Jalan-jalan ke Pantai Parangtritis Yogyakarta

alfamart parangtritis yogyakarta
Beberapa waktu yang lalu, seperti biasa saya dan teman-teman satu kerjaan sedang ada meeting di derah Argomulyo Bantul. Karena meetingnya selesai lebih cepat dari yang seharusnya, dan sayang kalau hanya sekedar meeting langsung pulang, masih banyak waktu yang bisa di manfaatkan untuk sekedar jalan-jalan menghilangkan beban di tempat kerja.
Jalan-jalan ke Pantai Parangtritis Yogyakarta
Pantai Parangtritis menjadi tujuan kami untuk sekedar jalan-jalan sore menghilangkan penat dengan melihat matahari tenggelam di Parangtritis. Karena dari Argo mulyo ke Pantai Parangtritis tidak terlalu jauh, dan beberapa dari kami, termasuk saya sudah lama tidak menginjakan kaki di Pantai Parangtritis, salah satu pantai di Jogja yang paling banyak di kunjungi,karena terkenal dengan deburan ombaknya yang besar, hamparan pasir hitam dan aroma spiritual yang masih di percaya turun temurun oleh masyarakat Yogyakarta.
Jalan-jalan ke Pantai Parangtritis Yogyakarta
Selain deburan ombaknya yang tinggi, Hamparan pasir hitamnya. Gundukan pasir di sekitar pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, karena Gundukan pasir di pantai di pantai Parangtritis ini satu-satunya yang ada di Indonesia, karena Gundukan pasir seperi ini hanya ada di pantai-pantai di Afrika.
Orang Jawa dan Jogja khususnya masih percaya bahwa Pantai Parangtritis merupakan pintu gerbang kerajaan gaib laut selatan, Mereka percaya bahwa Parangtritis merupakan salah satu kekuatan trimurti Yogyakarta, selain Gunung Merapi dan Keraton Jogja sebagai penyeimbang keduanya.  Di hari-hari tertentu sering diadakan acara labuhan seperti memperingati naik tahtanya Sultan, atau saat Keraton Jogja akan punya hajat seperti pernikahan keluarga Keraton.
Jalan-jalan ke Pantai Parangtritis Yogyakarta
Pantai Parangtritis berjarak sekitar 30 Kilometer dari Kota Jogja. Untuk menuju ke Parangtritis selain menggunakan kendaraan pribadi kita juga bisa naik kendaraan umum yang langsung menuju ke Parangtritis dari terminal Giwangan. Tiket masuk ke pantai Parangtritis hanya Rp. 5000 saja. Sedangkan tarif parkirnya yang agak mahal, 10.000 untuk mobil dan 5000 untuk sepeda motor.
Jalan-jalan ke Pantai Parangtritis Yogyakarta
Selain duduk-duduk, atau bermain di bibir pantai menikmati dentuman ombak dan semilir angin pantai, kita juga bisa menyaksikan anak-anak pantai yang sedang berselancar, ada juga yang bermain layang-layang. Karena pantainya yang luas kita bisa naik delman atau menyewa ATV motor beroda tiga untuk berkeliling menyusuri Pantai Parangtritis. Setelah capek berkeliling pantai kita juga bisa beristirahat sambil menikmati jagung bakar atau kelapa muda yang di jajakkan di sekitar pantai.

3 komentar: