Sosialisasi Asian Para Games 2018 di JCM Yogyakarta

Alhamdulillah, Tadi sore saya bersama teman-teman komunitas Blogger Jogja (KBJ) mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sosialisasi Asian Para Games 2018 di JCM (Jogja City Mall) Yogyakarta. Asian Para Games  akan  di laksanakan di Jakarta tanggal 6-13 Oktober 2018.  Selain Blogger, hadir juga rekan-rekan dari media di Jogja yang hadir di sosialisasi Asian Para Games 2018 ini.


Acara sosialisasi Asian Para Games 2018 di mulai dengan paparan tentang apa itu Asian Para Games 2018 oleh Mbak Ria dari INAPGOG (Indonesian Asian Para Games Organizing Committee). Karena dari beberapa pengunjung yang di tanya apa itu Asian Para Games, rata-rata masih belum tau ajang olahraga tahunan tingkat Asia bagi saudara-saudara kita penyandang disabilitas.


Asian Para Games 2018 adalah Asian Gamesnya para atlit difabel yang di ikuti oleh negara-negara di Asia. Asian Para Games beda dengan Asean Para Games, Kalau Asean hanya untuk  negara-negara di kawasan Asean saja. Dan banyak yang belum tahu kalau tahun ini, Indonesia merupakan juara umum Asean Para Games.  Semoga Juara umum di Asean Para Games akan di ikuti dengan juara umum di Asian Para Games 2018.


Sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018 (APG 2018)  Indonesa di harapkan bisa meninggalkan sebuah warisan baik fisik maupun non fisik. Sebagaimana penyelenggaraan Asian Games 1962 yang meninggalkan warisan berupa komplek Gelora Bung Karno Senayan.  Dari segi fisik, fasilitas olahraga yang memenuhi syarat aksebilitas penyandang disabilitas di harapkan dapat memberikan kesempatan lebih luas bagi siapapun dengan kondisi apapun untuk berolahraga.


Dari segi non fisik, di harapkan adanya peningkatan kesadaran masyarakat akan keberadaan olahraga khusus penyandang disabilitas, pemahaman tentang isu-isu disabilitas secara umum, serta pentingnya partisipasi aktif lingkungan yang berempati bagi semua kalangan.


Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang di percaya untuk menyelenggarakan Asia Para Games, Dengan adanya event ini merupakan bukti implementasi dari undang-undang No. 8 tahun 2016 tentang disabilitas.  Melalui momen Asian Para Games 2018 di harapkan Indonesia memiliki kesempatan untuk membuktikan diri untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri, dan tanpa diskriminasi untuk hidup maju dan berkembang secara adil dan bermartabat, dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara di Asia yang ramah disabilitas.


Untuk persiapan Asian Para Games 2018 di Jakarta, beberapa persiapan tengah berlangsung seperti perbaikan fasilitas  olahraga, asrama atlet dengan memanfaatkan fasilitas yang telah ada.  Untuk memastikan kesiapan Indonesia dalam menyelenggarakan event Asian Para Games INAPGOG telah mendapat kunjungan perwakilan beberapa perwakilan federasi olahraga yang akan berlaga di Asia Para Games 2018. 

1 komentar:

  1. Go Asian Para Games 2018, semoga dapat membawa Indonesia dalam kemenangan....

    BalasHapus