Membeli Rumah Dengan Harga Miring? Rumah Sitaan Bisa Jadi Solusinya

Kasus kemacetan kredit saat membeli rumah merupakan ancaman yang paling menakutkan bagi sebuah lembaga keuangan. Meskipun begitu hal ini sudah menjadi resiko debitur yang memberikan kredit untuk beli rumah dijual oleh nasabahnya. Dalam beberapa kasus hukum kredit macet  tak jarang diselesaikan dengan rumah yang dijadikan sebagai agunan yang disita oleh pihak bank. Rumah hasil sitaan inilah yang kemudian akan di lelang guna menutup kerugian pihak lembaga keuangan atau debitur atas kredit macet yang dilakukan oleh nasabah.

Jual sitaan umumnya meminlikii nilai jual yang lebih kecil dibandingkan dengan pada saat kita membeli rumah pada developer atau agen properti. Kasus kredit macet seperti yang disebutkan diatas faktanya bisa menjadi peluang yang cukup menarik untuk memiliki rumah dengan nilai jual rendah. Rumah hasil sitaan yang di lelang oleh pihak bank cenderung memiliki harga yang sangat murah dibandingkan dengan harga pasaran membeli rumah. Bahkan bila kamu tengah beruntung, kamu bisa membeli rumah dengan harga setengah dari harga rumah dijual yang asli.

Tidak semua rumah hasil sitaan bank akan habis terjual di balai lelang. Bila ada rumah yang tidak laku dalam proses jual beli rumah di balai lelang, maka rumah dijual tersebut akan disebut sebagai peoperti milik bank atau yang lebih dikenal dengan REO ( Real Estate Owned ). Bank atau lembaga keuangan yang mengelola REO ( Real Estaate Owned ) akan menitipkan rumah sitaan kepada agen properti atau agen jual rumah untuk dicatat dalam stoknya guna dijual layaknya properti yang lain.

Proses membeli rumah REO memiliki langkah yang lebih mudah dibandingkan dengan ketika kamu membeli rumah langsung pada pemiliknya. Hal ini tentunya harus dilakukan dengan cara pembelian rumah dijual yang tepat melalui proses jual beli rumah yang berbeda dari umumnya. Berikut beberapa langkah yang bisa kam lakukan : 

Perbanyak informasi REO ( Real Estate Owned )
Bank umumnya memiliki banyak sekali rumah sitaan yang terdaftar dalam stok yang akan terus menerus menguras uaang bank, sehingga mereka akan menawarkan insentif demi segera terbebas dari stok rumah sitaan tersebut. Untuk mencari REO kamu bisa menelisiknya melalui beberapa tempat berikut ini :
Situs web bank atau lembaga keuangan yang memasang stok REO di halaman website mereka.
Di daftar lengkap properti Multiple Listing Service atau MLS yang penuh dengan REO
Situs web jasa penjualan rumah sitaan online

Kesepakatan Awal Penarikan Pinjaman
Minta kesepakatan untuk pemberian pinjaman kepada bank setelah kamu mendapatkan informasi mengenai REO. Bank atau lembaga keuangan akan memberikan kesepakatan dan persetujuan setelah memeriksa dan menganalisa laporan keuangan serta menilai kredit calon debitur atau surat keterangan penarikan pinjaman yang diberikan kreditur tanpa analisis dan pemeriksaan calon debitur.

Periksa Nilai Jual Rumah
Meskipun membeli rumah REO umumnya memiliki nilai rumah dijual yang rendah tidak lantas membuat kamu mempercayainya begitu saja. Coba lakukan riset sederhana untuk mengetahui nilai pasaran rumah dijual yang kamu pilih. Tak jarang harga jual beli rumah REO yang ditawarkan sangat kompetitif dengan pasar properti. Kamu harus berhati – hati ketika rumah dijual dengan diskon yang cukup banyak, bisa jadi rumah tersebut dalam kondisi yang bermasalah, karena umumnya rumah REO yang tidak memiliki masalah akan dijual dengan nilai jual yang sesuai atau tidak jauh dari harga pasaran membeli rumah.

Bila kamu memiliki niat untuk membeli rumah REO yang memiliki diskon gede – gedean, umunya bank akan menawarkan insentif dengan jumlah tertentu guna mempercepat proses jual beli rumah REO yang tidak laku. Ketika bank tidak berhasil menjual rumah REO di balai lelang, mereka tidak mencapai harga terendah dari rumah tersebut. Hal inilah yang mengharuskan pihak bank untuk menawarkan nilai jual rumah dengan harga rendah guna mempercepat poses terjualnya rumah dijual ini.

Periksa Keabsahan Akta Dan Dokumen Kepemilikan Rumah
Hal ini sangat perlu kamu lakukan guna memastikan bahwa kamu membeli rumah yang benar dimiliki oleh bank atau lembaga keuangan dan tidak terikat dengan pihak manapun seperti keterikatan rumah dengan pegadaian dan lain semacamnya.

Harga rumah dijual REO yang memiliki harga yang lebih murah dibandingkan harga pasaran memaksa kamu untuk bersabar karena umumnya pihak bank akan menarik sebanyak mungkin penawaran dari calon pembeli rumah dijual untuk mendapatkan penawaran membeli rumah yang terbaik. Kamu harus rajin menghubungi pihak bank dan memintar respon mengenai penawaran yang kamu tawarkan.

Membeli rumah REO merupakan pilihan yang cukup tepat bagi kamu yang memiliki dana terbatas untuk membeli rumah. Nilai jual dan proses jual beli rumah yang terbilang cukup mudah tidak akan membebankan kamu. Namun meskipun demikian kamu tetap harus jeli memeriksa setiap dokumen terkait rumah yang akan kamu beli. Sehingga kamu tidak akan menemukan masalah di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar