Ikhsan.web.id

semangat berbagi manfaat

22 Januari, 2012

Bakso Kerikil Badakan Magelang

Tidak banyak makanan asli Magelang yang di kenal secara luas oleh masyarakat di luar Magelang, saya sendiri yang asli Magelang kalau di tanya makanan apa saja yang terkenal dari Magelang bingung menjawabnya, tidak ada jawaban lain selain Gethuk Trio dan  Wajik Week Salaman yang seakan-akan sudah menjadi oleh-oleh wajib dari Magelang. kuliner dari Magelang yang cukup terkenal cuma kupat tahu, Mie Godok dan Nasi goreng Magelangan.

Mie Godok Magelangan sendiri saya baru mendengarnya saat saya di jogja setahun terakhir, dan kayaknya cuma terkenal di Jogja soalnya di Magelang sendiri jarang kita jumpai warung makan yang menyajikan menu Mie atau Nasi goreng Magelangan walaupun Mie dan nasi gorengnya rasanya sama dengan Mie dan Nasi goreng Magelangan di Jogja, sama seperi warung tegal yang justru di Tegal sendiri jarang kita jumpai warung nasi memakai nama Warteg :)

Ternyata selain Wajik Week Salaman, Gethuk Trio, Kupat Tahu dan Mie Magelangan ada juga kuliner asli Magelang yang cukup terkenal karena keunikannya yaitu Bakso Kerikil, Bakso kerikil setahu saya yang terkenal hanya ada di Magelang dan di Magelang sendiri sepertinya hanya ada di Jalan Pahlawan komplek taman Badakan. Jumlah pedagang Bakso Kerikil di sini jumlahnya cukup banyak tapi yang paling enak katanya di warung Bakso Kerikilnya Pak Bendot yang pernah masuk acara Kuliner Televisi nasional.Bakso Kerikil sesuai namanya bentuknya kecil-kecil seperti Kerikil, dalam satu mangkok bakso bisa berisi 20 sampai 30 butir Bakso dan harganya juga lumayan murah antara 5000 sampai 6000 semangkok.

Beberapa waktu yang lalu saya dan istri bersama teman dari Sukabumi yang kebetulan lagi pulang kampung ke Magelang mencicipi Bakso Kerikil di taman Badakan, rasanya memang enak, gurih. jadi kalau anda lagi di Magelang jangan lewatkan Bakso Kerikil di Taman Badakan ini :)