Dari Kopdar Blogger Nusantara 2013

BLOGGER NUSANTARA, BLOGGER ISTIMEWA
Semenjak pulang kampung ke Magelang sekitar 2 tahun yang lalu, rasanya saya jarang malah tidak pernah menghadiri acara Blogger skala nasional, paling banter acara Blogger yang saya ikuti adalah Bloggicilious yang di adakan oleh IDBlognetwork di Solo sekitar setahun yang lalu, dan waktu itu pesertanya kebanyakan dari daerah sekira Solo saja. Selain itu paling hanya kumpul dengan teman-teman Pendekar tidar, Komunitas Blogger Magelang.

Senang rasanya begitu mendengar kabar kalau Blogger Nusantara tahun ini akan di laksanakan di Jogja, Tentu semua sudah tidak asing lagi dengan Blogger Nusantara, salah satu bahkan satu-satunya wadah bagi Blogger Indonesia terbesar yang masih eksis setelah meredupnya Pesta Blogger. Waktu itu Kopdar perdana Blogger Nasional pertama kalinya di laksanakan di Sidoarjo dan Kopdar tahun kedua di Makassar, yang tentunya di perlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk bisa mengahdirinya.

Tanpa pikir panjang sayapun langsung mendaftarkan diri waktu pendaftaran Kopdar Blogger Nusantara di Jogja sudah di buka, padahal belum tentu saya bisa menghadirinya karena belum tentu bisa mendapat izin cuti dari tempat kerja, berhubung akhir tahun di tempat kerjaan lagi sibuk-sibuknya kejar target akhir tahun. Tapi Alhamdulillah, akhirnya bisa juga saya mendapat izin dari kantor untuk cuti satu atau dua hari pergi Ke Jogja mengikuti Kopdar Blogger Nusantara yang tahun ini mengambil tema Blogger Nusantara, Blogger Istimewa.

Hari Sabtu pagi saya berangkat dari Magelang menuju Jogja, niatnya turun di Terminal Jombor terus di lanjutkan naik Trans Jogja menuju ke Malioboro, karena pembukaan Blogger Nusantara akan di laksanakan di Kraton Jogjakarta dan kabarnya lagi acara ini akan di buka langsung oleh Sultan. Kraton dan Sultan menjadi daya tarik bagi sebagian Blogger dari luar kota untuk datang di Jogja. Tapi apa yang di rencanakan ternyata meleset, acara pembukaan Blogger Nusantara tidak jadi di adakan di Kraton Jogja dan di alihkan ke Joglo Abang di Mlati, Sleman.

Tentunya banyak yang kecewa, termasuk saya dengan di alihkannya acara dari Kraton ke Joglo Abang secara mendadak ini. Banyak kritiK dan isu di linimasa mengenai perpindahan lokasi Blogger Nusantara ini, ada yang bilang ini hanya sekedar trik dari panitia supaya banyak Blogger yang ikut, dan masih banyak lagi. Karena pemberitahuannya yang mendadak dapat di pastikan terjadi banyak acara yang meleset dari jadwal dan molor. Tapi melihat banyaknya Blogger yang datang yang katanya sampai 1300-an, ya maklim saja kalau acara pelaksanaan Blogger Nusantara kali ini agak molor, karena tentunya tidak mudah memobilisasi masa yang tidak sedikit dalam waktu singkat.

Dalam Kopdar Blogger Nusantara di Jogja ini selain bertemu dengan teman-teman Pendekar tidar dari Magelang saya juga banyak bertemu dengan Blogger kawakan seperti Pak Andy MSE, Blonthank Poer, Amril Taufik Gobel, Eko Eshape, Kang Gery si pelancong malas, Mas Antok Suryaden dan masih banyak yang lainnya. Selain bisa bertemu dengan blogger kawakan yang sudah lama malang melintang di dunia perbloggeran, saya juga mendapat teman baru seperti  , saya ketemu mereka di dusun Tembi, di rumahnya Pak Dono yang merupakan tempat home stay kami selama mengikuti kegiatan Blogger Nusantara di dusun Tembi. Walau baru peertama kali bertemu, kita tidak merasa canggung ataupun malu menceritakan perkembangan dunia perbloggeran di daerah masing-masing.

Acara Kopdar Blogger Nusantara 2013 ini di mulai dengan sharing dari pihak Telkom tentang Speedy Instan. Speedy Instan adalah layanan Speedy dengan koneksi normally open yang di pasang pada pelanggan yang mengikuti program broadband ready. Blogger yang hadir juga berkesempatan mencoba produk baru telkom tersebut, tidak hanya itu Telkom bekerjasama dengan ID Blognetwork mengajak para Blogger untuk bekerja sama dalam jangka panjang dengan cara memasang widget eSpincoid dan T money di blognya masing-masing.

Setelah istirahat makan siang acara sharing Blogger Nusantara di isi oleh Mas Eko Nugroho tentang karya seni kreatif, Mas Eko mencontohkan bangsa Jepang bisa maju karena mereka mampu mengemas budaya dan tradisi dalam mengembangkan sebuah produk dan jasa tanpa menghilangkan ciri khasnya. Selain Mas Eko ada juga sesi dari Mbak Dona Angelina yang sukses sebagai Jewelry Blogger.  Setelah sesi tentang seni kreatif para Blogger di ajak mendengarkan sharingnya Mas Joni dari dari SIGAP sebuah LSM yang khusus membela para Difabel di Jogja. Mas Joni juga mengajak para blogger untuk posting tentang Difabel di blognya masing-masing.

Sesi sharing selesai para blogger di suguhi hiburan musik khas tradisional Jogja, Tari dari daerah Lampung dan Dayak. Sembari menikmati sajian musik dan tarian tradisional khas Jogja sebagian Blogger tour keliling Jogja, Tour keliling Joganya sendiri di mulai jam 4 sore, para Blogger di berangkatkan bersadarkan daerah asalnya masing-masing. Kami dari Magelang mendapat jatah tour ke Jogjanya jam 8 malem, jam 8 malem tentunya sudah tidak asik lagi kalau jalan-jalan keliling Jogja, karena beberapa alasan tadi kami rombongan dari Magelang memutuskan untuk tidak ikut tour keliling Jogja. Lagian kalau tour keliling Jogjanya hanya sekitaran Malioboro dan Kraton Jogja tentu tidak menarik lagi bagi kami. Kesenian tradisional Jathilan dari Gunung Kelir menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian blogger sembari menunggu bus jemputan yang akan membawa ke kawasan desa wisata Tembi.

Mengikuti rangkaian acara Blogger Nusantara 2013 baik di padepokan Joglo Abang maupun di Dusun Tembi begitu meninggalkan kesan tersendiri bagi saya, tentunya bagi teman-teman yang mengikuti acara ini. Kopdar yang di hadiri ribuan blogger dari daerah-daerah di Indonesia dengan berbagai macam latar belakang, suku, budaya bahkan agama yang berbeda-beda, menambah keyakinan saya bahwa Indonesia adalah bangsa yang ber Bhineka Tunggal Ika.

Terima kasih buat teman-teman di Blogger Nusantara, Blogger Jogja, Rumah Budaya Joglo Abang, Desa wisata Tembi atas jamuannya selama acara Blogger Nusantara berlangsung. Kalian LUAR BIASA :)
BLOGGER NUSANTARA, BLOGGER ISTIMEWA
Foto di ambil dari kronologi Facebooknya Gusmul

5 komentar:

  1. Tulisannya renyah mas, enak dan mudah dipahami. Keren!!!
    Sesuai isu, tahun depan katanya Kopdar akan dilaksanakan di Jakarta. Bila benar, semoga kita semua bisa bertemu kembali mas...

    BalasHapus
  2. sayangnya di kopdar kemarin ngga sempat bertemu dengan saya ya mas.

    btw terimakasih telah berkenan hadir dan merepotkan diri di BN di jogja kali ini.

    Salam
    Jarwadi

    BalasHapus
  3. Wah wah.. jadi teharu saya.. hehehe.. semoga kapan2 kita ada kesempatan untuk berjumpa lagi di event blogger yang lain dikota yang gak kalah serunya dari Jogja.. ^_^

    BalasHapus
  4. terus jaga dan sambung silaturahmi....

    BalasHapus