07 Oktober 2013

Sakinah Mawadah Warahmah

Sakinah Mawadah Warahmah
Menikah adalah salah satu dari sekian banyak Sunnah Rosul yang wajib di laksanakan oleh lelaki dan perempuan yang telah mampu, mampu secara lahir maupun bathin. karena dengan menikahlah sebuah keluarga yang Sakinah Mawadah dan Warahmah sebagaimana yang di ajarkan Nabi akan terwujud. Hubungan antara laki-laki dan perempuan yang tadinya haram menjadi halal bahkan berpahala dalam setiap kesempatan apabila telah di satukan dalam ikatan suci yang namanya pernikahan. 

Menjadi keluarga Sakinah Mawadah dan Warahmah pasti menjadi cita-cita setiap keluarga Muslim, baik yang baru menikah maupun yang telah lama menikah. Keluarga Sakinah Mawadah dan Warahmah memang mudah di ucapkan tapi berat di praktekan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi di jaman yang serba moderen seperti sekarang ini, yang semua informasi bisa kita dapatkan dengan begitu cepatnya, informasi-informasi tadi lebih banyak bertentangan dengan ajaran agama dan budaya ketimuran. Seperi berita-berita sehari-hari yang sering kita saksikan di Televisi, begitu banyaknya artis-artis yang dengan mudahnya melakukan kawin cerai, Kekerasan dalam keluarga. Dan masih banyak berita lain yang akan membuat kita terjerumus mengikuti gaya hidup seperti mereka apabila iman kita lemah.

Sakinah, Mawadah dan Warahmah sendiri berasal dari bahasa Arab. Sakinah artinya tenang, terhormat, merasa di lindungi, penuh kasih sayang, mantap dan memperoleh pembelaan. Sedangkan Mawadah artinya Cinta yang membara dan menggebu-gebu kepada lawan jenis. Dan Warahmah artinya ampunan, anugerah, rahmat, belas kasih, rejeki, kasih sayang. 

Ciri-ciri Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah antara lain:
  1. Suami atau istri yang Saleh dan Salekhah
  2. Anak-anak yang berbakti
  3. Lingungan sosial yang sehat dan beramar ma'ruf nahi munkar
  4. Rezekinya bersih dan dekat
Ciri-ciri Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah di atas adalah nasehat nikah yang di sampaian oleh Bapak Kyai Zamroni dalam pernikahan adiku yang di laksanakan pada hari Minggu (06/10/2013) kemaren. Buat adiku selamat ya, semoga barokah Allah untuk kalian berdua, Dan menjadi keluarga Sakinah Mawadah Warahmah. Amin.

3 komentar:

  1. Nderek mangayubagyo, mugo dadi keluarga sing sakinah mawadah wa rahmah!

    BalasHapus
  2. Selamat menempuh hidup baru, semoga menjadi keluarga Sakinah Mawadah Warah

    BalasHapus
  3. Semoga jadi keluarga yang Sakinah.. dan di beri keturunan yang Shalih/shalihah.. yang memberi bobot kepada dunia dengan kalimat La Illah ha Ilallah

    BalasHapus