Jalan-jalan ke Pantai Depok Yogyakarta

Jalan-jalan ke Pantai Depok Yogyakarta
Jangan khawatir kehabisan tempat yang bisa anda kunjungi saat liburan ke Yogyakarta, Karena Jogja tidak hanya Keraton, Malioboro ataupun Tugu Jogja saja. boleh di bilang setiap jengkal wilayah di Yogyakarta menyimpan banyak tempat wisata baru yang bisa anda kunjungi, baik itu wisata budaya, wisata sejarah maupun wisata kuliner. Karena setiap bulan banyak bermunculan tempat baru yang menarik untuk di kunjungi.

Bosen dengan wisata budaya dan sejarah yang identik dengan Yogyakarta, Kita bisa berkunjung ke Gunung Kidul ataupun Bantul di selatan Yogyakarta yang merupakan surganya wisata alam, seperti pegunungan, gua, pantai dan situs-situs peninggalan sejarah jaman dahulu.
Jalan-jalan ke Pantai Depok Yogyakarta
Ngomong-ngomong tentang pantai, salah satu pantai di Yogyakarta yang paling sering di kunjungi oleh wisatawan adalah pantai Parangtritis yang terkenal dengan ombaknya yang besar dan juga cerita mistis turun temurun yang beredar luas di masyarakat Yogyakarta bahkan masyarakat Jawa. Yaitu tentang cerita Nyai Roro Kidul yang konon berdomisili di Pantai selatan pulau Jawa yaitu Parang Tritis.

Cerita tentang pantai Parangtritis pernah saya tulis disini, Bosen dengan suasana pantai Parangtritis kita bisa menikmati pantai Depok yang letaknya tidak jauh dari Parangtritis, kira-kira jaraknya hanya satu setengah kilometer  dari pantai Parangtritis. Sepanjang perjalanan dari Parangtritis kita bisa menyaksikan gumuk pasir, yang konon katanya hanya ada di Yogyakarta.

Pantai Depok tidak beda jauh dengan pantai Parangtritis karena letaknya yang berdekatan, tetapi pantai Depok ombaknya lebih bersahabat di banding Parangtritis. Selain itu di Pantai Depok ini, banyak kita jumpai nelayan tradisional yang setiap harinya menggantungkan hidupnya dengan mencari ikan di sini. Jadi selain keindahan pantai yang bisa kita nikmati kita juga bisa membeli ikan segar langsung dari nelayan yang baru pulang melaut. 

Jalan-jalan ke Pantai Depok Yogyakarta
Konon dahulu pantai Depok ini hanya pantai biasa yang tidak begitu terkenal seperti sekarang, tapi sejak ada nelayan dari daerah lain yang terdampar di pantai ini dengan hasil tangkapan ikan yang banyak, maka banyak warga sekitar pantai Depok yang beralih profesi menjadi nelayan, meninggalkan pekerjaan mereka semula sebagai penambang pasir. Dan sejak saat itu pantai Depok berubah menjadi ramai, banyak bermunculan restoran dan rumah makan baru, dengan menyajikan hidangan hasil laut tangkapan para nelayan sekitar pantai Depok. 

Selain banyaknya restauran seafood yang bisa kita temui di sepanjang pantai ini, di pantai Depok juga ada Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang setiap harinya menjadi ajang transaksi hasil laut hasil tangkapan nelayan pantai Depok, Hasil tangkapan ikan nelayan tersebut di beli para pedagang di sekitar Depok, juga banyak di borong wisatawan yang berkunjung. Karena harga ikan di sini harganya terbilang cukup murah di banding membelinya di tempat lain, apalagi kalau kita pandai menawarnya, semakin banyak ikan yang bisa kita bawa pulang dengan harga murah.
Jalan-jalan ke pantai Depok Yogyakarta
Beberapa waktu yang lalu saya jalan-jalan ke Pantai Depok bersama teman-teman satu kerjaan, setelah sebelumnya singgah terlebih dulu di pantai Parangtritis. Setelah puas menikmati pemandangan di Parangtritis, acara kami lanjutkan ke pantai Depok, sambil menunggu waktu makan siang tiba. Di sela-sela menunggu hidangan seafood yang kami pesan di salah satu restauran yang ada di sana, kami sempatkan untuk melihat-lihat proses transaksi jual beli ikan disana dan tentu saja beli oleh-oleh untuk di bawa pulang. Menikmati aneka hidangan seafood sambil menyaksikan deburan ombak dan perau nelayan di kejauhan, sesekali di selingi dengan hembusan sepoi-sepoi angin pantai yang menyejukan, seakan segala beban kerjaan sedikit berkurang. Jadi kalau anda berkunjung ke pantai Parangtritis, jangan lupa mampir juga ke pantai Depok ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar