31 Agustus 2016

Berkunjung ke Masjid Pangeran Puger di Mantrijeron Yogyakarta

Yogyakarta selain banyak memiliki tempat wisata yang sudah terkenal seperti Keraton, Malioboro maupun Tugu Jogja yang sudah menjadi tujuan wajib setiap berkunjung ke Yogyakarta. Tapi juga banyak memiliki tempat wisata religi yang tersebar di berbagai tempat di Yogyakarta. Salah satu wisata religi yang layak di kunjungi setelah masjid Agung Keraton Yogyakarta adalah Masjid Pangeran Puger di daerah Mantrijeron Yogyakarta.

Beberapa waktu yang lalu, ketika berkunjung ke kantor teman yang ada di daerah Pojok beteng Yogyakarta. Pas lihat-lihat sekeliling jalan Pojok beteng, ada sebuah masjid yang unik namanya Masjid Pangeran Puger. Sekitar tiga tahunan yang lalu, saya pernah lewat dekat masjid ini naik bus trans Jogja , melihat namanya terbersit dalam hati suatu saat nanti akan saya kunjungi. 

Dan karena sebuah kebetulan atau apa beberapa hari yang lalu, saya berhasil mengunjungi Masjid Pangeran Puger ini, karena waktu itu saya berkunjung waktu pagi hari kondisi masjid sangat sepi tidak ada jamaah yang berada dalam masjid. Sebenarnya saya pengen tahu banyak mengenai asal usul Masjid Pangeran Puger ini. Melihat namanya kita tentu akan mengaitkannya dengan nama besar bangsawan keraton Yogyakarta dahulu yang namanya juga Pangeran Puger. 

Bisa jadi masjid ini di bangun oleh Pangeran Puger, seperti namanya Masjid Pangeran Puger. Seperti banyak sejarah yang menceritakan banyak masjid atau tempat ibadah yang di namai dengan nama pembuatnya. Setelah saya keliling melihat keadaan di dalam masjid, saya mampir ke beberapa ruko yang letaknya persis di samping masjid Pangeran Puger. 

Ketika saya tanya asal usul sejarah nama Pangeran Puger, semuanya mengatakan kalau tidak tau sejarah mengenai asal-usul masjid ini. Ada yang mengusulkan agar saya berkunjung ke salah satu ruko yang jaraknya tidak jauh dari masjid, karena pemilik ruko tersebut merupakan salah satu keturunan pengelola masjid Pangeran Puger. Sayapun mengunjungi ruko yang si maksut, tapi mungkin karena belum beruntung pemilik ruko tersebut sedang tidak ada di rumah.

Masjid Pangeran Puger terletak di Jl. Letjend MT Haryono No.81 Suryodiningratan, Mantrijeron Yogyakarta. Masjid ini unik sekali, selain karena namanya tapi juga letaknya karena kanan kirinya di apit oleh ruko-ruko di Jalan MT. Haryono, bahkan masjid ini terlihat dari depan hanya seperti sebuah ruko dengan pintu gerbang dan papan nama yang bertuliskan masjid Pangeran Puger. Tapi setelah masuk ke dalam masjid, ternyata cukup luas, bahkan bangunannya terdiri dari dua lantai, jadi selain di apit kanan kiri oleh ruko masjid ini juga persis di belakang ruko-ruko tadi.
Terlihat dari bangunannya, Masjid ini sudah berusia puluhan tahun, bisa juga berusia ratusan tahun sebagaimana namanya yang mengambil nama dari Pangeran Puger. Sebenarnya akan lebih bagus lagi kalau masjid ini juga di lengkapi dengan papan informasi tentang sejarah asal-usul masjid ini di bangun, akan semakin banyak orang penasaran seperti saya yang berkunjung kesana, karena tentu saja selain untuk beribadah kepada Allah SWT, banyak yang ingin tahu sejarah asal-usul masjid ini sebagaimana nama besar Pangeran Puger.

0 komentar:

Poskan Komentar