24 Mei 2017

Seminar Bisnis dan Pasar Murah bersama KPP Pratama Magelang


Alhamdulillah, kemaren siang (23/05/2017) bertempat di Aula kantor pajak KPP Pratama Magelang, kembali untuk kedua kalinya saya bisa mengikuti seminar bisnis yang diadakan oleh KPP Pratama Magelang.
Seminar tahun ini agak berbeda di bandingkan dengan tahun sebelumnya yang diadakan di Hotel Atria Magelang.

Selain jumlah pesertanya lebih banyak tahun lalu, seminar kemaren siang hanya berlangsung setengah hari, dari jam 08:00 sampai jam 12:00 siang. Tapi ada yang menarik untuk acara seminar bisnis kali ini, karena selain seminar bisnis. Pihak KPP Pratama Magelang juga menyelenggarakan pasar murah yang di isi oleh para pelaku UKM di Magelang. Tidak kurang dari 50-an para pelaku bisnis UKM mengisi stand- stand yang telah di sediakan, semua hasil produk UKM tersedia, mulai dari kuliner, kerajinan, batik dan berbagai produk lokal Magelang yang tersedia.


Untuk seminar bisnisnya masih seperti tahun yang lalu, di bawakan oleh Saptuari Sugiharto. Saptuari Sugiharto terkenal sebagai provokator enterpreneur, founder Sedekah rombongan, founder kedai Digital, Bakso Granat pedas dan yang lagi booming adalah Tengkleng Hohah.

Mas Saptuari berbagi berbagai pengalamannya sukses berbisnis dengan bantuan sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Selain berbagai bisnisnya yang berkembang dengan sosial media. Beliau juga menulis berbagai buku bisnis yang semuanya laris manis dengan berjualan lewat media sosial saja. Dari berbagai bukunya tersebut salah satunya berjudul Catatan Indah unyuk Tuhan.


Catatan indah untuk tuhan, didalamnya banyak kisah-kisah yang menceritakan banyak orang yang penuh keajaiban dengan menjalankan perintah Allah SWT sebagai prioritas dalam hidupnya.

Ada cerita seorang penduduk di bantul yang mewakafkan tanahnya untuk masjid dan selalu tepat waktu, beberapa waktu yang lalu ada orang mesterius memberangkatkan beliau ke tanah suci. Keberkahan akan datang apabila kita menjadikan Allah SWT sebagai prioritas dalam kehidupan kita. Bukan Jabatan, Harta dan lainnya yang sifatnya semu semata. 

Syarat produk di jual online
1. Bisa di kirim lewat pengiriman
2. Bukan produk yang mudah di temukan
3. Ongkos kirim tidak lebih mahal dari harga produk
4. Produknya unik dan mempunyai nilai tambah.

Contohnya ada cerita, pemuda dari Temanggung yang jual radio kayu ke Eropa dan Amerika lewat internet. Ada seorang dari Wonogiri yang menjual peti mati dari daun di ekspor ke Belanda dan Amerika Serikat. " Jangan berpikir lokal berpikirlah global "

Memanfaatkan Facebook untuk promosi. 
Manfaatkan iklan di Facebook untuk jualan, sudah bukan jamannya lagi upload barang dagangan di wall Facebook pribadi. Dengan pengguna Facebook di Indonesia sudah mencapai 65 juta, dengan beriklan di Facebook pangsa pasar produk kita akan semakin luas dan tersegmentasi. 

Buatlah Facebook Group
Bangunlah Kolam ikan,  Sharing gratisan,  Ikan- ikan yang nyaman di kolam bakal lahap ketika makan. 

" Sharing, sharing baru Selling selling...!
Contohnya Belajar wirausaha bareng saptuari membernya mencapai 277.000 orang. Tanpa biaya dengan memanfaatkan grup Facebook yang kita punya. 

Jualan Affiliate, jualan barang tanpa perlu kita punya produk dulu. 

Bisnis apapun kalau kita bisa menjual Apapun bisa kita jual. 

Berjualan di Instagram
Instagram media sosial terbesar kedua di indonesia setelah Facebook.
Cara promosi di Instagram
1. Buat akun unik dan dagelan
Contoh akun @dagelan, @lensaindonesia, @akurapopo biaya pasang iklan di akun mereka 2 juta rupiah untuk 1 bulan. 
2. Jual produk sendiri atau orang lain

Kenapa kita harus menjadi enterpreneur?
Karena 9 dari 10 pintu rezeki dari dunia perniagaan~ Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. 

Terima kasih untuk team KPP Magelang yg sdh memberikan saya kesempatan belajar kembali bersama Mas Saptuari Sugiharto dan belajar banyak dengan teman-teman pelaku UKM di Magelang. Sekali lagi terima kasih, Sukses untuk KPP Pratama Magelang. 







0 komentar:

Posting Komentar