Tirakatan menyambut HUT RI ke-69 Kampung Tidar Krajan, Magelang

Hari Sabtu (16/08/2014) warga kampung Tidar Krajan, kelurahan Tidar utara, kecamatan Magelang selatan mengadakan malam tirakatan dan pentas seni dalam rangka memperingati Hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-69.

Seperti pada umumnya kampung-kampung lain di Magelang, setiap tahunnya warga Kampung Tidar Krajan tak ketinggalan mengadakan malam tirakatan dalam rangka HUT RI, sebagai wujud terima kasih terhadap para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Acara tirakatan di mulai jam 19:00 WIB, di rumah bapak Suyanto Hs. Salah satu tokoh masyatakat kamping Tidar Krajan. Selain di hadiri oleh warga Kampung Tidar Krajan, acara tirakatan juga di hadiri oleh para pelaku usaha yang ada di kampung Tidar Krajan. Saya sendiri hadir di acara tirakatan tersebut atas undangan panitia, karena tempat saya bekerja masih termasuk wilayah kampung Tidar Krajan.

Tirakatan di kampung Tidar Krajan ini berlangsung sangat meriah. Fashion show balita, penyerahan hadiah lomba tujuh belasan, pentas seni antar rt, beberapa acara yang cukup memeriahkan acara tirakatan tadi malem, selain acara inti renungan kemerdekaan yang di sampaikan oleh para tokoh masyarakat kampung Tidar Krajan.

Dalam renungannya para sesepuh masyarakat kampung Tidar Krajan mengajak segenap masyarakat untuk mensyukuri kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69 ini untuk tetap berjuang sebagai mana halnya dulu para pahlawan berjuang dan mempertahankan kemerdekaan. Tentu berjuangnya berbeda, tidak lagi berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah. Tapi berjuang mengisi kemerdekaan dengan menjadi warga negara yang baik dan ikut aktif mensukseskan program pembangunan. Berjuang memajukan keluarga, masyarakat sekitar dan bangsa negara.

Acara tirakatan berakhir jam 23:00 di tutup dengan doa bersama. Setelah itu acara di lanjutkan dengan hiburan kesenian tradisional kuda lumping Sawung Budoyo.  Sawung Budoyo sendiri merupakan salah satu kesenian tradisional kuda lumping yang ada di kampung Tidar Krajan.

Acara tirakatan menyambut HUT RI ke-69 di Magelang cukup semarak, hampir setiap rt dan kampung mengadakan malam tirakatan. Saya sebagai warga Magelang turut bangga melihat antusias warga menyambut HUT RI. Semoga semangat mereka tidak hanya di hari-hari menjelang peringatan kemerdekaan saja. Tapi juga berlanjut setiap hari, semangat mengisi kemerdekaan dengan menjadi warga negara yang baik dan aktif mensukseskan program pembangunan dari pemerintah.

Dirgahayu Republik Indonensia yang ke-69. Merdekaaa.....

9 komentar:

  1. Dengan semangat kemerdekaan, mari kita tingkatkan produktifitas kerja melalui standar pelayanan yang terbaik.

    BalasHapus
  2. Tidar pakuning tanah Jowo!

    BalasHapus
  3. salam budaya dari keluarga besar sawung budoyo

    BalasHapus
  4. Waktu berlalu begitu cepat, sekarang Indonesia merayakan hari jadinya yang ke 70

    BalasHapus