22 Januari 2012

Bakso Kerikil Badakan Magelang

Tidak banyak makanan asli Magelang yang di kenal secara luas oleh masyarakat di luar Magelang, saya sendiri yang asli Magelang kalau di tanya makanan apa saja yang terkenal dari Magelang bingung menjawabnya, tidak ada jawaban lain selain Gethuk Trio dan  Wajik Week Salaman yang seakan-akan sudah menjadi oleh-oleh wajib dari Magelang. kuliner dari Magelang yang cukup terkenal cuma kupat tahu, Mie Godok dan Nasi goreng Magelangan.

Mie Godok Magelangan sendiri saya baru mendengarnya saat saya di jogja setahun terakhir, dan kayaknya cuma terkenal di Jogja soalnya di Magelang sendiri jarang kita jumpai warung makan yang menyajikan menu Mie atau Nasi goreng Magelangan walaupun Mie dan nasi gorengnya rasanya sama dengan Mie dan Nasi goreng Magelangan di Jogja, sama seperi warung tegal yang justru di Tegal sendiri jarang kita jumpai warung nasi memakai nama Warteg :)

Ternyata selain Wajik Week Salaman, Gethuk Trio, Kupat Tahu dan Mie Magelangan ada juga kuliner asli Magelang yang cukup terkenal karena keunikannya yaitu Bakso Kerikil, Bakso kerikil setahu saya yang terkenal hanya ada di Magelang dan di Magelang sendiri sepertinya hanya ada di Jalan Pahlawan komplek taman Badakan. Jumlah pedagang Bakso Kerikil di sini jumlahnya cukup banyak tapi yang paling enak katanya di warung Bakso Kerikilnya Pak Bendot yang pernah masuk acara Kuliner Televisi nasional.Bakso Kerikil sesuai namanya bentuknya kecil-kecil seperti Kerikil, dalam satu mangkok bakso bisa berisi 20 sampai 30 butir Bakso dan harganya juga lumayan murah antara 5000 sampai 6000 semangkok.

Beberapa waktu yang lalu saya dan istri bersama teman dari Sukabumi yang kebetulan lagi pulang kampung ke Magelang mencicipi Bakso Kerikil di taman Badakan, rasanya memang enak, gurih. jadi kalau anda lagi di Magelang jangan lewatkan Bakso Kerikil di Taman Badakan ini :)

23 komentar:

  1. Melu icip-icip koyone kok enak tenan yo mas... :D

    BalasHapus
  2. Ngiler mas, mbaca reportasene sampeyan. Di tempat pak Bendot ya? hmmm... kapan2 mampir ah. Senerek juga kuliner khas Magelang lho mas, kuliner bergizi tinggalan kolonial belanda :)

    BalasHapus
  3. Saya sudah dua kali makan bakso kerikil disitu.. memang rasanya enake pol mas.. oya, kalau kabupaten magelang ada tape ketan mas..

    BalasHapus
  4. @ nahdi: gak enaknya pas mbayarnya :)
    @ yudha : jadi senerek asli Magelang mas? malah baru tahu
    @ hamid: ketan juga asli Magelang to, baru tau mas :)

    BalasHapus
  5. betul mas, ada lagi namanya gumbingan,. makanan asli dari Kampung Pabelan..Kec. Mungkid

    BalasHapus
  6. taman badakan ki endi mas?
    besok klo ke magelang pengen nyicip :D

    BalasHapus
  7. taman badakan di jalan pahlawan Magelang mas :)

    BalasHapus
  8. ihhh,,. baso krikil,.. pante dinamain baso krikil ternyata kcil" sperti krikil toh,.!!

    BalasHapus
  9. @ obat: bener sekali mase
    @ pendekar sakti: coba dong :)

    BalasHapus
  10. Bakso kerikil yg enak cuma ada di sini

    BalasHapus
  11. Bagi yang masih mudik di Magelang, Bosen dengan hidangan lebaran yang itu-itu aja. jangan lupa mampir dan nyicipi kuliner unik khas Magelangan 'Bakso Kerikil' di taman Badakan.#fb

    BalasHapus
  12. Sekarang tamaan Badakan terlihat lebih rapi dan menarik setelah ada penataan dan renovasi taman dari pemkot Magelang

    BalasHapus
  13. Dingin-dingin gini enaknya memang makan bakso

    BalasHapus
  14. enak bgt bakso disana, terus saya juga nyoba Laundry baru, murah 2500/kg LAUNDRY MAHESTA" di jl diponegoro perumda mantiasih nomor 26 kota magelang. Rekomended bgt pokoknya, bersih wangi dan rapi.

    BalasHapus
  15. Bintang Abadi Copy Center menawarkan jasa fotocopy jakarta , jasa print warna , jasa fotocopy murah jakarta dengan harga yang Bersaing, Cepat dan Bisa Antar Jemput…

    BalasHapus