Liburan ke Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Liburan ke Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta
Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta salah satu tujuan  liburan alternatif ke Yogyakarta selain Malioboro, Keraton, Candi Prambanan, Pantai Parangtritis yang sudah menjadi tujuan wajib ketika liburan ke Yogyakarta. Ke Kebun Binatang Gembira bisa menjadi tujuan wisata yang mengasyikan bersama anggota keluarga, terutama bagi yang masih mempunyai anak kecil. Selain untuk mengenalkan ke anak kita berbagai keanekaragaman satwa yang ada di Indonesia, kita juga bisa menikmati berbagai wahana permainan yang ada di sana.

Hari Minggu (11/10/2015) saya, istri dan anak kami Dek Disa berkunjung ke Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta setelah sehari sebelumnya berkunjung ke rumah kakak ipar yang ada di kawasan Plered, Bantul. Sebenarnya liburan ke Gembira Loka tidak kami rencanakan sebelumnya, daripada langsung pulang ke Magelang dari Plered, lebih baik  mampir dulu ke Gembira Loka, selain belum pernah mengajak Dek Disa ke Kebun Binatang.
Liburan ke Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta
Dek Disa terlihat sangat senang melihat aneka satwa yang ada di Gembira Loka, menyaksikan satwa yang belum pernah dia lihat selain di layar Televisi. Seperi Gajah, Harimau, Unta, Kancil, Orang Utan, bermacam-macam burung, Berbagai jenis hewan Reptil seperti Ular, Kura-kura, Komodo, Tokek dan banyak satwa lainnya. Yang menarik anak kami tidak takut dengan aneka satwa tersebut, padahal kalau di rumah, sama kambing dan sapi saja takutnya bukan main. Malah saat di Zona Interaksi Reptil dia berani memegang kura-kura.

Selain aneka satwa kita juga bisa menikmati aneka wahana permainan seperti Perahu Boat, Perahu Senggol, Perahu Kayuh, Terapi Ikan, Kolam Tangkap, Sepeda Sewa, Transportasi Keliling, Kapal Katamaran dan Sirkuit ATV. Di berbagai wahana permainan tersebut bisa kita bisa bermain secara grais tapi juga ada yang berbayar.

Kebun Binatang Gembira Loka merupakan salah satu kebun binatang terlengkap di Yogyakarta, terletak di Jalan Kebun Binatang dan Jalan Veteran Kota Gede. Tiket masuk ke Gembira Loka di hari biasa Rp. 25.000,-. Untuk menuju ke Kebun Binatang Gembira Loka sangat mudah karena letaknya berada di tengah kota Yogyakarta, di lalui  bus angkutan kota dan juga Bis Trans Jogja.

Liburan ke Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta
Ide awal pembangunan Kebun Binatang Gembira Loka adalah keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933. karena di Yogyakarta waktu itu belum banyak tempat hiburan untuk masyarakat. Ide tersebut kemudian di realisasikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan bantuan Ir. Karsten, Seorang arsitek berkebangsaan Belanda. Karsten memilih tempat di sebelah barat sungai Winongo, Karena di anggap tempatnya paling ideal untuk di jadikan Kebun Raya.

Karena Perang dunia kedua dan pendudukan Jepang, pembangunan Kebun Raya sempat terhenti, di lanjutkan kembali pada tahun 1949 setelah berakhirnya Perang Dunia kedua di pelopori oleh Januismadi dan Hadi SH, Karena keberadaan Kebun Raya belum di rasakan oleh masyarakat Yogyakarta pada tahun 1953 Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII mendirikan Yayasan Gembira Loka Yogyakarta, dan pembangunan Kebun Binatang Gembira Loka benar-benar di realisasikan.

Selanjutnya pada tahun 1959 KGPAA Paku Alam VIII menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan Kebun Binatang Gembira Loka. , Tirtowinoto di pilih karena di nilai memiliki kecintaan terhadap alam dan minat yang besar terhadap kemajuan Kebun Binatang Gembira Loka. Di pilihnya Tirtowinoto melanjutkan pembangunan Gembira Loka ternyata tidak salah, terbukti pada tahun 1979 koleksi satwa Gembira Loka sudah cukup lengkap dan pengunjung Gembira Loka mencapai 1,5 juta orang.
Liburan ke Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta
Bagi anda yang berencana liburan ke Yogyakarta bersama keluarga tidak ada salahnya Kebun Binatang Gembira Loka menjadi tujuan wajib yang harus di kunjungi di Yogyakarta. Alam yang masih alami , Berankea macam satwa dan wahana permainan keluarga siap memanjakan anda bersama keluarga.


4 komentar:

  1. Saya sudah lama banget nggak main ke Gembira Loka, kalaupun lewat tak pernah mampir. :)

    BalasHapus
  2. wah. menarik sekali bisa ke gembira loka bersama keluarga, anak dan istri. selamat berlibur ya

    BalasHapus