07 September 2015

Masjid Al-Hidayah Terminal Giwangan Yogyakarta

Masjid Al-Hidayah Terminal Giwangan Yogyakarta
Walapun Indonesia mayoritas masyarakatnya beragama Islam, tetapi tidak banyak fasilitas umum seperti Mall,Pasar, Terminal dll, yang memiliki fasilitas ibadah yang memadai dan layak untuk tempat Sholat, sebagian besar hanya berupa Mushola kecil, dan kalaupun ada letaknya paling pojok sendiri, yang pas waktu Sholat tiba kadang-kadang untuk Sholat harus antri terlebih dahulu.

Memang tidak semua pengelola fasilitas umum yang menyediakan tempat ibadah yang menyedihkan seperti atas, ada beberapa pengelola  fasilitas umum yang membangun tempat ibadah berupa Mushola, Bahkan ada yang membangun Masjid untuk tempat Sholat. Salah satunya Terminal Giwangan Yogyakarta.

Di terminal Giwangan ini, bagi umat Islam yang akan mengerjakan Shalat tidak perlu repot atau bingung harus mengantri dengan jamaah yang lain . Karena di Terminal Giwangan ini, tepatnya di jalan masuk bus ke jalur bassment, dekat menurunkan penumpang di bangun sebuah Masjid yang cukup lumayan luas dan untuk beribadah lima waktu dan beristirahat sejenak setelah lelah menempuh perjalanan jauh.

Masjid di Terminal Giwangan ini di beri nama Masid Al-hidayah, di bangun pada hari Minggu Kliwon, 10 Oktober 2004 bersamaan dengan di resmikannya Terminal Giwangan dan di resmikan langsung oleh Bapak Prananto Hidayat selaku Presiden Direktur PT. Perwita Karya. Masjid Al-Hidayah seperti pada umumnya Masjid di tanah Jawa atapnya berbentuk limasan, Bangunanya  masih terlihat kokoh dan terawat dengan baik.

 Masjid ini selalu penuh dengan jamaah saat waktu Shalat tiba, harap maklum Terminal Giwangan  tiap harinya di singgahi lebih dari 20.000 orang sebelum mereka menuju kota-kota di pulau Jawa dan Sumatera. Sudah seharusnya tempat-tempat fasilitas umum di Indonesia memilki tempat ibadah yang memadai seperti di Terminal Giwangan ini, mengingat Sholat adalah kewajiban bagi umat Islam yang tidak bisa di tinggalkan.

1 komentar:

  1. Subhanallah, semoga bisa menjadi inspirasi pengelola tempat umum lain di Indonesia.
    Dengan selalu Shalat berjamaah di Masjid semoga bangsa Indonesia semakin maju dan terhindar dari bencana dan keterpurukan.. Amin

    BalasHapus