Ikhsan.web.id

semangat berbagi manfaat

19 Januari, 2013

Cagar Budaya Candi Gebang, Sleman, Yogyakarta

Cagar Budaya Candi Gebang, Sleman, Yogyakarta
Senang rasanya bisa mengunjungi dan melihat secara langsung bukti-bukti sejarah kejayaan masa lalu nenek moyang kita, salah satu bukti-bukti kejayaan nenek moyang kita di masa lalu yang masih  bisa kita saksikan sampai hari ini adalah Candi, di tanah Jawa khususnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta begitu banyak Candi-candi yang tidak kalah menariknya dengan Candi Borobudur dan Prambanan.

Salah satu Candi di Yogyakarta yang tidak terlalu terkenal adalah Candi Gebang, terletak di Desa Gebang, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Untuk mencapai lokasi tidak terlalu sulit karena letaknya masih berada di dekat komplek perumahan Desa Gebang, dan tidak terlalu jauh dari Condong Catur Sleman, dari arah Pasar Condong Catur ikuti jalan Nusa Indah sampai Jalan Candi Gebang, tepatnya sampai ada penunjuk jalan menuju ke komplek Candi. karena letaknya tidak terlalu jauh dari penunjuk arah tadi.

Saya sendiri baru beberapa hari yang lalu mengunjungi Candi Gebang, walau sudah hampir 2 tahun tinggal di daerah Condong Catur yang kalau untuk ke Candi Gebang hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja. Karena penasaran dengan cerita-cerita Candi tersebut saya sempatkan juga untuk mampir sebentar ke Candi Gebang. Suasana lokasi Candi sangat sepi ketika saya mampir kesana, pengunjungnya hanya ada saya dan teman saya dan 2 orang satpam Candi. untuk masuk ke areal Candi kita di kenakan retribusi sebesar 2 ribu Rupiah.

Candi Gebang di temukan tahun 1936 oleh penduduk sekitar Candi, bermula ketika di temukannya sebuah Arca Ganesha, setelah di teliti dan di telusuri kalau lokasi tersebut terdapat sebuah Candi, pada Tahun 1937 sampai tahun 1939 di lakukan penggalian dan rekonstruksi bangunan Candi.sehingga terbentuk sebuah Candi seperti yang bisa kita lihat saat ini.

Menilik dari bangunannya Candi Gebang perkirakan di buat tahun 730-800 Masehi, sampai saat ini tidak ada data yang pasti mengenai sejarah di bangunnya Candi Gebang. Di lihat dari bangunannya yang ada Lingga, Yoni dan Arca Ganesha, Candi Gebang termasuk Candi Hindu. Candi tersebut hanya berukuran 5,25X5,25 M, dan Tinggi 7,75 M. terbuat dari bebatuan andesit. 

Candi Gebang memang tidak terlalu terkenal di banding Candi-Candi lain di Yogyakarta seperti Prambanan, Ratu Boko, Kalasan, Samisari dan yang lainnya, tapi tidak ada salahnya anda menyempatkan diri berkunjung kesini, apalagi kalau anda bertempat tinggal di sekitar Yogyakarta.
Cagar Budaya Candi Gebang, Sleman, Yogyakarta
Cagar Budaya Candi Gebang Yogyakarta