30 Oktober 2014

Mendaki Bukit Pronojiwo di Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Mendaki Bukit Pronojiwo di Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Salah satu tempat wisata yang menarik di Taman Nasional Gunung Merapi, Kaliurang, Pakem, Sleman selain air terjun Tlogo Muncar, Bukit Plawangan Turgo adalah Bukit Pronojiwo. Bukit Pronojiwo lebih banyak di kunjungi wisatawan di bandingkan dengan Bukit Plawangan Turgo karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pintu masuk obyek wisata Taman Nasional Gunung Merapi, hanya sekiar 800 meter untuk sampai ke puncak Bukit Pronojiwo. Selain itu jalan setapak ke puncak Bukit Pronojiwo juga sudah lumayan bagus, di beberapa bagian yang susah di lewati sudah di buat anak tangga yang terbuat permanen.
Mendaki Bukit Pronojiwo di Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Saya dan teman saya  yang tidak terbiasa dengan jalan jauh dan jalannya yang menanjak cukup membuat nafas ngos-ngosan saat menaiki Bukit Pronojiwo. Sepanjang perjalanan ke Puncak Pronojiwo kami banyak menyaksikan berbagai pepohonan liar yang mungkin usianya sudah ratusan tahun, beberapa di antaranya hanya tinggal batang pohonnya saja karena terkena dampak erupsi Merapi beberapa waktu yang lalu. Masih banyak juga kera dan burung yang berkeliaran di sepanjang perjalanan. Sejuknya udara sepanjang perjalanan walau sudah siang hari dan rimbun pepohonan sedikit mengobati rasa capek dan lelah kami saat mendaki ke puncak Bukit Pronojiwo.

Sesampainya di puncak Bukit Pronojiwo kita bisa menyaksikan begitu menakjubkannya Gunung Merapi dari dekat dan Kota Jogja dari ketinggian. Di hari libur kita bisa menyaksikan Gunung Merapi melalui Teropong yang di sewakan ke pengunjung. Untuk masuk ke Kawasan wisata Taman Nasional Gunung Merapi di Pakem, Sleman, yang di dalamnya termasuk obyek wisata Bukit Pronojiwo, kita hanya membayar karcis masuk sebesar Rp. 5.500,- saja.

Sebenarnya rencananya kami akan mengunjungi juga Bukit Plawangan Turgo juga, tapi berhubung waktunya mepet dan sudah siang. Maka kami hanya mengunjungi Bukit Pronojiwo dan Air terjun Tlogo Muncar saja yang letaknya tidak terlalu jauh dari pintu masuk kawasan wisata taman Gunung Merapi, Tapi sayang sekali pas kami berkunjung ke sana beberapa waktu yang lalu, air terjun Tlogo Muncar tidak ada air terjunnya sama sekali karena kemarau panjang. Sayang sekali memang karena Air Terjun Tlogo Muncar adalah tempat yang banyak di kunjungi wisatawan saat berkunjung ke Taman Wisata Gunung Merapi dan Kawasan Kaliurang.
Mengunjungi Air Terjun Tlogo Muncar di Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Di dekat pintu masuk kawasan wisata Taman Gunung Merapi juga di sediakan berbagai mainan seperti ayunan buat anak-anak. Jadi jangan khawatir untuk mengajak anak-anak anda liburan kesini. Sambil kita istirahat, duduk-duduk,  anak kita bisa main ayunan, gelantungan dll. Di tempat ini juga banyak kera yang berkeliaran, mendekati pengunjung untuk meminta makanan. Tidak usah takut dengan kera-kera tersebut, karena mereka tidak akan mengganggu kita selama mereka tidak di ganggu.

0 komentar:

Poskan Komentar