Jalan-jalan ke Pantai Somandeng Gunung Kidul

Pantai Somandeng Gunung Kidul
Gunung Kidul salah satu wilayah di derah istimewa Yogyakarta yang banyak memiliki obyek wisata alam yang terkenal seperti Gua Pindul,  Gua Sriti, Pantai Indrayanti dan banyak yang lainnya. Selain tempat-tempat yang terkenal tadi Gunung Kidul juga masih memiliki banyak obyek wisata yang wajib di kunjungi, obyek-obyek wisata tersebut tidak kalah indahnya. Salah satu obyek wisata di Gunung Kidul yang belum begitu terkenal luas adalah Pantai Somandeng.
Pantai Somandeng Gunung Kidul
Beberapa waktu yang lalu saya dan teman-teman satu kerjaan, liburan bareng ke Gunung Kidul. Dan salah satu obyek wisata tujuan kami adalah pantai Somandeng, Menurut cerita dari mulut kemulut yang kami dengar, pantai Somandeng tidak kalah dengan pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti merupakan pantai yang paling banyak di kunjungi di antara pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul. Pantai Somandeng sendiri letaknya bersebelahan dengan pantai Indrayanti, hanya berjarak sekitar 50 meter saja, dan di batasi oleh batu karang. 

Karena penasaran dengan keindahan pantai Somandeng yang katanya tidak kalah dengan pantai Pulang Syawal atau yang lebih di kenal dengan pantai Indrayanti ini, Pantai Somandeng menjadi salah satu tujuan liburan kami ke Gunung Kidul. Untuk menuju ke lokasi Pantai Somandeng jalannya sudah lumayan bagus, karena tidak ada angkutan umum yang menuju lokasi sebaiknya kalau pergi ke sana sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi saja. Untuk masuk ke pantai Somandeng masih gratis hanya membayar uang parkir dan karcis di pintu gerbang utama menuju pantai-pantai di Gunung Kidul.
Pantai Somandeng Gunung Kidul
Benar saja apa yang menjadi cerita dari mulut ke mulut kalau Pantai Somandeng tidak kalah indahnya dengan pantai Indrayanti. Pasir putih, birunya air laut kelihatan jernih sekali, pohon pandan dan cemara yang berada di pinggir pantai, menjadi daya tarik tersendiri pantai Somandeng di banding pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Pengunjung pantai Somandeng tidak sebanyak di Pantai Indrayanti, apalagi di hari-hari biasa. hanya ada segelintir orang saja yang berkunjung ke Somandeng, dan ini justru yang menarik. Karena tidak banyaknya pengunjung, liburan kita benar-benar menyenangkan. seolah-olah liburan di pantai punya sendiri. Beberapa warung makan yang ada juga kebanyakan kosong, karena sepinya pengunjung. Yang menarik beberapa warung makan yang ada di sini berada di tebing yang untuk menuju ke sana kita harus menaiki anak tangga yang lumayan tinggi. Sambil menyantap makanan laut yang tersedia kita bisa melihat pemandangan pantai Somandeng dari ketinggian. 
Pantai Somandeng Gunung Kidul
Di pagi hari ombak dan air laut penuh sampai di bibir pantai, tapi begitu siang dan sore hari. Air laut mulai pasang. kita bisa mandi atau sekedar jalan-jalan menikmati dinginya air laut sambil melihat warga Dusun Tepus mencari ikan, Sesekali juga terlihat kapal-kapal besar yang melintas. Sepinya pengunjung pantai Somandeng di banding dengan pantai Indrayanti dan Sundak tetangganya mungkin karena minimnya promosi pantai Somandeng, jadi wisatawan kalau di Gunung Kidul taunya hanya Pantai Indrayanti, padahal Pantai Somandeng khusunya dan pantai-pantai lain di Gunung Kidul tidak kalah indah dengan pantai Pulang Syawal atau yang lebih di kenal dengan sebutan Pantai Indrayanti.

4 komentar: