22 Desember 2015

Menikmati Sego Gurih, Kuliner yang wajib anda coba saat berkunjung ke Sekaten

Sudah hampir tiga tahunan ini, saya lebih banyak tinggal di Yogyakarta, Sleman tempatnya. Karena tuntutan pekerjaan yang menuntut untuk lebih banyak tinggal di Jogja di bandingkan dengan di Magelang, tempat kampung halaman berada,\

Tinggal di Yogyakarta memang menyenangkan banyak acara-acara budaya yang di selenggarakan setiap tahun, hampir setiap bulan ada saja acara bertema budaya yang di selenggarakan di sini. Acara-acara berbau budaya menjadi daya tarik tersendiri bagi warga yang tinggal di luar Yogyakarta, selain ratusan tempat wisata yang tersebar di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara berbau budaya dan religi yang banyak di tunggu-tunggu wisatawan saat berada di Jogja adalah Grebeg Maulud atau yang lebih banyak di sebut dengan Sekaten atau Sekatenan. Hampir setiap tahun  selama tinggal di Yogyakarta, saya  selalu menyempatkan diri berkunjung ke acara Sekatenan yang berlangsung di Alun-alun utara Yogyakarta ini.
Menikmati Sego Gurih, Kuliner wajib anda coba saat berkunjung ke Sekaten
Sekaten yang ada di Alun-alun Kidul tidak terlalu menarik bagi saya, karena sama saja dengan acara pasar malam di daerah lain,  yang selain menyuguhkan berbagai macam keraifan lokal dan berbagai hasil UMKM daerah tersebut. Sekaten bagi saya yang menarik adalah acara di Masjid Agung Kauman, Gamelan yang di tabuh di halaman masjid setahun sekali, Simbok-simbok penjual nasi gurih di sepanjang halaman masjid.

Di serambi Masjid setiap harinya selama Sekaten selalu di gelar siraman rohani yang menyampaikan kehidupan, Suri tauladan Nabi Muhammad SAW waktu menyebarkan agama Islam di Mekah sampai hijrahnya ke Madinah, Acara Sekatenan ini dahulunya di gelar untuk memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW. 

Dari Sekaten tanpa menikmati sajian khas Sekaten rasanya kurang afdhol, Kata orang Jogja belum ke Sekaten kalau belum menikmati Sego Gurih yang merupakan hidangan khas Sekaten. Sego atau nasi Gurih ini konon hanya bisa kita nikmati  saat acara Sekatenan saja, Karena di luar acara Sekatenan tidak ada yang jual. Nasi Gurih adalah campuran nasi putih dengan Kedelai putih dan Kedelai hitam yang di goreng, Kulit udang goreng, Sambel Pecel, Telur Opor, Daging ayam, Sambal Goreng, Kemangi, Ketimun, Kobis, Bawang Goreng, Kacang tanah yang di goreng, Krecek Goreng, Emping, Rempeyek dan Kerupuk. 
Menikmati Sego Gurih, Kuliner wajib anda coba saat berkunjung ke Sekaten
Karena terdiri dari Nasi putih dan berbagai bahan yang khas menjadikan Sego Gurih ini rasanya khas, Enak di makan sambil menikmati Gamelan Keraton yang menenangkan hati. Harga Sego Gurih termasuk murah meriah, Beberapa waktu yang lalu saya hanya mengeluarkan duit Rp.8000.- sudah bisa menikmati nikmatnya Sego Gurih dengan segelas Teh Anget. 

0 komentar:

Poskan Komentar