Semarak Ramadhan di Masjid Ummu Kamal Bandongan Magelang


Alhamdulillah, Hari ini (Kamis, 17/05/2018) kita sudah memasuki hari pertama bulan Ramadhan 1439 H. Bisa berjumpa kembali dengan bulan suci Ramadhan yang penuh keberkahan adalah sebuah nikmat yang di berikan oleh Allah Subhanhu Wa Ta'ala.



Nikmat Allah Subhanhu Wa Ta'ala yang kita terima tersebut sudah seharusnya di gunakan sebaik-baiknya mengisinya dengan amal salih. Banyak sekali amalan berpahala besar yang bisa kita kerjakan selama bulan suci Ramadhan ini seperti Shalat Tarawih, Membaca Al-Qur'an, Memberi makan bagi mereka yang berpuasa dan masih banyak yang lainnya.


Memberi makan bagi mereka yang berpuasa merupakan amalan berpahala besar selama bukan Ramadhan. Banyak hadist Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang menyatakan keutamaan memberi makan orang yang berpuasa, salah satunya adalah bahwa orang yang memberikan makan orang yang berpuasa pahalanya sama dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahalanya sedikitpun.



Donasi buka puasa Ramadhan bisa kita salurkan ke Panti Asuhan, orang yang membutuhkan dan masjid-masjid sekitar tempat tinggal yang mengadakan kegiatan buka puasa bersama. Dan di Magelang banyak masjid yang mengadakan buka puasa bersama selama bukan Ramadhan. 


Salah satu Masjid di Magelang yang mengadakan kegiatan buka puasa selama Ramadhan adalah Masjid Ummu Kamal Bandongan. Kegiatan buka puasa bersama gratis ini sudah berjalan setiap tahunnya di Masjid yang di bangun tahun 2011 ini. Tahun ini Masjid Ummu Kamal Bandongan kembali membuka donasi untuk Ifthar Ramadhan 1439 H. 



3000 Porsi nasi selama sebulan atau 100 porsi seharinya, di butuhkan lebih dari Rp. 30 juta untuk kegiatan Ifthar Ramadhan di Masjid Ummu Kamal Bandongan ini. Selain Ifthar Ramadhan, Masjid Ummu Kamal juga mengadakan kegiatan sahur bersama dan iktikaf di 10 hari terakhir Ramadhan. Bagi yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan Ifthar Ramadhan Masjid Ummu Kamal Bandongan dapat menyalurkan donasinya melalui Rekening BRI cabang Magelang dengan nomer 048-01-000825-56-5 atas nama Arif Rahman Faqihudin, Konfirmasi ke nomer WhatsApp 085878454845.


Sebelum kegiatan Ifthar Ramadhan di Masjid Ummu Kamal Bandongan diadakan Kajian senja yang di isi oleh pengurus masjid dan Ustad sekitar Bandongan. Selain bukan Ramadhan, Masjid Ummu Kamal juga rutin mengadakan berbagai macam kajian seperti Kajian harian, Pekanan, Bulanan, Subuh berjamaah di lanjutkan dengan sarapan bareng dan masih banyak yang lainnya.



Untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah, Pengurus Masjid Ummu Kamal melakukan studi banding ke beberapa masjid salah satunya adalah Masjid Jogokariyan Yogyakarta yang terkenal sebagai salah satu masjid terbaik di Jogja bahkan di Indonesia. Tidak hanya studi banding saja, Beberapa waktu yang lalu Ketua Takmir Masjid Jogokariyan menjadi pembicara Kajian di Masjid Ummu Kamal Bandongan.

Posting Komentar

0 Komentar