Silaturahmi dan Volunteer Class bersama MRI-ACT Magelang

Alhamdulillah, Ahad pagi (04/02/2018) saya bersama teman-teman dari komunitas Bersih-bersih Masjid Magelang-BBM bisa hadir di Aula SMP IT Ihsanul Fikri Sanden kota Magelang, Kami hadir di SMP IT Ihsanul Fikri dalam rangka memenuhi undangan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI).

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) merupakan divisi kerelawanan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT), MRI-ACT Magelang Ahad pagi ini mengadakan Volunteer Class dan silaturahmi dengan relawan dan masyarakat Magelang. Selain mengenalkan tentang seluk beluk dunia kerelawanan, Tim MRI-ACT juga berbagi pengalaman selama mereka menjadi relawan MRI-ACT, terjun langsung ke berbagai bencana dan tragedi kemanusiaan di Indonesia sampai luar negeri seperti Rohingnya, Syuriah dan Palestina.

Acara Volunteer Class di SMP IT Ihsanul Fikri Ahad pagi ini di buka dengan perkenalan dari mas Arif selaku ketua MRI-ACT Magelang. MRI-ACT Magelang sudah lama berdiri akan tetapi banyak yang belum tau, maka dengan adanya volunteer Class pagi ini di harapkan semakin banyak yang tahu dan bergabung menjadi relawan.

Setelah Mas Arif, acara selanjutnya di isi oleh Mas Giyanto dari MRI-ACT Semarang, beliau di MRI-ACT di amanahi tugas sebagai kepala Departemen Program MRI-ACT Jawa Tengah. Salah satunya cerita menarik saat Tim MRI-ACT sedang berada di Somalia, menyalurkan bahan makanan untuk masyarakat di sana yang di landa kelaparan, bukannya apa yang anda berikan untuk saya yang mereka tanyakan, tetapi apa yang bapak butuhkan selama di Somalia. Masya Allah, dalam kondisi kelaparan mereka masih memikirkan orang lain.

Sebenarnya mereka tidak terlalu membutuhkan bantuan seperti apa yang kita pikirkan, Mereka walaupun dalam keadaan kekurangan tetap optimis menjalani hidup, salah satu kunci mereka tetap optimis adalah mereka taat dengan agama, ya orang-orang Somalia mayoritas muslim yang taat dan anak-anaknya hafiz Qur'an.

Selain Somalia, ada cerita menarik relawan MRI-ACT yang terjun langsung ke daerah konflik di Rohingnya, salah satu relawan yang masuk ke sana hanya modal keberanian, karena Relawan MRI-ACT tersebut tidak paham bahasa setempat, padahal beliau membawa uang tunai milyaran yang akan di belikan bahan makanan pokok bagi pengungsi Rohingya. 

Alhamdulillah, berkat keberanian beliau uang tunai tersebut bisa di selundupkan.
Cerita di atas sedikit dari ribuan cerita para relawan yang bergabung dalam MRI-ACT, Selain relawan ada juga cerita inspiratif dari donatur tetap MRI-ACT, Donatur tersebut tadinya kehidupannya sangat tidak layak untuk di tiru, Minum-minuman keras dan Narkoba adalah bagian dari kesehariannya, Tubuhnya bertato, pakai anting dan sangat jauh dari kehidupan agama.

Tapi Alhamdulillah, setelah setahun menjadi donatur tetap MRI-ACT beliau tobat dengan apa yang dulu pernah lakukan, minuman keras, narkoba, tato, anting semua di tinggalkan, hari-harinya di tak lepas dari Masjid, shalat berjamaah. Mungkin beliau berubah, beliau tobat karena doa- doa dari para dhuafa yang beliau bantu melalui MRI-ACT setiap bulannya.

MRI-ACT di bangun di atas tiga pilar utama dalam menjalankan misi Kemanusiaannya Humanity, Volunteerism dan Philantropy. Dengan ketiga pilar tersebut MRI-ACT telah terbukti mampu terjun langsung ke berbagai misi kemanusiaan tidak hanya di Indonesia tapi juga mancanegara seperti Bangladesh, Palestina, Syuriah dan Rohingnya.

Misi terbaru MRI-ACT adalah kapal kemanusiaan untuk Papua dan Palestina. Dalam misi tersebut MRI-ACT akan mengirimkan bahan makanan  pokok kepada saudara-saudara kita di Papua dan Palestina. Kita dapat berpartisipasi dalam misi kapal kemanusiaan ini dengan  berdonasi ke rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap  di bawah ini.
Mandiri 164 0000 965 543 BNI 341 854 750
Tambahkan angka (121) di akhir nominal untuk donasi Palestina , contoh Rp 300.121,-
Tambahkan angka (122) di akhir nominal untuk donasi Syuriah, Contoh Rp300.122,-
Tambahkan angka (100) di akhir nominal untuk donasi Papua, Contoh Rp 300.100,-

Untuk konfirmasi donasi dan layanan lainnya bisa menghubungi nomer berikut, SMS / WA Center : 085103134440.

Bagi anda yang ingin bergabung menjadi relawan MRI-ACT, bisa mendaftar lewat web www.relawan.id pilih bidang yang ingin anda pilih, seperti Teknologi, Komunikasi dan lainnya. Selain mendaftar melalui web di atas bagi yang tinggal di wilayah kota dan Kabupaten Magelang bisa mendaftar menjadi relawan MRI-ACT di nomer +62 857-2966-3807 dengan Ibu Aryati.

Berikut tips dari Mas Giyanto dari MRI-ACT Jateng bagi yang ingin bergabung menjadi relawan.
1. Menjadi relawan  itu mudah.
2. Setiap kita berbuat  baik itu adalah relawan. 
3. Menyingkirkan duri, sampah atau batu yang menghalangi jalan itu relawan. 
4. Memberi makan orang miskin itu relawan. 
5. Memberi dengan tangan sendiri  pastinya  hasilnya terbatas. 
6. Oleh karena itu MRI hadir untuk bersama membantu.
7. Itu relawan yang sederhana,  loh emang ada yang rumit? 
8. Gak rumit sih.  Cuman kalo mau terjun bencana butuh ilmu,  skill,  dan ikit pelatihan.
9. Loh di mri kalo ikut pelatihan  gimana kak? 
10.  Ada acara volunter class kok.. 
11. Bayar kak?  Gratis ilmunya. 
12. Caranya daftar kak? Presensi dan datang ajah. 
13. Loh tapi gak ada yang aku kenal kok kak..   Nah emang dulu lahir gak sendirian?... Datang ajah jangan merenung dalam kesendirian  dirumah.
14. Relawan bukan cuman bencana saja. 
15. Relawan juga bisa jadi fasilitator pemberdayaan  seluruh sektor.  Bisa ekonomi, pendidikan, kesehatan, dll. 
16. Ada pelatihannya?  Hmm ada kok kawan.  

Jadi tunggu apa lagi, mari bergabung menjadi relawan kemanusiaan MRI-ACT, jadikan diri kita sebagai bagian dari gerak langkah MRI-ACT dalam berbagai program kemanusiaan di Indonesia dan dunia.

Silaturahmi dan Volunteer Class bersama MRI-ACT Magelang Silaturahmi dan Volunteer Class bersama MRI-ACT Magelang Reviewed by Ikhsanudin on Senin, Februari 05, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar