15 Juli 2017

Menikmati Sate dan Tongseng kambing Pak Kurdi Mungkid Magelang


Sate dan tongseng Pak Kurdi, terletak di jalan protokol kota Mungkid, ibu kota kabupaten Magelang sejak pindah dari kota Magelang yang berdiri sebagai kotamadya. Sekilas warung sate pak Kurdi ini terlihat biasa, bahkan sama dengan warung- warung makan lainnya yang berjejer di sepanjang jalan.

Walau warung satenya terlihat sederhana, tapi saat saya mampir bersama teman- teman komunitas BBM Magelang, parkiran penuh oleh sepeda motor, ada juga beberapa mobil ikut parkir di sebelahnya. Benar saja, ketika kami masuk ke warung, hampir semua kursi, kebetulan waktu itu sekitar jam 12 siang waktunya makan siang selepas Jumatan.


Tentu saja harus ngantri menunggu hidangan kami di hidangkan. Terlihat beberapa poto terpasang di dinding warung yang kemungkinan foto- foto tersebut merupakan leluhur dari Pak Kurdi, sang punya warung. Dilihat dari foto-foto yang terpajang Pak Kurdi ini mingkin masih ada keturunan Arab. Seperti layaknya warung makan milik keturunan Arab dan Minang, mereka selalu memajang foto leluhurnya di dinding-dinding warungnya.

Setelah menunggu, akhirnya pesanan kami sudah di hidangkan. Sepiring Tongseng dan sepiring nasi putih tersedia di hadapan kami. Tak lupa juga beberapa kerupuk sebagai pelengkap makan siang waktu itu. Belum lengkap rasanya kalau makan tanpa kerupuk walaupun apapun menunya, kerupuk harus selalu tersedia. Termasuk di warung- warung sate seperti warungnya pak Kurdi ini, kerupuk selalu tersedia di depan meja.

Tak menunggu waktu lama, sepiring nasi, tongseng, kerupuk serta es jeruk telah berpindah ke dalam perut kami. Dan pertanyaan saya terjawab sudah kenapa warung sate dan tongseng pak Kurdi ini lebih ramai di banding warung lainnya, rasa tongsennya mantap maknyus pokoke, dagingnya lembut dan halus serta tidak terlalu perengus. 


Selain masakannya yang maknyus tadi, warung sate dan tongseng ini sudah sejak lama ada di sini, selain itu harganya sangat terjangkau. Harga satu porsi Tongseng, nasi putih serta es jeruk tidak sampai 30 ribu rupiah. Buat yang sedang di Mungkid, jangan lupa mampir ke warung sate dan tongseng pak Kurdi ini,  buktikan sendiri maknyus nya :)

1 komentar: