juga di Maros, Banjarmasin,Gorontalo, Medan dan Tangerang. Informasi acara Blogilicious bisa di lihat disini

*Foto di ambil dari Facebook Komunitas Bengawan

12 komentar:

  1. Terima kasih, liputannya, mas... wah lengkap banget....

    BalasHapus
  2. wah sayange kok pas nggak bisa gabung kang....

    BalasHapus
  3. ntar gabung di Tangerang aja mas

    BalasHapus
  4. wahh ane gag bisa datang ke Blogilicious Solo.... kayaknya acara bagus tuh...
    di Solo aja gag bisa dateng apa lagi ke Tangerang mas

    BalasHapus
  5. Blogilicious itu acara blogger ya?

    BalasHapus
  6. Saya juga ikut kemarin, Mas. Seru! :)

    BalasHapus
  7. @ Sultonul Mubarok: kalau gak bisa ikut, pantengin di blog, twitter atau facebooknya aja mas :)
    @ Arif Riyanto; wah kok kita gak ketemu ya :)

    BalasHapus
  8. wah, saya sekali, saya ndak bisa ikut hadir dalam acara blogilicious ini, mas ikhsan. semoha memberikan pencerahan dan selamat menjalankan ibadah puasa.

    BalasHapus
  9. terima kasih pak Sawali, selamat menjalankan ibadah puasa juga :)

    BalasHapus
  10. gawe event nang cianjur juga ahh... ben rak kadhohan :D

    BalasHapus