Beli Mobil Bekas, Mengapa Tidak?

Mobil seakan menjadi barang penting bagi mobilisasi aktivitas masyarakat. Padahal dahulu mobil adalah sesuatu yang sangat mewah dan hanya orang-orang tertentu yang memilikinya. Mengambil mobil secara kredit lebih banyak dipilih oleh sebagian besar orang. Kredit menjadi jalan mudah untuk memiliki mobil tanpa harus membayar cash. Bahkan sekarang tidak hanya sistem kredit mobil baru yang dijalankan, tapi juga kredit mobil bekas. Semua tergantung pada budget anda. Jika mampunya membeli mobil bekas, kenapa tidak? Asal anda menjadi pembeli yang cermat terhadap barang, tentu hal ini bukan suatu masalah serius.

Mengajukan kredit ini memang tidak sama ketika anda membeli mobil baru. Mobil bekas tentu tidak sama kondisinya dengan mobil baru. Apalagi jika beberapa bagian dilakukan modifikasi atau penggantian elemen mesin. Kecermatan anda menentukan baik tidaknya mobil bekas incaran.

Hendaknya anda melakukan beberapa langkah berikut sebelum memutuskan mengambil mobil bekas. Hal ini dimaksudkan supaya anda tidak menyesal di kemudian hari. Terlebih lagi harga kredit akan memunculkan uang hangus yang cukup besar:

Tentukan terlebih dahulu kebutuhan mobil anda, seperti jumlah penumpang yang dapat dimuat, besarnya mesin cc serta pencarian suku cadang mobil.
Periksa secara lengkap keadaan mesin karena yang namanya barang bekas sama saja dengan menumpahkan problem dari pemilik sebelumnya ke tangan anda. Jangan sampai anda membeli barang yang sebenarnya sudah rusak dan hanya menghabiskan biaya perawatan.
Cermati dahulu lembaga pembiayaan atau pihak leasing mengenai mekanisme pembayaran cicilan. Anda harus mengetahui hak dan kewajiban secara detail dan perhitungkan biaya yang akan anda keluarkan selama cicilan. Perhitungkan juga besaran suku bunga yang ditawarkan.

Alangkah baiknya apabila anda mengetahui perbedaan utama kredit mobil baru dengan kredit mobil bekas. Beberapa hal ini sangat penting bagi perhitungan biaya kredit anda selama tenor tertentu:

Untuk harga angsuran dan nilai dana awal, mobil baru relative lebih tinggi dan mobil bekas relatif lebih rendah. Namun anda akan menemui suku bunga yang berbanding terbalik. Mobil bekas memiliki suku bunga yang lebih tinggi dari mobil baru.
Tentu mobil bekas membutuhkan biaya perawatan lebih banyak ketimbang mobil baru. Apalagi ketika mobil itu sering mengalami pergantian suku cadang dan modifikasi lainnya.
Garansi tentu hanya dimiliki oleh mobil baru, sedangkan mobil bekas tidak mempunyainya. Adanya garansi pada barang yang dibeli memberi rasa aman jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan
Harga mobil baru dapat dipastikan selalu mengalami penyusutan dan ini berpengaruh pada nilai jual kembali. Sebaliknya, mobil bekas memiliki harga jual yang berkurang sedikit, tidak sebanyak yang terjadi pada mobil baru

Mekanisme pembayaran cicilan di pihak penyedia kredit, hampir sama dengan ketika anda membeli mobil baru. Syarat yang diminta pun sama, yakni fotokopi KTP suami-istri, fotokopi kartu keluarga, rekening listrik, slip gaji serta fotokopi BPKB dari mobil yang dibeli. Biasanya, sebagai jaminan, BPKB akan diminta selama cicilan belum dilunasi.

Keputusan memang ada di tangan anda apakah ingin membeli mobil bekas secara kredit ataukah cash. Hanya saja anda sangat dianjurkan untuk teliti dalam mencari mobil impian. Selain itu mobil bekas juga memiliki nilai yang berbeda dengan mobil baru. Biaya yang anda keluarkan selama kredit bukan hanya cicilan serta bunga, namun juga biaya perawatan, biaya pajak dan biaya bensin.

2 komentar:

  1. Mobil bekas murah meriah JogjaRabu, November 05, 2014 12:03:00 PM

    Beli Mobil Bekas, Mengapa tidak?
    banyak Mobil bekas tapi kualitasnya bagus, tinggal pintar-pintar kita memilihnya

    BalasHapus