Masjid Nur Hidayatulloh menjaga akidah dari Puluhan, Ketep, Sawangan, Magelang

Masjid Nur Hidayatulloh di Dusun Puluhan, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang tidak jauh beda dengan masjid- masjid lainnya di Desa Ketep, Berdiri cukup besar dan bagus,  tetapi dari masjid inilah setiap pekan, setiap bulan  sekali di gelar kajian akbar dengan Ustad- ustad terkenal dari Jawa tengah dan Yogyakarta, kajian dengan tema disesuaikan dengan keadaan masyarakat sekitar.

Dalam kajian akbar yang di gelar setiap bulannya di hadiri ribuan jamaah dari desa Ketep dan sekitarnya. Seperti beberapa bulan yang lalu, Masjid Nur Hidayatulloh menggelar kajian akbar dengan tema mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan Ustad Yahya Badru salam Hafizhahullah dari Jakarta. Selain di Masjid Nur Hidayatulloh, Ustad Yahya Badru salam juga mengisi kajian akbar di Masjid Nurul Asri Deresan Yogyakarta dan Pondok Pesantren Luklul wal Marjan Mungkid Magelang.

Kajian di Masjid Nur Hidayatulloh yang baru saja berlangsung adalah ngaji Selasa Legi tadi sore dengan tema Wasiat akhir menjelang wafatnya nabi shalallahu alaihi wassalam di bawakan oleh Ustad Afifi Abdul Wadud, BA dari Yogyakarta. Ustad Afifi Abdul Wadud Hafizhahullah salah satu ulama kharismatik dari Yogyakarta, hampir setiap hari dapat kita temukan kajiannya di masjid- masjid sekitar Yogyakarta dan sekitarnya. Selain mengisi kajian rutin setiap harinya, beliau juga merupakan pembina dan penasehat beberapa lembaga dakwah di Yogyakarta seperti Yayasan pendidikan Islam Al Atsari, Radio Muslim, Peduli Muslim dan masih banyak yang lainnya.

Alhamdulillah, beberapa waktu yang lalu saya bersama teman-teman dari Tim bersih-bersih Masjid Magelang -BBM, Wisata Hati Magelang, Qur'anic Healing Indonesia, Kombatpol, Yasinmu dan Rumah Sakit Islam kota Magelang bisa hadir di Masjid Nur Hidayatulloh Dusun Puluhan, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dalam rangka Safari dakwah dengan kegiatan bersih-bersih Masjid, Cek kesehatan dan bekam gratis, bazar sembako murah dan kajian siang bersama ustad Dzaki dari pondok pesantren Tidar kota Magelang.

Safari dakwah di Dusun Puluhan ini sebagai wujud kepedulian komunitas dakwah di Magelang terhadap warga masyarakat Puluhan, salah satu dusun di Kabupaten Magelang yang letaknya jauh dari kota Magelang, untuk mencapai Dusun Puluhan memerlukan waktu sekitar satu jam perjalanan dari kota Magelang dengan jalan yang menanjak karena letak Dusun Puluhan merupakan salah satu tempat tertinggi di Magelang.

Masyarakat Puluhan sebagian besar menjadi petani sebagai mata pencahariannya sehari- hari selain beternak kambing dan sapi. Selain Masjid di Dusun ini juga berdiri sebuah Gereja yang letaknya tidak jauh dari Masjid Nur Hidayatulloh. Masyarakat Puluhan beragama Islam dan Kristen.  Walaupun berbeda keyakinan tetapi masyarakat Puluhan hidup dengan rukun dan damai, perbedaan agama​ tidak menjadikan mereka berpecah belah.

Wajah- wajah yang tulus dengan riang gembira menyambut kami datang ke Dusun Puluhan. Tampak beberapa penduduk menyapa kami dengan sopan setiap berpapasan di sepanjang jalan ke Puluhan. Begitu juga saat kegiatan bersih-bersih Masjid, cek kesehatan, bekam dan bazar sembako warga Dusun Puluhan sangat antusias mengikuti acara sampai selesai.

Berbagai kegiatan dakwah di Masjid Nur Hidayatulloh tak lepas dari keteguhan pengurus masjid Nur Hidayatulloh yaitu Ustad Abu Miqdad. Di bawah bimbingan beliau lah kajian-kajian rutin baik yang rutin maupun bulanan berjalan dengan lancar. Perjuangan Ustad Abu Miqdad berdakwah di Dusun Puluhan tidaklah mudah, tetapi berkat pertolongan Allah subhanahu wa Ta'ala dan kesungguhan beliau semua itu bisa di atasi dengan baik, bahkan semakin banyak dukungan untuk dakwah beliau di Dusun Puluhan seperti dari Komunitas Sahabat TNI dan polisi (Kombatpol), Yayasan Sahabat Insan Merapi Merbabu (Yasinmu), Peduli Muslim Yogyakarta.

Seperti sabda Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bahwa setiap muslim adalah bersaudara, sudah selayaknya kita yang di beri kecukupan rezeki, cukup ilmu, ikut berpartisipasi dalam dakwah di Ketep bersama dengan Ustad Abu Miqdad Hafizhahullah, ikut berpartisipasi menjaga akidah saudara- saudara kita di Ketep dan sekitarnya bisa berdonasi melalui Yayasan Sahabat Insan Merapi Merbabu melalui Bank Syariah Mandiri nomer rekening 7104271043 atas nama Yayasan Sahabat Insan Merapi Merbabu. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Ustad Abu Miqdad 0857-4020-3369

3 komentar:

  1. Salut untuk Ustad Abu Miqdad, berani berjuang dengan segala resikonya​ 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarang orang yang mau mengambil resiko seperti beliau, di tengah godaan dunia yang begitu besar

      Hapus
  2. Bener sekali tad, harus kita dukung dakwah ustad Abu Miqdad. Semoga Allah selalu menjaga beliau dan masyarakat Puluhan

    BalasHapus