Shalat Idul Fitri 1437 H di Masjid Agung Kauman Magelang


Alhamdulillah,  tahun ini kembali bisa menjalankannya shalat Idul Fitri di kampung halaman Magelang, setelah setahun yang lalu harus Shalat Ied di Yogyakarta, yaitu di Alun-alun Kidul. Walau masih sama seperti tahun-tahun yang lalu, lebaran masih kerja. Tapi masih bersyukur lebaran tahun ini Shalat Idul Fitri di Magelang.

Alhamdulillah,  tadi pagi saya dan ribuan warga Magelang bisa hadir di areal komplek Masjid Agung Kauman Magelang untuk ikut melaksanakan shalat Idul Fithri 1437H, halaman masjid, jalan raya depan masjid sampai Alun- alun sampai penuh oleh warga Magelang yang akan melaksanakan shalat Idul Fitri.


Masjid Agung Kauman adalah salah satu tempat favorit untuk melaksanakan shalat Idul Fitri dan Idul Adha di Magelang setelah Lapangan Rindam Diponegoro yang ada di kelurahan Gelangan, Magelang Tengah.
Masjid Agung Kauman ini sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu, termasuk Masjid tua di Magelang, dulunya selain untuk tempat ibadah dan syiar Islam, sering di gunakan oleh para ulama di Magelang untuk tempat pertemuan para pejuang mengatur strategi melawan Belanda.

Dari tahun ke tahun Masjid Agung Kauman ini masih sama persis bentuknya dengan pertama kali di dirikan, hanya di perluas seperti yang bisa kita saksikan sekarang ini, yang dulunya hanya berupa langgar kecil. Konon kalau tidak salah Masjid Agung Kauman ini termasuk salah satu cagar budaya yang ada di Magelang.


Dalam khutbahnya, khatib mengajak jamaah untuk istiqomah dengan amalan kebaikan yang selama ini di kerjakan selama bulan Ramadhan seperti Shalat malam, baca Al-Quran, Beramal dan lain sebagainya. Sebagai umat muslim, seharusnya kita tidak harus berlomba-lomba berbuat amal kebaikan di bulan Ramadhan saja, tapi kalau bisa setiap hari. Karena dalam Al-Quran dan hadist yang mewajibkan untuk beramal soleh setiap hari.

Selain menjaga keistiqomahan amalan- amalan kebaikan selama bulan Ramadhan, beliau juga mengajak untuk memperkuat tali silaturahmi, apalagi di bulan Syawal ini, sudah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia khususnya dan Magelang pada umumnya untuk bermaaf-maafan, bersilaturahmi berkunjung ke teman, sanak famili. Bahkan sampai di bela-belain mudik puluhan kilometer dengan biaya yang tidak sedikit. Tetap jaga tali silaturahmi walaupun bulan Syawal telah berlalu dan lebaran hanya sebulan.


Shalat Idul Fitri 1437 H di masjid Agung Kauman tadi di mulai sekitar jam 07:00, semua jamaah tampak khusuk bertakbir menyerukan kebesaran Allah SWT, atas nikmat yang telah di berikan.

Saya dan keluarga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1437 H, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Amin

9 komentar:

  1. Mudik ya, mas? Mohon maaf lahir batin, mas. Saling maaf-memaafkan. Semoga lebaran ini teman2 Pendekar Tidar bisa ngumpul. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Amin mas, Minal Aidin wal fa idzin juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat lebaran ya mas, selamat mudik ke Magelang

      Hapus
    2. Selamat lebaran ya mas, selamat mudik ke Magelang

      Hapus
  3. Mantab, Mas.Lebaran di kampung halaman memang seru, Alhamdulillah sampai umur 27 tahun sy belum pernah lebaran Idul Fitri selain di Kampung halaman.

    BalasHapus
  4. Mantab, Mas. Idul Fitri buat saya wajib dilaksanakan di Kampung halaman. Sy Alhamdulillah sampai saat inj masih diberi kesempatan utk merayakan Idul Fitri di Tuban sana tiap tahun :-D

    BalasHapus
  5. Subhanallah... Rame sekali ya mas, jadi kangen balik Magelang

    BalasHapus
  6. Seru banget lebaran di kampung halaman

    BalasHapus