Ikhsan.web.id

semangat berbagi manfaat

03 Februari, 2018

Mari berbagi Nasi di Jumat pagi bersama Sebar Magelang


Alhamdulillah, apabila kita masih di beri nikmat sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa, bisa berkumpul bersama keluarga, bisa menjalankan ibadah tanpa ada yang mengganggunya, karena hal tersebut merupakan suatu nikmat yang besar kata Nabi Shalallahu alaihi wasallam.

Ngomong-ngomong tentang beramal, terutama di hari Jumat yang penuh berkah dan Rahmat ini, banyak sekali yang bisa kita lakukan, seperti bersih-bersih masjid yang akan di laksanakan shalat Jumat, pekerjaan ringan namun berpahala besar. 

Selain membersihkan masjid, amalan lain yang bisa kita kerjakan di hari Jumat adalah Berbagi Nasi, seperti yang di lakukan di banyak daerah, termasuk di Magelang. Di Magelang terdapat beberapa komunitas berbagi nasi setiap hari Jumat, salah satunya adalah Komunitas Sebar Sapa Magelang. Sebar Sapa singkatan dari Sedekah bareng Sarapan pagi.

Komunitas Sebar sapa, didirikan beberapa bulan yang lalu atas inisiatif para pelaku dakwah di Magelang, Salah satu alasan kenapa di pilih hari Jumat pagi untuk bagi-bagi nasi gratis adalah karena Hari Jumat adalah hari yang sangat mulia, hari rayanya umat Islam setelah idul Fitri dan idul Adha.


Selain itu banyak hadist Nabi Shalallahu alaihi wassalam yang menyebutkan keutamaan beramal di hari Jumat, Begitu kata Mas Saeful Mustakim, salah satu kordinator Sebar Magelang ketika saya tanya alasan Sebar beroperasi di hari Jumat. 

Komunitas Sebar Magelang menjalankan aktivitasnya sehabis shalat subuh, Titik kumpulnya di Masjid Agung Magelang. Dari hasil donasi nasi yang terkumpul dari anggota dan masyarakat nantinya akan di bagikan bagi masyarakat kurang mampu, pengemis, tukang becak, pemulung, tukang sampah, tuna wisma dan di beberapa Rumah yatim piatu yang ada di Magelang.

Sejak pertama kali di mulai, sampai sekarang Komunitas Sebar Magelang tetap istiqamah berbagi nasi di Jumat pagi, setelah waktu shalat Subuh. Relawan Sebar Magelang, selain keliling membagikan nasi juga aktif menjemput donasi nasi dari para donatur. Tidak kurang dari 500-an nasi bungkus di bagikan setiap jumatnya.

Selain dalam bentuk Nasi Bungkus, Sebar Magelang juga menerima  donasi dalam bentuk uang yang nantinya akan di belikan nasi, Bagi yang ingin berdonasi Nasi Bungkus tapi tidak punya waktu untuk memasak atau membeli di warung  nasi, bisa mentransfer uang ke rekening sebar Bank BNI dengan nomer Rekening 0373 4815 64 A/N Anggara Sugiarto.


Mari berbagi walaupun hanya dengan sebungkus nasi, di luar sana masih banyak saudara-saudara kita yang hanya untuk mencicipi sebutir nasi harus mengais rezeki di tempat sampah, harus berpuasa hanya karena tidak punya apa-apa. Yakinlah apa yang kita berikan kepada sesama akan mendapatkan pahala dan imbalan yang terbaik dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Anda ingin berbagi Nasi di hari Jumat pagi bersama Komunitas Sebar Sapa Magelang? atau ingin bergabung menjadi relawan?
Silakan hubungi 
Bapak Saiful +6285868281422
Bapak Dimas +62 812-2739-800
Bapak Anggara +62 857-2546-9255