27 Agustus 2015

Masjid Wiworo Cipto, Pojok Beteng Kulon, Yogyakarta

Masjid Wiworo Cipto, Pojok Benteng Kulon, Yogyakarta
Kota Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata religi yang layak kita kunjungi, yang terkenal adalah Masjid Agung Gedhe Kauman Keraton Yogyakarta yang di bangun ratusan tahun yang lalu oleh Sultan setelah berdirinya Keraton Yogyakarta. Sedikit cerita mengenai Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta bisa di baca disini dan disini

Selain Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta memiliki puluhan masjid kuno dan bersejarah yang usianya tidak kalah tua dengan Masjid Gedhe Kauman, Masjid-masjid tersebut dahulunya di bangun selain untuk tempat ibadah juga merupakan tempat syiar agama Islam. Selain masjid-masjid yang usianya telah ratusan tersebut di dekat Keraton Yogyakarta, ada sebuah masjid yang menarik untuk kita kunjungi, namanya Masjid Wiworo Cipto atau Masjid Cipto Assalam.

Bentuk bangunan Masjid ini berbentuk Joglo dengan empat tiang utama, beratap kayu, di cat dengan warna hijau dan lamu-lampu khas keraton. Dinding masjid terbuat dari kaca sehingga terkesan luas dan nyaman untuk beribadah.

Masjid Wiworo Cipto atau juga sering dengan sebutan Masjid Cipto Assalam terletak di Kelurahan Gedung Kiwo, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta ( dekat lampu merah Pojok Beteng Kulon. Di resmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 16 Maret 2001 (Jumat legi, 20 Dzulhijjah, 1421 H).

Sekarang masjid ini sedang dalam perbaikan di beberapa bagian, bagi anda yang berminat memberikan infaq dan donasinya untuk membangun masjid Wiworo Cipto ini bisa transfer ke rekening Bank BPD DIY 006.231.035403 atas nama Burhani QQ Masjid Wiworo Cipto Assalam atau ke rekening Bank Jogja 2020000471 atas nama Masjid Cipto Assalam.

3 komentar: