Ikhsan.web.id

semangat berbagi manfaat

10 September, 2014

Menentukan KTA Terbaik Untuk Kelangsungan Masa Depan

Menentukan KTA Terbaik Untuk Kelangsungan Masa Depan
Semakin kompleksnya kehidupan manusia, menyebabkan semakin tinggi pula kebutuhan manusia akan hal-hal yang dulunya hanya dianggap sebagai keperlun sekunder. Meningkatnya kebutuhan ini, tentu saja diiringi oleh meningginya biaya hidup seseorang. Keterbatasan seseorang akan penghasilan, dan tentu saja membuatnya memutar otak untuk dapat memenuhi biaya hidup yang meninggi. Bagi yang mempunyai modal besar, masalah ini adalah sebuah peluang usaha untuk membuat KTA terbaik yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang.

KTA atau yang sering disebut sebagai kredit tanpa agunan adalah sebuah fasilitas yang saat ini dimiliki oleh perbankan di Indonesia, untuk menyediakan jasa pembiayaan bagi pribadi ataupun badan tanpa menggunakan jaminan atas kepemilikan suatu aset maupun inventaris atau agunan dalam bahasa perbankan. Saat ini, banyak bank-bank di Indonesia yang mempunyai fasilitas KTA ini sehingga membuat para calon nasabah bebas untuk menentukan mana yang paling baik untuk di apply. Tapi dengan banyaknya fasilitas KTA tersebut juga harus membuat anda berhati-hati, karena tidak semua kredit tersebut sesuai dengan anda.

Berikut ini akan disodorkan beberapa hal yang patut anda pertimbangkan, ketika anda memutuskan
untuk memilih KTA terbaik untuk membiayai kebutuhan mendesak anda. Sehingga anda tidak merasa terbebani atas keputusan anda mengambil kredit tersebut, pun juga tidak akan merepotkan anda di kemudian hari.

Memilih Prioritas Kebutuhan

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan prioritas kebutuhan anda. Tidak semua
kebutuhan harus mendapat pembiayaan dari fasilitas kredit. Beberapa kriteria dari prioritas kebutuhan
yang memang layak untuk dibiayai fasilitas kredit adalah:

   - Kebutuhan sangat mendesak (misalnya saja keperluan anak kuliah atau sekolah, perbaikan rumah
     yang memang segera memerlukan penanganan dll);
   - Jumlah biaya yang dibutuhkan relatif besar bila dibandingkan dengan jumlah uang yang ada di             rekening tabungan anda saat ini;
   - Kebutuhan yang diperuntukkan kelangsungan hidup maupun usaha anda.
    
Jangka Waktu Kredit Yang Sediakan

Setelah menentukan kebutuhan mana yng jadi prioritas utama, anda harus memperkirakan jangka waktu yang disediakan oleh pemberi kredit. Semakin panjang jangka waktu yang diberikan maka, semakin ringan angsuran yang harus anda tanggung tiap bulan dan tentu saja anda juga lebih leluasa untuk memenuhi kebutuhan lain setelah dikurangi jumlah angsuran yang anda harus bayar. Beberapa pemberi kredit yang bisa anda pertimbangkan seperti :

  - CIMB Niaga, memberikan waktu maksimal pinjaman sampai dengan 4 tahun saja;
  - Standard Chartered Bank, memberikan keleluasaan angsuran sampai dengan limit 5 tahun;
  - Bank Mandiri, memberi jangka waktu maksimum angsuran sampai dengan 5 tahun.

Besaran Nominal Maksimal Yang Bisa Dikucurkan

Tidak semua bank mampu mengucurkan dana pembiayaan sesuai dengan yang anda inginkan, mereka tentu saja melihat dari kemampuan anda secara finansial melalui dokumen administrasi yang anda lampirkan ketika melakukan apply kredit. Namun secara aturan, penyedia kredit juga memiliki limit tertentu atas nominal yang akan mereka berikan. Ada yang hanya sampai puluhan juta, namun juga banyak yang memberikan limit sampai dengan ratusan juta rupiah. Beberapa bank yang patut anda pertimbangkan untuk dipilih karena mempunyai limit kredit tinggi adalah:

  - Bank Mandiri, Standard Chartered, CIMB Niaga mampu menyediakan dana segar pembiayaan
    kepada anda sampai dengan Rp. 200 juta. Tentu saja apabila anda dianggap mampu memenuhi
    syarat yang mereka tentukan;
 - HSBC mampu memberikan uang pembiayaan kepada anda maksimal hanya senilai Rp. 125 juta.