17 Agustus 2016

3 tempat menarik yang wajib di kunjungi selama di Yogyakarta

3 tempat menarik yang wajib di kunjungi selama di Yogyakarta
Yogyakarta merupakan destinasi wisata kedua di Indonesia yang paling banyak di kunjungi setelah Bali, dengan kekayaan budaya dan tradisi yang masih terjaga sejak berabad-abad yang lalu, di tambah dengan keberadaan Keraton Yogyakarta yang merupakan penjaga dan pengawal tradisi di tengah masyarakat yang sudah banyak meninggalkan adat budaya  budaya ketimuran, terutama adat Jawa. Menjadikan Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri di bandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Dengan banyaknya tempat tujuan wisata di Yogyakarta, baik itu wisata Budaya, wisata alam yang tersebar di berbagai tempat,  seperti Gunung Kidul dengan berbagai macam keelokan pantainya, Bantul dengan pantai Parangtritis yang sudah terkenal sejak dahulu kala, di tambah dengan berbagai cerita mistis yang menyertainya dan di percaya oleh sebagian masyarakat di pesisir selatan pulau Jawa. Wilayah Sleman dengan wisata alamnya seperti Kaliurang dan Gunung Merapi. Dan tentu saja wisata Budaya yang dapat kita jumpai di kota Jogja seperti Sekaten, Grebeg Maulud, dan tradisi-tradisi lain yang hanya bisa kita saksikan di Yogyakarta.

Selain identik dengan wisata budayanya, Yogyakarta juga tidak bisa kita pisahkan dengan Angkringan yang terdapat hampir di setiap gang, Bakmi Jawa, Bakpia dan Gudeg. Selain terkenal dengan kota Gudeg, Yogyakarta juga terkenal dengan kota Pelajar. Tidak terhitung lagi jumlah perguruna tinggi yang ada di kota ini, Dari perguruan tinggi negri terkenal seperti UGM, UII, UIN Sunan Kali jaga, UPN Veteran, sampai berbagai Pondok pesanten terkenal juga terdapat di Yogyakarta.

Kembali berbicara tentang wisata sejarah dan budaya yang ada di Yogyakarta, kita tidak bisa melewatkan tiga destinasi wisata sejarah dan budaya di Jogja ini. Destinasi pertama yang wajib kita kunjungi selama di Jogja adalah Tugu Yogyakarta.

Tugu Jogja terletak di Jalan Jendral Sudirman Yogyakarta, merupakan monumen yang merupakan simbol dari kota Yogyakarta, Di bangun oleh Sultan Hamengku Buwono perama sesaat setelah mendirikan Keraton Yogyakarta. Tugu Jogja ini juga sering di sebut dengan Tugu Golog gilig karena bentuknya yang silinder. Tugu Jogja ini di bangun untuk menggambarkan semangat antara rakyat dan penguasa untuk mengusir penjajahan. Dahulunya Tugu Jogja ini tingginya mencapai 25 meter, tetapi karena gempa bumi yang melanda Yogyakarta tahun 1867 mengakibatkan bagian atas Tugu ini runtuh, sempat terbengkalai selama dua tahun akhirnya Tugu Jogja di renovasi lagi dengan ketinggian 15 meter. 

Hampir setiap hari Tugu Jogja ini tidak pernah sepi dari pengunjung, dari hanya yang sekedar foto-foto ataupun duduk-duduk di bangku yang tersedia di pojok, sambil membaca sejarah tentang Tugu Jogja yang terpajang pada sebuah batu berdinding kaca. Selain sejarah Tugu Jogja juga terdapat sejarah di pilihnya kota Yogyakarta sebagai ibu kota Keraton Yogyakarta.
3 tempat menarik yang wajib di kunjungi selama di Yogyakarta
Tempat menarik kedua yang wajib di kunjungi ketika berada di Yogyakarta adalah Malioboro. Malioboro adalah salah satu jalan yang membentang dari Tugu Yogyakarta sampai perempatan jalan Kantor Pos besar Yogyakarta. Jalan Malioboro ini terkenal dengan pedagang kaki lima yang menjajakan souvenir khas Jogja dengan harga murah meriah, Warung lesehan khas Jogja dengan Gudeg sebagai menu utamanya, Juga sering kita saksikan para seniman jalanan dengan berbagai musik khasnya. Di sepanjang Jalan Malioboro terdapat tempat menarik untuk di kunjungi seperti Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Beteng Vredeburg, dan Monumen serangan 1 Maret yang berada di nol kilometer Jogja. 

Sekarang ini Jalan Malioboro sedang dalam renovasi besar-besaran, trotoar jalan yang selama ini sempit akan di perlebar dan di khususkan untuk pejalan kaki, sepeda motor yang selama ini parkir di sepanjang jalan Malioboro mulai di relokasi ke tempat parkir baru sehingga tidak mengganggu kenyamanan Malioboro. 

Tempat ketiga yang wajib di kunjungi selama di Yogyakarta adalah Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Keraton Yogyakarta ini merupakan satu-satunya Keraton di Indonesia yang masih aktif dengan Sultan Hamengku Buwono X sebagai rajanya, Selain menjadi raja Sri Sultan juga menjabat sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta secara turun temurun. Keraton Yogyakarta di dirikan oleh Pangeran Mangkubumi atau Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755 setelah perjanjian Giyanti. Di dalam Keraton kita dapat menyaksikan bagaimana budaya Jawa itu sebenarnya, sekaligus belajar sejarah periode raja-raja Keraton Yogyakarta mulai dari  Sri Sultan Hamengku Buwono I sampai Sri Sultan Hamengku Buwono X sekarang ini. 
3 tempat menarik yang wajib di kunjungi selama di Yogyakarta
Berlibur ke tempat-tempat menarik di Indonesia seperti Yogyakarta saat musim liburan tiba memerlukan persiapan khusus sejak jauh-jauh hari. Seperti memilih hotel, Tiket pesawat sampai travel yang akan mengantarkan kita dari tempat wisata yang satu ke tempat wisata yang lainnya. Tapi jangan khawatir, Di era serba digital seperti sekarang ini kita tidak usah bingung-bingung mempersiapkannya, Tiket Pesawat, Hotel, Kereta Api bisa kita pesan secara online di Traveloka melalui Aplikasi di Smartphone kita atau bisa juga Klik Disini. Dengan memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan harganya akan lebih murah daripada belinya dadakan. 

1 komentar:

  1. Duh, tiap kali ke Jogja dan lewat Tugu, saya jadi inget temen saya yg dulu tinggal di jogja. Pernah ngajak foto2 jam 2 pagi di Tugu dan sekitarnya. Geli2 sedih kalo inget. Geli karena jam 2 kali foto2, jadi sedih karena temen saya sekarang sudah nggak ada. Hiks...

    BalasHapus