12 Juli 2015

Ngabuburit di Alun-alun kota Magelang

Ngabuburit di Alun-alun kota Magelang
Salah satu tempat favorit di Magelang untuk ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa adalah Alun-alun Magelang. Setiap sore tiba Alun-alun Magelang selama bulan Ramadhan menjadi lebih ramai dari biasanya, di penuhi oleh masyarakat yang ngabuburit bersama teman dan keluarga mereka. Suasana ngabuburit di Alun-alun Magelang ini akan semakin ramai mendekati akhir bulan, Karena biasanya para pemudik sudah sampai di Magelang.

Ngabuburit di Alun-alun Magelang bersama teman dan keluarga setelah setahun merantau di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya tentunya akan terasa berbeda di bandingkan ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa di tempat lain, Suasana Magelang akan sangat terasa, terutama untuk menu berbuka puasa, karena semua kuliner khas Magelang tersedia di sini, Seperti Kupat Tahu, Mie Ayam, Bakso, Nasi Goreng dan lain sebagainya. Jadi tidak susah-susah berpindah-pindah tempat hanya untuk mencoba kuliner khas Magelang.

Selama bulan Ramadhan stand kuliner yang ada di samping Alun-alun Magelang jadi lebih banyak dari biasanya, di sediakan stand tambahan oleh pemerintah Kota Magelang untuk para pedagang kaki lima berjualan di Alun-alun selama bulan Ramadhan dan Lebaran. Karena tempat duduk yang di sediakan oleh para pedagang selalu penuh, biasanya mereka menyediakan tikar di dekat mereka jaulan, atau bahkan ada yang menggelar tikar di tengah-tengah Alun-alun.

Menunggu waktu berbuka puasa tiba bersama teman dan keluarga dengan lesehan menggelar tikar di Alun-alun menjadi pilihan banyak pengunjung,  karena mereka bisa bebas melihat suasana Alun-alun Magelang menjelang malem. Water Toren, Patung Pangeran Diponegoro salah satu pemandangan yang bisa kita lihat di Alun-alun Magelang. Setelah selesai berbuka puasa kita bisa langsung menuju Masjid Agung Kauman yang di seberang jalan untuk melaksanakan Shalat Maghrib, dan di lanjutkan dengan Shalat Tarawih.

Selesai ngabuburit kita juga bisa sekalian berbelanja kebutuhan lebaran, karena di sekitar Alun-alun banyak tersedia super market yang akan memenuhi segala kebutuhan lebaran kita, dari mulai sirup, kue lebaran, Celana, Baju, dan lain sebagainya. Salah satu super market tersebut antara lain Trio Plasa, Gardena, Matahari Dept Store, Alfamart dan Indomaret di Jl, Majapahit dan banyak outlet lain yang ada di sekitar Alun-alun sampai kawasan Pecinan yang ada di Jalan Pemuda.

Dahulu waktu saya masih jadi perantau, setiap waktu mudik tiba Alun-alun adalah salah satu tempat favorit saya ngabuburit. Dan sampai sekarang setelah hampir empat tahun tinggal di Magelang, punya istri dan anak, Alun-alun kota Magelang tetap menjadi favorit saya ngabuburit bersama anak dan istri. Boleh di bilang kita belum mudik ke Magelang kalau kita belum mengunjungi Alun-alun Magelang. Jadi buat anda yang lebaran tahun ini mudik ke Magelang mari ke Alun-alun Magelang :)

1 komentar:

  1. Tak terasa sudah ramadhan lagi, bahkan tinggal seminggu lagi kita akan lebaran. Semoga ramadhan tahun ini kita termasuk hamba allah yang beruntung dunia akhirat, di ampuni dosanya sekaligus dijadikan insan yang bertaqwa

    BalasHapus