08 Mei 2015

Jalan-jalan ke Gua Pindul Gunung Kidul Yogyakarta

Jalan-jalan ke Gua Pindul Gunung Kidul Yogyakarta
Gunung Kidul, salah satu Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang banyak memiliki obyek wisata yang masih alami, seperti pantai dan obyek wisata alam yang layak di kunjungi. Pantai Indrayanti, Baron, Somandeng, Sundak, Krakal merupakan salah satu dari puluhan pantai yang banyak di kunjungi di Gunung Kidul. 

Selain puluhan pantai yang indah, Gunung Kidul memiliki berbagai obyek wisata alam yang masih alami dan menantang untuk kita kunjungi. Antara lain Gua Sriti dan Gua Pindul yang banyak di kunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan dan hari libur nasional.
Beberapa waktu yang lalu, saya bersama teman-teman satu kerjaan di Kaliurang bersama-sama mengunjungi Gunung Kidul, Tujuan utama kami adalah Gua Pindul dan Pantai Somandeng. Dua obyek wisata yang banyak di kunjungi wisatawan setiap mereka ke Gunung Kidul, dan kebetulan beberapa dari kami belum pernah kesana.

Kami berangkat pagi hari dari Jogja, dan baru sampai di obyek wisata Gua Pindul sekitar jam 10:00 siang.  Setelah istirahat sejenak sembari sarapan, kami lanjutkan petualangan kami di kawasan obyek wisata Gua Pindul.  Sebelum ke komplek Gua Pindul kami mendaftarkan diri ke agen wisata di sana yang akan memandu dan mengantar ke komplek Gua Pindul. Tiket untuk bisa masuk ke Gua Pindul tergolong cukup murah, hanya 35.000/ orang sudah termasuk pemandu selama kita menyusuri lorong gua.

Jalan-jalan ke Gua Pindul Gunung Kidul Yogyakarta
Sebelum memasuki Gua Pindul ada banyak pantangan yang tidak boleh di langgar, seperti tidak boleh berkata kotor dan jorok, tidak boleh membunuh ikan ataupun kelelawar yang ada di dalam gua, dan bagi yang mempunyai kemampuan supranatural, bisa melihat hal-hal gaib selama di dalam gua, agar diam dan tidak menceritakan pada pengunjung lainnya selama ada di dalam Gua.  Selama menyusuri sekitar 45 menit lamanya, kita akan di ajak mengenang kembali sejarah asal muasal terjadinya Gua Pindul, Para pemandu ini sangat kocak dan humoris, suasana Gua yang agak gelap dan mencekam sedikit cair dengan guyonan para pemandu yang membuat para pengunjung tertawa. 

Ternyata di hari-hari biasapun Gua Pindul tetap ramai di kunjungi wisatawan, dan hampir semua yang kesana datang dengan rombongan, bagi yang datang sendiri bisa gabung dengan rombongan yang lain. Saya dan teman-teman menyusuri Gua Pindul atau yang lebih di kenal dengan Cavetubing. Cavetubing hampir sama denganrafting atau arung jeram, bedanya kalau Rafting menyusuri sungai dengan perahu, kalau Cuvetubing menyusuri sungai dengan ban dalam. Aliran sungai yang melewati Gua Pindul sangat tenang dan tidak dalam, jadi Cavetubing di Gua Pindul ini bisa di ikuti oleh anak-anak maupun orang tua. 
Jalan-jalan ke Gua Pindul Gunung Kidul Yogyakarta
Gua Pindul yang panjangnya sekitar 350 meter, lebar 5 meter, jarak permuakaan air dengan atap gua sekitar 4 meter, dengan kedalaman air sekitar 12 meter. Untuk menyusurinya di perlukan waktu sekitar 45 menit dari pintu masuk sampai keluar. Gua Pindul terbagi dalam tiga zona, yaitu zona terang, remang dan gelap.  Salah satu yang menarik di tengah gua terdapat lubang besar yang tembus sampai ke atas gua, karena sinar matahari bisa masuk lewat lubang ini sehingga di tengah gua terlihat terang. warga sekitar sering menyebut lubang ini dengan Sumur terbalik.

Selain lubang sumur terbalik di dalam gua Pindul ini juga terdapat stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit, tampak seperti tiang yang besar, dan katanya merupakan yang terbesar di dunia, karena hanya bisa di pegang oleh tangan lima orang dewasa.  Untuk melewati lorong stalagtit dan stalagmit tersebut hanya bisa di lewati satu orang saja. Selain menyatunya Stalagtit dan Stalagmit yang menjadi tiang penyangga Gua, Masih ada Stalagtit Putting yang konon akan menjadi cantik penuh pesona bagi wanita yang memegangnya. Selain Stalagtit Putting ada juga Stalagtit Jantan,  Konon bagi yang percaya dan bisa menjadikan pemegannya bisa menjadikan jantan, perkasa dan tahan lama.
Jalan-jalan ke Gua Pindul Gunung Kidul Yogyakarta
Gua Pindul terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul. Bagi yang belum pernah ke Wonosari ataupun Gunung Kidul, Jangan khawatir tersesat ataupun nyasar kalau mau ke obyek wisata Gua Pindul. Karena setelah anda sampai di Wonosari banyak penunjuk arah ke Gua Pindul. Jadi jangan lupa apabila Gunung Kidul jadi tujuan liburan anda, pastikan Gua Pindul menjadi salah satu tujuannya.


6 komentar:

  1. Iku dekat rumahku, dr rumah cuma lima menit

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali-kali maenlah kesana pak paino :)

      Hapus
    2. Tekak Pindul, Ora Mampir omahku :(

      Hapus
  2. enaknyo biso jalan-jalan terussss

    BalasHapus
  3. iki cedak omahku...
    Gunung Kidul emang TOP BGT!!!!

    BalasHapus