Jalan-jalan ke Candi Gedong songo di Kabupaten Semarang

Jalan-jalan ke Candi Gedong songo di Kabupaten Semarang
Beberapa waktu yang lalu saya bersama teman-teman satu kerjaan pergi liburan bareng ke kawasan Candi Gedong songo yang ada di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Kawasan Candi Gedong songo tidak kalah menarik dengan komplek Candi yang ada di pegunungan Dieng, Wonosobo, kata teman-teman yang sudah berkunjung kesana. Karena penasaran yang tinggi, akhirnya kami putuskan untuk pergi ke Candi Gedong songo, dari rencana semula ke pantai Indrayanti di Jogja.

after wed di Candi Gedong songo Kabupaten Semarang
Kami berangkat dari Magelang sekitar jam 09:00 pagi dan baru sampai Gedongsongo 2 jam kemudian. Jalan dari Magelang ke Gedong songo yang berkelok-kelok membuat sebagian dari kami ada yang pusing-pusing dan mabuk berat, suatu hal yang lumrah karena mereka jarang naik angkutan umum setiap harinya. Tapi rasa lelah, pusing dan mabuk selama dalam perjalanan sedikit terobati setelah sampai di Komplek Candi Gedong songo, Suasana yang masih sejuk walau sudah siang hari dan semilir angin pegunungan Gedong songo, membuat kami sejenak bisa melupakan beban berat di tempat kerja yang setiap hari harus di hadapi.

Tak lengkap rasanya kalau mengunjungi suatu daerah tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut, begitu tiba kami langsung menuju warung makan yang berjejer di sepanjang pintu kmasuk Komplek Candi Gedong songo. Kuliner khas Gedong songo adalah sate kelinci, selain Sate kelinci warung-warung di sini juga tersedia aneka hidangan lain seperti Mie Ayam, Nasi Goreng, Soto dll, dan yang paling penting harga makanan di sini termasuk murah.
Jalan-jalan ke Candi Gedong songo di Kabupaten Semarang
Setelah kenyang dengan berbagai kuliner khas Gedong songo, Acara kami lanjutkan dengan menelusuri jalan setapak naik menuju ke Candi-candi yang ada di komplek Gedong songo. Untuk menuju Candi Gedong songo 1, kami harus berjalan kurang lebih 200 meter, Bagi yang tidak biasa jalan bisa memanfaatkan Jasa Naik Kuda Candi Gedong songo yang tarifnya sekitar Rp. 50.000- Rp.70.000,-/ orang. Diperlukan waktu kurang lebih 1 jam untuk bisa mengelilingi satu candi ke candi yang lainnya yang tersebar di Lereng Gunung Ungaran.

Pemandangan Lereng Gunung Ungaran dimana Candi-candi Gedong songo berada sangat indah, di sepanjang jalan terdapat pohon pinus, dan di saat-saat tertentu kabut tipis sering turun. Di antara Candi 3 dan 4 ada sumber air panas alami yang mengandung belerang yang cukup tinggi, dengan kepulan asap yang cukup tebal. Kita juga bisa mandi di pemandian air panas yang letaknya tidak jauh dari sumber air panas alami.
Jalan-jalan ke Candi Gedong songo di Kabupaten Semarang
Candi Gedong songo terletak di ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut, Komplek Candi Gedong songo di temukan pertama kali oleh Loten. Pada tahun 1804 Raffles menamai Komplek Candi ersebut dengan nama Candi Gedong pitoe, Karena hanya ada tujuh bangunan candi. Candi-candi tersebut terkenal dengan sebutan Candi Gedong songo setelah Friederich dan Hoopermans seorang arkeolog dari Belanda memuat tulisan tentang Candi Gedong songo pada tahun 1865.

Nama Gedong songo berasal dari Kata Gedong yang berarti bangunan dan Songo yang artinya sembilan. Gedong songo merupakan candi Hindu peninggalan dinasti Sanjaya sekitar abad ke-8 Masehi. Letak candi yang berada di perbukitan, karena Umat Hindu pada waktu itu Gunung di anggap sebagai khayangan atau surga tempat para dewa berada. Candi Gedong songo telah mengalami dua kali pemugaran, tahun 1928-1929 oleh pemerintah Hindia Belanda dan tahun 1972-1982 oleh pemerintah Indonesia.
Kepala Toko Alfamart Jalan-jalan ke Candi Gedong songo di Kabupaten Semarang

4 komentar:

  1. wah, saya malah belum pernah kesampaian sampai sana kang...kapan-kapan wajib nih!

    BalasHapus
  2. Wajib di kunjungi mas @sangnanang :)

    BalasHapus
  3. Kepala toko alfamart magelang

    BalasHapus
  4. Mau info buat pencinta kuliner semarang, mari bantu kami Greenpack untuk indonesia yang bersih dan sehat. Jangan lagi menggunakan styrofoam dan kemasan plastik lainnya. Sebab kemasan tersebut berbahaya untuk kesehatan serta tidak ramah lingkungan. Kunjungi website kami di sini http://www.greenpack.co.id/

    BalasHapus