Kaka Slank: Kalo ga tergugah liat video ini, hebat!


---------- Forwarded message ----------
From: Kaka 'Slank' <mail@change.org>
Date: Fri, 27 Sep 2013 06:01:34 +0000
Subject: Kalo ga tergugah liat video ini, hebat!
To: me@ikhsan.web.id

Selasa kemaren aku baru aja pulang dari Pulau Bangka, Sulawesi Utara.
Keadaannya udah kritis! Kita harus buru-buru dukung penduduk setempat
menolak pertambangan PT MMP!

Tapi apa dulu nih masalahnya?

Jadi, Pulau Bangka itu salah satu pulau favorit aku. Aku udah 4 kali
nyelem di sana. Alamnya super indah, terutama lautnya! Terumbu
karangnya bisa buat lautnya warna biru banget. Kalo ga percaya, liat
aja video di atas.

Luasnya cuma 4700 hektar, penduduknya ribuan orang, kebanyakan nelayan.

Nah, ada rencana pertambangan bijih besi gede-gedean di situ oleh
perusahaan China namanya PT MMP. Ini udah jelas ga beres!

Pertama, peraturannya* aja uda jelas ga memperbolehkan! Pulau yang di
bawah 5000 hektar ga boleh ditambang. Pengadilan tinggi Makassar udah
perintahkan supaya ijinnya dicabut! Tapi masih aja berjalan..

Kedua, daerah itu kan bagian segitiga terumbu yang udah dijanjiin
perlindungannya oleh 6 kepala negara, termasuk Pak SBY. Kalau rencana
ini jadi, pasti ancur semua, dan keindahaan laut kita bisa hilang.

Ketiga, kalau terumbu karang ancur, ikan pada ilang, otomatis nelayan
pasti akan kehilangan kerjaannya dan kehidupannya! Belum lagi yang
bakal digusur untuk bikin pertambangan ini. Yang paling rugi ya
penduduk lokal!

Jadi udah ilegal, merusak, dan ditolak penduduk, tapi masih aja,
rencana berjalan. Kemaren aku denger peralatan drill segala udah sampe
ke pulau.

Makanya aku buat petisi ini. Aku pengen supaya Bupati Minahasa Utara,
Sompie Singal dan Gubernur Sulut, Harry Sarundajang (yang katanya
gubernur hijau itu), menarik izin PT MMP, dan bertindak untuk
nyelametin pulau ini!

Tapi supaya mereka denger, kita harus teken terus, socmed, media,
segala cara pokoknya. Yang bisa kamu lakukan sekarang, tanda-tangan
petisiku ya! Terus jangan lupa disebar ke temen-temen kamu.

www.change.org/SaveBangkaIsland

Aku yakin, kalo bareng-bareng, kita bisa.


Kaka "Slank"
@FishGod

*UU No. 27/2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

3 komentar:

  1. Ayo slanker kita isi dan sebaran petisinya

    BalasHapus
  2. Saatnya yang muda peduli dengan lingungan di sekitarnya, membangun bersama di jaga bersama

    BalasHapus
  3. Sip, Mari rapatkan barisan kita selamatkan Pulau Bangka dari penambang liar dan tidak bertanggung jawab !

    BalasHapus