Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Masjid Quwwatul Islam Perumnas Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta


Masjid Quwwatul Islam dibangun sekitar tahun 1983 karena di wilayah Perumnas Condongcatur saat itu sarana ibadah amat sangat terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka masyarakat muslim di lingkungan RT.08, RT.09, RT.10 dan RT.11 RW.17 Perumnas Condongcatur Dusun Dero Kelurahan Condongcatur Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta memprakarsai pembangunan masjid tersebut. Namun dalam perkembangannya, pesatnya pertumbuhan sarana pendidikan di kabupaten Sleman, khususnya di wilayah sekitar Perumnas Condongcatur telah berdiri beberapa perguruan tinggi seperti : Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Universitas Islam Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Amikom serta Pasar Condongcatur yang diikuti pula dengan tumbuh kembangnya kost- kost dan berbagai tempat usaha didalam maupun di sekitar wilayah Perumnas Condongcatur. Sehingga Masjid Quwwatul Islam tidak mampu lagi menampung jama’ah pada sholat Jum’at, Sholat Tarawih pada bulan Ramadhan maupun pada kegiatan rutin seperti pengajian dll. hal ini tentunya akan mempengaruhi tingkat kekhusyukan maupun kenyamanan dalam beribadah

Mengingat keterbatasan lahan maka direncanakan untuk membangun masjid dengan 2 (dua) lantai. Diharapkan dalam kurun waktu tertentu keterbatasan sarana ibadah dapat teratasi. 

Sebagai langkah awal Pengurus takmir Masjid Quwwatul Islam telah membentuk Panitia pembangunan masjid yang nantinya bertugas untuk memobilisasi bantuan baik moril maupun materil dalam perencanaan pembangunan masjid tersebut. 

Pengurus Takmir Masjid Quwwatul Islam dan Panitia Pembangunan Masjid Quwwatul Islam bersama-sama tokoh masyarakat serta umat Islam Perumnas Condongcatur khususnya dilingkungan RT 08, RT 09, RT 10 dan RT 11 RW 17 sepakat untuk mendukung terealisasinya pembangunan masjid tersebut. Terwujudnya Masjid Quwwatul Islam yang baru Insya Allah dapat dipergunakan sebagai tempat peribadahan dan pendidikan bagi generasi Islam yang akan datang
Mengingat keterbatasan lahan untuk pengembangan Masjid Quwwatul Islam, maka direncanakan pengembangan dilaksanakan dengan menambah 1 (satu) lantai keatas, tentunya dengan menyesuaikan kondisi bangunan yang telah ada. Pelaksanaan pembangunan direncanakan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan dana sehingga kegiatan peribadahan tidak terganggu selama pembangunan berjalan. Pembangunan direncanakan dalam 4 tahap pembangunan sebagai berikut : 

Pembangunan ruang utama masjid dilakukan dengan penataan yang sedemikian rupa agar dapat menciptakan kekhusyukan dalam beribadah menghadap Allah SWT. Selain itu dapat pula difungsikan untuk kegiatan untuk menambah wawasan keilmuan agama seperti kajian ilmu agama, tadarus Al Qur’an atau kegiatan lain yang bernilai ibadah.

Renovasi lantai dasar sebelah timur diutamakan untuk kepentingan sarana dan prasarana yang menunjang kepentingan jama’ah, yaitu meliputi tempat wudhu putra dan putri, kamar mandi putra dan putri, ruang sekretariat Takmir dan gudang peralatan serta kamar tidur bagi Ahlul bait (Penghuni masjid). 

Pembangunan lantai dua adalah sebagai fasilitas tambahan untuk meningkatkan daya tampung jama’ah terutama pada sholat Jum’at, pada saat bulan Ramadhan serta kegiatan pengajian umum , juga dapat digunakan untuk kegiatan TKA/TPA dan berbagai fasilitas penunjang kegiatan pendidikan yang dilengkapi dengan perpustakaan. 

Fasilitas penunjang untuk kepentingan jama’ah adalah berupa tempat parkir kendaraan motor / mobil serta menara masjid guna mengumandangkan adzan agar lebih jelas dan nyaring.   

Pembangunan Masjid Quwwatul Islam dengan luas tanah 536 m2 dan luas bangunan 745,35 m2 berupa bangunan dua lantai yang diperkirakan akan menelan biaya sebesar RP.1.852.800.000,00 ( Satu milyar delapan ratus lima puluh dua juta delapan ratus ribu rupiah ). Dengan rincian anggaran biaya sebagai berikut: 

Pekerjaan Persiapan   Rp. 30.360.000,00
Pekerjaan pondasi  Rp. 30.360.000,00
Pekerjaan pasangan bata dan plesteran  Rp. 218.623.125,00
Pekerjaan beton   Rp. 636.833.000,00
Pekerjaan lantai dan lapis dinding Rp. 150.000.000,00
Pekerjaan atap Rp. 291.582.000,00
Pekerjaan kusen dan daun pintu/jendela Rp. 140.500.000,00
Pekerjaan listrik  Rp. 29.100.000,00
Pekerjaan sanitasi dan plumbing  Rp. 14.800.000,00
Pekerjaan pendukung  Rp. 27.000.000,00
Biaya Tak Terduga  Rp. 20.000.000,00
Total  Rp.1.852.800.000,00

Adapun sumber dana untuk pembangunan masjid diharapkan berasal dari Swadana dari partisipasi umat Islam di Perumnas Condongcatur dan sekitarnya khususnya umat Islam di lingkungan RT 08, RT 09, RT 10 dan RT 11 RW 17 melalui kegiatan Zakat maal, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) . Donasi dari umat Islam pada umumnya dapat berupa uang kontan maupun material bangunan seperti : Batu, bata, pasir, semen, besi, bambu & cat, kayu, karpet sajadah, sound sistem dll. Donasi dari Instansi Pusat dan daerah seperti BUMN , PT dll. Bantuan dana dari Lembaga-lembaga maupun perorangan baik dalam maupun luar negeri. 

Bagi anda yang mempunyai keinginan dan niat yang tulus ikhlas untuk memberikan bantuan / shodaqoh terbaiknya dapat menghubungi atau disampaikan kepada Panitia Pembangunan Masjid Quwwatul Islam Perumnas Condongcatur atau dapat melalui beberapa rekening di bawah ini

Bank Mandiri Syariah : 
Atas nama : SAHARI WARSOSUMARTO 
No. Rek : 7033429244 KC Yogyakarta 

Bank BNI Syariah : 
Atas Nama : CHURNIAWAN S HARTOYO 
No. Rek : 0249022385 KC Syariah Yogyakarta 

Atau datang langsung ke Masjid Quwwatul Islam Jalan Kenanga 2 Perumnas Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta Telp (0274) 886276 & (0274) 4477604 email: quwwatul@gmail.com
Pembangunan Masjid Quwwatul Islam Perumnas Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta
Nantinya setelah selesai di bangun dan di renovasi Masjid Quwwatul Islam  akan berbentuk seperti ini 

8 komentar untuk "Masjid Quwwatul Islam Perumnas Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta"

  1. barang siapa membangun masjid, maka Allah akan memangunkannya rumah di Surga...

    Mari kita bantu

    BalasHapus
  2. wah kok jadi keren gitu masjidnya, pernah mampir sholat pas sering jalan-jalan arah concat..

    ayo infak-infak.

    BalasHapus
  3. Subhanallah, yg pengen punya rumah di surga segera bertindak!

    BalasHapus