Shalat Idul Adha 1436 H di Alun-alun Magelang

Selain Lapangan Rindam IV Diponegoro di daerah Gelangan, Magelang tengah.  Salah satu tempat favorit di kota Magelang untuk melaksanakan Shalat Idul Adha maupun Idul Fitri adalah Masjid Agung Magelang yang letaknya persis berhadapan dengan Alun-alun Magelang. Karena banyaknya jamaah dan tempat yang terbatas, Jamaah yang tidak kebagian tempat di dalam ataupun halaman Masjid, melaksanakan Shalat Id di jalan raya dan Alun-alun Magelang. 

Seperti halnya pagi ini (24/09/2015) warga Magelang terlihat memadati Alun-alun Magelang untuk mengikuti Shalat Idul Adha 1436 H. Dengan beralaskan sajadah dan koran seadanya mereka terlihat khusuk menjalankan Shalat Idul Adha. Bahkan banyak warga yang lebih memilih Shalatnya di Alun-alun daripada di dalam Masjid Agung walaupun di dalam masih ada tempat. 

Shalat Idul Fitri maupun Idul Adha yang hanya setahun sekali rasanya memang lebih afdhol dan khusuk kalau di laksanakan di Lapangan ataupun Alun-alun. Selain lebih khusuk dan khidmat karena beribadah di tempat yang lapang, konon Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadist memerintahkan umat Islam waktu itu untuk shalat Idul Adha maupun Idul Fitri di Lapangan sebagai salah satu bentuk syiar Islam.

Selain Shalat Idul Adha, di hari Raya Idul Adha atau hari raya Kurban ini juga di sunatkan untuk berkurban menyembelih Kambing maupun Sapi bagi yang mampu. Walaupun perekonomian sedang lesu karena dampak melemahnya rupiah terhadap dolar tidak mengurangi antusias warga untuk berkurban. Terlihat di beberapa tempat jumlah hewan kurban yang di potong tahun ini tidak berkurang dari tahun lalu, bahkan ada yang lebih banyak tahun ini.

Semoga dengan banyaknya warga yang berkurban tahun ini, merupakan bukti kepedulian warga yang mampu terhadap kaum dhuafa, sebagai bukti keikhlasan untuk berkurban sebagaimana di sabdakan oleh Nabi Muhammad SAW . Bagi yang tahun ini bisa berkurban semoga tahun depan bisa berkurban lagi dan bagi yang tahun ini belum bisa berkurban semoga di lapangkan rejekinya oleh Allah SWT sehingga bisa berkurban tahun depan.




2 komentar: