Ikhsan.web.id

semangat berbagi manfaat

23 Mei, 2018

Ramadhan 1439 H di Masjid Agung Kauman kota Magelang


Alhamdulillah, Tidak terasa kita sudah mau menginjak hari ke-8 di Bulan Ramadhan, Bulan yang lebih ampunan dan keberkahan ini. Semoga kita semua termasuk hamba Allah Subhanhu Wa Ta'ala yang mendapatkan ampunan dan keberkahan tersebut. Amin


Salah satu yang Allah perintahkan selama bulan Ramadhan adalah dengan memperbanyak ibadah, Salah satu ibadah yang mulia di bulan suci Ramadhan adalah iktilaf di Masjid. Selain Iktikaf tentunya masih banyak ibadah lain yang bisa kita kerjakan di masjid.


Salah satunya adalah Tarawih, Kajian menjelang berbuka puasa dan masih banyak yang lainnya. Di Magelang salah satu Masjid yang tidak pernah sepi dari kegiatan selama bulan Ramadhan ini adalah Masjid Agung Kauman Kota Magelang, Yang terletak di sebelah Utara alun-alun kota Magelang.


Dari pagi ba'da Subuh sampai Ba'da Isyak di Masjid Agung Kauman kota Magelang tidak pernah sepi dari Kajian-kajian Islam seperti Kultum setelah Subuh, Kajian pagi, Tadarus Al-Qur'an dan kajian siang  dan lainnya.


Kalau umumnya masjid di Magelang kegiatan Tadarus Al-Qur'an di lakukan habis ba'da shalat Tarawih, Di Masjid Agung Kauman kota Magelang selain dilakukan ba'da shalat tarawih juga ada tadarus Al-Qur'an ba'da shalat Dhuhur.


Dalam Tadarus Al-Qur'an ini, Jamaah menyimak bacaan Alquran salah satu imam masjid Agung Kauman, setelah Kegiatan Tadarus Al-Qur'an selesai di lanjutkan dengan Kajian siang hari.


Selama bukan Ramadhan, Masjid Agung Kauman kota Magelang tidak pernah sepi dari jamaah dari pagi sampai pagi lagi. Bahkan ada jamaah dari luar kota di bela-belain jauh-jauh ke Magelang untuk bisa beritikaf selama bulan Ramadhan ini.


Bingung mau Iktikaf di mana selama Ramadhan ini?
Ke Masjid Agung Kauman saja, Selain masjidnya tidak sepi dari kegiatan Ramadhan, banyak teman yang beritikaf di sana.