Masjid Agung Al Aqsho Klaten

Masjid Agung Al Aqsho Klaten

Klaten merupakan salah satu kota yang sering saya kunjungi tiga tahun terakhir setelah Jogja. Karena di kota inilah kantor cabang tempat saya bekerja berada. Setidaknya minimal dalam sebulan saya harus ke Klaten untuk urusan pekerjaan, kadang bisa lebih, sebulan bisa dua sampai empat kali bolak-balik Jogja- Klaten. 

Karena hampir setiap bulan menginjakan kaki di kota ini, saya tahu perkembangan kota ini dari bulan ke bulan. Menurut saya Klaten salah satu kota di Jawa Tengah yang cukup cepat laju pembangunannya. Mall, Hotel dan pusat perbelanjaan banyak di bangun kahir-akhir ini, dan Jalan-jalan kota juga terlihat rapi dan bersih. Di penjuru sudut kota tampak adanya pengerjaan fasilitas umum yang semakin menambah indahnya Klaten.

Laju pembangunan yang sedang terjadi di Klaten tidak membuat saya heran, Karena hampir semua kota-kota di Jawa Tengah juga terjadi hal yang serupa, termasuk di daerah saya Magelang. Laju pembangunan kota juga tidak kalah dengan yang ada di Klaten. Yang membuat saya takjub di Klaten adalah pembangunan Masjid Agung Klaten yang di beri nama Masjid Agung Al-Aqsha. Mungkin nama Al-Aqsha ini terinspirasi Masjid di Palestina yang juga bernama Al-Aqsha. Masjid Suci bagi umat Islam setelah Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Konon katanya bagunan Masjid Al-Aqsha di Klaten ini mirip dengan Masjid Al-Aqsha yang ada di Palestina. Dahulunya tempat di mana masjid Al-Aqsha ini di bangun merupakan Terminal kota Klaten. Karena seiring dengan berjalannya waktu, Terminal ini tidak mampu menampung jumlah kendaraan yang masuk terminal. Oleh karena itu oleh pemerintah Kabupaten Klaten terminal di pindahkan tidak jauh dari lokasi terminal lama. Terminal baru tersebut sekarang juga sudah jadi dan terlihat megah. 

Jarang kita temui pemerintah daerah di Jawa tengah yang memprioritaskan tempat ibadah khususnya masjid sebagai bagian dari visi pembangunan di daerahnya. Salut untuk pak Bupati Klaten, semoga dengan berdirinya Masjid Agung Al-Aqsha ini bisa menjadi tempat ibadah dan kegiatan keagamaan bagi umat Islam di Klaten dan sekitarnya. Semoga suatu saat nanti saya bisa mampir dan shalat di Masjid ini :)
Next Post Previous Post
3 Comments
  • Hamba Allah Klaten
    Hamba Allah Klaten Minggu, 03 Mei 2015 pukul 19.16.00 WIB

    Allahu akbar

  • Anonim
    Anonim Kamis, 07 Mei 2015 pukul 13.06.00 WIB

    Allahu akbar, klaten al aqshanya indonesia

  • Ikhsan Abu Disa
    Ikhsan Abu Disa Kamis, 14 Mei 2015 pukul 16.33.00 WIB

    Kapan Magelang punya masjid kayak Gini :)

Add Comment
comment url