10 September 2015

Candi Morangan di Sleman Yogyakarta

Candi Morangan di Sleman Yogyakarta
Di Yogyakarta khusunya Kabupaten Sleman, banyak bertebaran bangunan Candi baik yang bercorak Hindu maupun Budha, Salah satu Candi-Candi tersebut adalah Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Gebang, Candi Kadisoka dan Candi Samisari yang letaknya di bawah permukaan tanah. Selain Candi Sambisari ada salah satu Candi lagi yang letaknya juga di bawah permukaan tanah. Candi tersebut adalah Candi Morangan. 

Candi Morangan terletak di kaki Gunung Merapi, tidak jauh dari Sungai Gendol, Sungai yang sering di lalui lahar dingin saat Gunung Merapi mengeluarkan laharnya. Candi Morangan terletak di  Dusun Morangan, Dusun Sindhumartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Awalnya saya tahu Candi ini secara tidak sengaja ketika pergi ke Klaten lewat Ngemplak-Prambanan. Di dekat sungai Gendol ada papan nama yang menunjukan ada sebuah candi tidak jauh dari tempat tersebut. Papan nama tersebut bertuliskan Candi Morangan,  Morangan adalah nama dusun di mana Candi tersebut berada.

Karena penasaran dengan keberadaan Candi tersebut, saya akhirnya meluangkan waktu berkunjung ke Candi Morangan di deket sungai Gendol tersebut. Candi tersebut berjarak sekitar 500 meter dari jalan raya. Setelah sampai lokasi tersebut saya agak kaget, ternyata Candi Morangan adalah Candi yang letaknya di bawah permukaan tanah, dan belum tersusun layaknya sebuah Candi. Bagian-bagian Candi sebagian terendam oleh air bekas penggalian candi dan sebagian lagi sudah tertata rapi di dekat penggalian candi tersebut. 
Candi Morangan di Sleman Yogyakarta
Candi Morangan ini di temukan tahun 1884, dengan kondisi sudah runtuh di tumbuhi pepohonan. Konon runtuhnya Candi ini karena dampak erupsi Gunung Merapi pada jaman dahulu. Candi ini terdiri dari dua bagian, yaitu Candi induk yang menghadap ke barat dan Candi Perwara yang menghadap ke arah timur. Hampir keseluruhan relief Candi Morangan bergambar binatang seperti Kera, Gajah, Kijang, Kelinci, Singa dan lain sebagainya.

Di lihat dari bentuk bangunannya, Candi Morangan adalah Candi Hindu, hal tersebut bisa di lihat dengan adanya Lingga Yoni di Candi Induk. Sampai sekarang belum ada data yang pasti mengenai kapan Candi Morangan di dirikan, akan tetapi berdasarkan seni arcanya mirip dengan yang ada di Candi Prambanan, para ahli beranggapan bahwa Candi Morangan di bangun tidak terlalu jauh jaraknya dengan Candi Prambanan.

Ketika saya mampir ke Candi Morangan, waktu itu hanya ada penjaga 2 orang petugas yang sedang membersihkan bangunan Candi. Melihat saya datang, petugas tersebut dengan ramahnya menyapa dan memperkenalkan diri sambil mempersilahkan saya untuk mengisi buku tamu yang telah di sediakan. Dan di lihat dari buku tersebut tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke Candi Morangan ini, dalam hitungan bulan tidak sampai sepuluh orang, dari daftar-daftar buku tamu tersebut kebanyakan adalah para mahasiswa dan ahli purbakala yang sedang melakukan penelitian.
Candi Morangan di Sleman Yogyakarta
Wajar saja kalau tidak banyak pengunjung yang datang ke Candi Morangan ini, di lihat dari bentuknya masih berupa reruntuhan candi dan sisa-sisa penggalian Candi yang di genangi air saat hujan tiba. Tidak terlalu menarik untuk di lihat, kecuali mereka memang punya kepentingan dengan Candi tersebut seperti mahasiswa dan ahli purbakala. 

Untuk menuju lokasi Candi Morangan sebenarnya tidak terlalu sulit bagi yang mempunyai kendaraan pribadi, karena Dusun Morangan letaknya berada di pinggir jalan raya alternatif Kaliurang-Prambanan. Kendaraan umum untuk menuju ke Candi Morangan adalah colt tiga perempat A3 jurusan Jombor-Prambanan yang hanya ada sejam sekali, dan hanya sampai jam 2 siang saja. 

Tidak ada salahnya Candi Morangan menjadi tujuan wisata anda saat di Jogja selain ke Candi-candi terkenal seperti Candi Prambanan, Kalasan, Sambisari. Karena banyak pelajaran positif yang  bisa kita ambil dari keberadaan Candi Morangan, salah satunya adalah toleransi beragama yang ternyata sudah berlangsung sejak dahulu kala, Karena ternyata Candi Morangan ini adalah Candi Hindu tetapi mempunyai relief bercorak yang biasa di temukan di Candi-candi Budha.



1 komentar:

  1. Saya kira Morangan dekat dengan RSUD Morangan di dekat pasaR sLEMAN

    BalasHapus