26 Februari 2016

Ecommerce Dan Masyarakat Modern

Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat membuat perubahan pada pola hidup masyrakat modern saat ini. Dengan perkembangan teknologi itu sendiri masyarakat semakin pintar dalam mengefesiensikan waktu mereka. Salah satunya dalam hal berbelanja, terlebih dengan kehadiran e-commerce sebagai bukti dari perkembangan teknologi dalam masyarakat. Perdagangan elektronik atau yang biasa disebut e-commerce sendiri merupakan bentuk dari pembelian dan penjualan barang dan jasa memlalui system elektronik internet yang melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, dan system pengumpulan data otomatis. E-commerce sendiri, sudah menjadi suatu trend yang mengubah pola hidup masyarakat dalam membeli atau menjual suatu barang. Kehadiran e-commerce sendiri membuat masyarakat lebih pintar dalam mengefisiensikan waktu mereka, mereka tidak perlu membuang waktu untuk mengunjungi toko untuk membeli suatu barang, mereka cukup membuka komputer atau gadget yang mereka miliki untuk membeli produk yang mereka inginkan.

Manfaat penting yang bisa didapat dari bisnis e-commerce sendiri adalah mampu menekan biaya barang dan jasa serta dapat menyampaikan informasi dengan sangat cepat. Ecommmerce merupakan dampak dari berkembangnya teknologi informasi dan telekomunikasi, sehingga secara signifikan merubah cara masyarakat melakukan interaksi dengan lingkungannya dalam hal ini terkait dengan mekanisme dagang. Di Indonesia sendiri, perkembangan e-commerce cukup signifikan, dibuktikan dengan bermunculannya toko online yang cukup berkembang. Hal ini membuat masyarakat lebih selektif lagi dalam memilih berbelanja di toko online. Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang baik, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastuktur dan keamanan, dan desain situs web yang bagus.

Pelayanan cepat dan terpercaya yang diberikan toko online menjadi hal yang sangat menentukan seseorang untuk memilih berbelanja. Salah satu toko online yang menyediakan pelayan seperti ini, adalah blanja.com. Blanja.com sendiri merupakan toko online yang berdiri sejak tahun 2013. Blanja.com juga merupakan toko online yang bermitra dengan toko online luar ebay.com yang sudah berdiri cukup lama dan sangat dikenal dunia. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu khawatir untuk berblanja di blanja.com

Produk yang ditawarkan blanja.com juga sangat beragam dari mulai gadget, fashion, aksesoris, otomotif, film, buku, jam, perhisan, produk rumah tangga, mainan anak dll. Dalam hal pembayaran, barang-barang yang sudah checkout di situs blanja.com dapat dibayar secara aman dengan menggunakan fasilitas pembayaran terlengkap yang terdiri dari T-Cash, kartu kredit, transfer ATM, dan internet banking. Selanjutnya, penjual dapat mengirimkan produk ke pembeli.

blanja.com meberikan warna tersendiri dalam dunia Ecommerce di Indonesia. Dalam hal ini blanja .com mengajak masyarakat untuk menikmati pelayanan yang menyerupai ebay. Dengan kemitraan yang dijalankan, membuat blanja.com berbeda

 
dengan toko online yang lainnya. Konsumen ditawarkan produk yang jarang ditemui di toko online lain atau bahkan tidak ada di toko online lainnya. Promosi yang dilakukan juga cukup gencar dengan penawaran diskon yang besar dan sangat menarik.

Walaupun blanja.com bermitra dengan ebay. Namun, ada sedikit yang membedakan antara blanja.com dengan ebay. Jika ebay menyediakan penjualan lelang atau pemasaran barang bekas. Blanja.com hanya menyediakan penjualan barang-barang baru saja, lengkap dengan diskon yang cukup besar. Tidak termasuk penjualan lelang atau pemasaran barang bekas. Hampir sama dengan beberapa Ecommerce lokal lain di Indonesia, blanja.com juga membuka kesempatan kepada para pelanggannya untuk ikut menjual produknya melalui fasilitas toko online yang disediakan.

Kehadiran blanja.com dalam dunia e-commerce di Indonesia, dapat menjadi solusi untuk masyarakat dalam melakukan aktifitas  blanja online atau sebagai media untuk berbisnis bagi masyarakat.

5 komentar:

  1. Promo blanja.com lumayan menarik, kapan- kapan coba belanja ah ..

    BalasHapus
  2. Bisa jual barang juga to. Baru tahu. kalo aku kemarin coba-coba jualan di Tokopedia sama Bukalapak. Perlu dicoba juga nih. Matursuwun, mas infonya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja mas, semoga Batagornya tambah laris :)

      Hapus