Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Sedikit cerita dari Sekaten di Alun-alun utara Yogyakarta

Maulid Nabi Muhammad SAW
Mengunjungi tempat-tempat wisata di Yogyakarta tidak akan selesai sehari atau dua hari, mengingat banyaknya tempat tujuan wisata di Yogyakarta. Baik wisata budaya, sejarah maupun wisata alam. Salah satu wisata budaya yang baru saja kelar di Yogyakarta adalah Sekatenan. Sekaten adalah upacara adat pendahuluan dari peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, yang di selenggarakan setiap tahunnya tiap tanggal 5 bulan Maulud oleh pemerintah Yogyakarta. Pada awalnya sekaten adalah kegiatan syiar Islam yang diadakan pertama kalinya oleh Sultan Hamengku Buwono I.

Namun dengan seiring berjalannya waktu acara Sekatenan identik dengan pesta rakyat. Berbagai macam jenis kesenian setiap hari di tampilkan selama sebulan penuh, baik kesenian tradisonal seperti Kuda lumping, Kethoprak, Wayangan sampai kesenian modern seperti pentas Dangdut dan lain sebagainya. Tidak hanya itu segala macam kerajinan tangan dan kuliner khas Yogyakarta baik moderen maupun tradisional di sajikan dalam acara sekatenan ini. Intinya Sekatenan di Alun-alun Utara Yogyakarta seperti pasar malam pada umumnya. 
Malem Grebeg Maulud Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta
Nuansa syiar Islam juga masih terlihat  dalam tradisi Sekatenan ini, seperti Pengajian yang mengisahkan riwayat perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan agama Islam di jazirah Arab. Yang menarik di samping kanan dan kiri Masjid Gedhe Keraton Yogyakarta ini ada dua buah bangsal tempat pusaka  Keraton berupa gamelan Kyai Sukati, yang di bunyikan saat ada acara Sekatenan saja.

Pas tanggal 02 Januari 2015, malem Grebeg Maulud. Saya berkunjung ke acara Sekatenan di Alun-alun Utara Yogyakarta dan Masjid Gedhe Kauman. Saya lebih tertarik dengan acara sekatenan yang ada di Masjid Gedhe Kauman, dengan adanya gamelan Kyai Sukati yang kalau di khayati dan di dengarkan dengan penuh penghayatan akan menenangkan hati yang mendengarkannya, di tambah dengan siraman rohani dari Ustad Masjid Gedhe Kauman tentang kelahiran Nabi Muhammad dan perjuangannya dalam menyebarkan agama Islam di jazirah Arab, Betapa sulitnya dakwah Nabi Muhammad SAW di masa itu, tapi berkat kejujuran, ketabahan dan keimanan beliau, Agama Islam menjadi agama yang besar, menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.
Sekatenan
Acara Sekatenan di Masjid Gedhe Kauman di jaga oleh para perajurit Keraton, terutama di bangsal kanan dan kiri Masjid, tempat di mana gamelan Kyai Sukati berada. Saya sempat ngobrol-ngobrol sebentar dengan Pak Bintoro, salah satu perajurit keraton yang malam itu ikut berjaga mengamankan acara sekatenan di Masjid Gedhe Kauman. Pak Bintoro ini sudah 40 tahunan mengabdi sebagai perajurit di keraton Yogyakarta, Manurut Pak Bintoro, Tujuan beliau menjadi seorang perajurit bukanlah karena harta dan jabatan. tapi pengabdian dan bentuk tanggung jawab sebagai warga Yogyakarta dalam melestarikan budaya dan tradisi leluhurnya. 

Gaji sebagai seorang perajurit keraton menurut pak Bintoro tak seberapa, tapi alhamdulillah berkah, ada saja rejeki yang datang, dan yang paling penting hidupnya tentrem ayem. Saat ngobrol-ngobrol tersebut trak lupa pak Bintoro menganjurkan saya untuk mengunjungi Keraton dan tempat wisata lain di Yogyakarta. Taman Pintar, Museum Jogja kembali, Tugu Jogja, Kaliurang, Parang tritis dan masih banyak tempat wisata lainnya di Jogja yang di ceritakan pak Bintoro layaknya seorang guide profesional. Saya hanya mengangguk dan mengiyakan cerita Pak Bintoro tentang tempat-tempat wisata di Jogja. Karena sebagian besar belum pernah saya kinjungi, padahal kurang lebih hampir tiga tahunan saya ada di Yogyakarta.

Banyak pelajaran yang saya bisa ambil dari berkunjung ke Sekatenan kemaren, Pelajaran tentang begitu kuatnya tradisi peninggalan para leluhur yang di jaga turun temurun tanpa pamrih, ikhlas dengan semangat penuh pengabdian. Melestarikan tradisi dan budaya leluhur. Semoga suatu saat nanti saya bisa mengunjungi satu persatu tempat wisata yang di tuturkan Pak Bintoro tersebut, dan menuliskannya di blog ini. 

5 komentar untuk "Sedikit cerita dari Sekaten di Alun-alun utara Yogyakarta"

  1. Sekaten berasal dari kata Sahadatain atau sahadat, Bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad SAW utusan Allah WST. Memang dahulunya sekaten adalah untuk mensyiarkan agama Islam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
      /';[

      Hapus
  2. Maaf maksud saya Allah SWT..
    salah tulis

    BalasHapus
  3. Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    $ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika Anda
    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah bagi Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgan debra 1986@gmail.com
    Semoga Tuhan Memberkati.
    Salam,
    Mrs Morgan debra
    Email: morgandebra1986@gmail.com
    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

    BalasHapus
  4. Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    $ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika Anda
    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah bagi Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgan debra 1986@gmail.com
    Semoga Tuhan Memberkati.
    Salam,
    Mrs Morgan debra
    Email: morgandebra1986@gmail.com
    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

    BalasHapus