19 Januari, 2013

Cagar Budaya Candi Gebang, Sleman, Yogyakarta

Cagar Budaya Candi Gebang, Sleman, Yogyakarta
Senang rasanya bisa mengunjungi dan melihat secara langsung bukti-bukti sejarah kejayaan masa lalu nenek moyang kita, salah satu bukti-bukti kejayaan nenek moyang kita di masa lalu yang masih  bisa kita saksikan sampai hari ini adalah Candi, di tanah Jawa khususnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta begitu banyak Candi-candi yang tidak kalah menariknya dengan Candi Borobudur dan Prambanan.

Salah satu Candi di Yogyakarta yang tidak terlalu terkenal adalah Candi Gebang, terletak di Desa Gebang, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Untuk mencapai lokasi tidak terlalu sulit karena letaknya masih berada di dekat komplek perumahan Desa Gebang, dan tidak terlalu jauh dari Condong Catur Sleman, dari arah Pasar Condong Catur ikuti jalan Nusa Indah sampai Jalan Candi Gebang, tepatnya sampai ada penunjuk jalan menuju ke komplek Candi. karena letaknya tidak terlalu jauh dari penunjuk arah tadi.

Saya sendiri baru beberapa hari yang lalu mengunjungi Candi Gebang, walau sudah hampir 2 tahun tinggal di daerah Condong Catur yang kalau untuk ke Candi Gebang hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja. Karena penasaran dengan cerita-cerita Candi tersebut saya sempatkan juga untuk mampir sebentar ke Candi Gebang. Suasana lokasi Candi sangat sepi ketika saya mampir kesana, pengunjungnya hanya ada saya dan teman saya dan 2 orang satpam Candi. untuk masuk ke areal Candi kita di kenakan retribusi sebesar 2 ribu Rupiah.

Candi Gebang di temukan tahun 1936 oleh penduduk sekitar Candi, bermula ketika di temukannya sebuah Arca Ganesha, setelah di teliti dan di telusuri kalau lokasi tersebut terdapat sebuah Candi, pada Tahun 1937 sampai tahun 1939 di lakukan penggalian dan rekonstruksi bangunan Candi.sehingga terbentuk sebuah Candi seperti yang bisa kita lihat saat ini.

Menilik dari bangunannya Candi Gebang perkirakan di buat tahun 730-800 Masehi, sampai saat ini tidak ada data yang pasti mengenai sejarah di bangunnya Candi Gebang. Di lihat dari bangunannya yang ada Lingga, Yoni dan Arca Ganesha, Candi Gebang termasuk Candi Hindu. Candi tersebut hanya berukuran 5,25X5,25 M, dan Tinggi 7,75 M. terbuat dari bebatuan andesit. 

Candi Gebang memang tidak terlalu terkenal di banding Candi-Candi lain di Yogyakarta seperti Prambanan, Ratu Boko, Kalasan, Samisari dan yang lainnya, tapi tidak ada salahnya anda menyempatkan diri berkunjung kesini, apalagi kalau anda bertempat tinggal di sekitar Yogyakarta.
Cagar Budaya Candi Gebang, Sleman, Yogyakarta
Cagar Budaya Candi Gebang Yogyakarta

Pekerja retail jaringan Mini market nasional yang ada di Jogja. Tinggal di Magelang bersama istri dan dua putri kecil kami Disa dan Nayya. Sesekali ngeblog, bersosial media di FacebookTwitter, Instagram. Suka membaca buku tentang Wira usaha, Politik, Sejarah dan Internet. Ingin menghubungi saya silahkan mengisi pesan disiniWA 0815-10656-456 atau langsung chat WhatsApp http://bit.ly/ikhsan1

25 Post a Comment

Ayo, ajak anak2 kita berwisata kesini1

Tempatnya menarik, tapi karena kurangnya publikasi. Jarang orang yg tau tempat ini

baru sekedar dengar namanya tetapi belum pernah kesampaian ke sana....good article

beberapa kali kesana baru tau letaknya disebelah barat stadion :|

Dulu sukak lwt dkt jln menuju lokasi candi. Tp yho males jg mau liatnya. Haawong udah tau candinya cm secumlik...
Sesuai konteks zaman itu zaman Hindu, mungkin fungsi candi itu dulunya buat masarakat sekitar sembah hyang... well, semacem mushola di era islam lah. Mangkanya bentuknya kecil...

Pengen mampir tp kok gk ada tukang bakso ya..

indah juga mas tempat nya...
jadi pengen nyaba dateng...

Konon kata penjaganya, Candi ini di jaga oleh ribuan kera siluman setiap harinya. jadi jangan salah kalau kita berkunjung kesana serasa lebih seram daripada komplek Candi-candi yang lain.

Untuk lebih lengkapnya baca di Majalah Liberty edisi sekarang, serem.

dulu waktu saya masih tinggal di ngabean wetan klaseman, sering banget ngajak jalan anak saya ke candi gebang lewat mino, enak tenan.....saiki aku pindah nang tangerang, dadi kangen

mantap, yang di Jogja dan belum pernah kesini rugi @bayubwd

mntap mantap nich gan candinya
terima kasih sob buat informasinya!

indonesia terkenal dengan peninggalan2 sejarahnya, thank's infonya moga lebih bnyak lgi orang yg mngtahui candi ini sesudah ada artikel ini... I love Indonesia

lengkap abiss artikel tentang Cagar Budaya Candi Gebang & skaligus ngasih pngetahuan juga buat kita semua
good job

gan kenapa gak di publikasikan nya di perluas itu nilai sejarah nya besar juga
budaya kita harus di lestarikan
saya harap tempat ini harus menjadi wisata nasional seperti candi borobudur
ya walaupun jau dari ukuran nya tetapi nilai sejarah nya juga gak kalah hebat nya kok

Jalan akses ke candinya aja masih susah pak


EmoticonEmoticon