25 Agustus 2016

Dari Ngopi bareng Tiket.com di Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta

Dari Ngopi bareng Tiket.com di Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta
Beberarapa hari yang lalu (13/08/2016), saya bersama rekan-rekan Blogger dari Yogyakarta dan sekitarnya menghadiri undangan dari Tiket.com untuk hadir di acara Ngopi bareng Tiket, Ngopi sendiri adalah singkatan dari Ngobrol penuh inspirasi. Ngopi bareng Tiket.com ini sudah berlangsung di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta menjadi salah satu tempat Ngopi bareng Tiket selanjutnya.

Saya sangat senang sekali bisa ikut acara yang di selengggarakan oleh Tiket.com ini, secara undangannya hanya untuk 50 orang saja. Acara Ngopi bareng Tiket Yogyakarta ini di selenggarakan di Hotel Harper Jalan Mangkubumi Yogyakarta, tidak jauh dari Tugu Jogja. Tidak jauh juga dari tempat saya kerja yang ada di Jalan Palagan Tentara Pelajar Sleman. Karena kebetulan Sabtu kemaren pas hari libur kerja, maka saya sempatkan untuk hadir di acara Ngopi bareng Tiket.com ini.

Acaranya di mulai jam 11:00 siang dengan makan siang bersama, setelah sebelumnya mengisi daftar hadir dan mendapat tanda pengenal. Crew dari Tiket.com sangat ramah dan bersahabat dalam menyambut kedatangan kami, mempersilahkan mencicipi hidangan makan siang yang sudah tersedia. Setelah mengisi daftar ulang, makan siang di lanjutkan dengan Shalat Dhuhur di mushola yang berada di lantai dua Hotel Harper.

Tema Ngopi bareng Tiket di Jogja ini adalah Complete Guide to Blog Monetizing,  intinya bagaimana kita mendapatkan uang dari blog. Sesi pertama di isi oleh Gaery Undarsa, Co Founder Tiket.com yang menjelaskan seluk beluk tentang bisnis tiketing di Indonesia. Menurut Gaery, Kota Jogja adalah kota yang unik dan sangat bersahabat untuk membuka bisnis, terutama bisnis traveling. Jogja adalah kota kedua paling banyak jumlah kunjungan wisatawan dan hunian hotelnya setelah Bali. Apalagi di tambah dengan adanya film AADC 2, semakin banyak yang tertarik dengan tempat-tempat wisata baru di Yogyakarta.  Jumlah kunjungan wisatawan dan hunian hotel yang tinggi menjadi alasan Tiket.com membuka kantor ketiganya setelah Jakarta dan Bali.

Tiket.com sudah berdiri lima tahun yang lalu, dan sudah banyak penghargaan yang di terima . Bisnis online seperti Tiket.com adalah bisnis dengan pergerakan yang sangat cepat dengan penghasilan yang tinggi. Pihak Tiket.com merangkul banyak agen travel untuk bergabung, tentu saja dengan keuntungan bagi hasil yang besar seperti pendaftaran yang gratis, mendapatkan sistem yang mumpuni untuk tempat usaha travel, dan keuntunga profit 100 % buat para agen.

Salah satu motivasinya membangun Tiket.com selain karena bisnis ini profitnya gede, juga karena beberapa tahun yang lalu ketika pulang kampung ke halamannya di Medan, selepas merantau ke Amerika Serikat bertahun-tahun. Adalah sulitnya mencari tiket pesawat dari Medan ke Singapura. Ribetnya administrasi waktu itu yang harus di urusi hanya untuk mendapatkan selembar tiket pesawat.
Dari Ngopi bareng Tiket.com di Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta
Di era serba digital seperti sekarang urusan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket pertunjukan, booking hotel sampai mencari rental mobil bisa di lakukan sambil tiduran dan malas-malasan di rumah, hanya dengan smartphone dan doanload aplikasi Tiket kita bisa memesan hal-hal di atas hanya dengan satu aplikasi. Bahkan menurut Gaery, rata-rata penjualan tiket di Ticket.com dari Aplikasi di smartphone. Tentunya ini merupakan peluang tersendiri bagi para blogger. yang sudah sangat familiar dengan teknologi, tinggal dafar affiliate Tiket.com kemudian pasang widget di blog.

Sesi kedua di isi oleh seorang Blogger yang sudah mempunyai jam terbang tinggi, tentu  saja sudah tidak terhitung lagi job dari ngeblog yang dia terima. Dia adalah Mbak Carolina Ratri, Selain Blogger dia juga seorang penulis buku. Salah satu Blognya yang terkenal adalah Rockingmama.id, sebuah blog yang berisi tentang lifehack & lifeguide untuk para ibu-ibu muda.

Dalam sesi kedua ini Mbak Carolina Ratri membahas bagaimana seharusnya penampilan blog yang menarik, pertama adalah Layout yang menarik, komposisi yang pas antara tex dan foto, serta desainnya harus menarik. Dan kita tidak harus mempunyai kemampuan semua itu, karena banyak web desainer yang menawarkan masalah ini, tinggal pesan saja sesuai  dengan tema blog kita.

Setelah Lay out, yang harus kita perhatikan sebagai blogger adalah Domain, memilih nama yang unik, gampang di ingat dan tidak sulit untuk di hafalkan. Percuma punya blog bagus dengan tulisan dan tampilan menarik tapi tidak mudah di ingat.

Tidak kalah penting setelah Domain adalah Aboutme. menampilkan data diri yang pantas untuk di tulis, Seperti hobi, hasil karya dan keahlian kita. Semakin menarik yang bisa kita tampilkan maka akan menarik bagi pihak-pihak lain untuk bekerja sama dengan kita. Penting juga adalah menampilkan sosial media dan kontak kita. Karena dari sanalah siapa kita akan terlihat apakah sesuai atau tidak untuk di ajak kerjasama dan menghubungi kita.

Menurut Mbak Carolina Ratri yang paling penting dari semua hal di atas adalah  bagaimana caranya menulis konten yang baik. Dan ini adalah tips yang sudah dia praktekan dengan berbagai blognya. Yang pertama adalah menyediakan apa yang di butuhkan oleh pembaca. Kedua, berbicara dengan pembaca, melakukan komunikasi yang baik. Ketiga, buatlah konten yang menarik dan bisa di selang-seling dengan foto, agar tidak membosankan. Yang terakhir adalah suguhkan pengetahuan baru untuk para embaca , Have Fun, Because Blogging is Fun. Keep up date, Learning and sharing.

Acara Ngopi bareng Tiket di Jogja ini di pandu oleh Mbak Nuniek Tirta, seorang Blogger kawakan yang sudah ngeblog sejak tahun 2001. Sudah banyak pengalaman dan tentunya juga materi yang dia peroleh dari karir ngrblognya. Mbak Nuniek ini adalah istrinya Mas Natali Ardiyanto, yang juga salah satu founder Tiket.com. Mbak Nuniek banyak bercerita tentang seluk beluk dunia blogging di Indonesia, dari tahun 2001 yang menjadi blogger adalah suatu kebanggaan tersendiri karena jumlahnya bisa di hitung dengan jari. Dan dari ngebloglah dia menemukan jodohnya dan menjadi suaminya Natali Ardiyanto.
Dari Ngopi bareng Tiket.com di Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta
Secara keseluruhan acara Ngopi bareng Tiket di Hotel Harper Mangkubumi kemaren menarik sekali, walaupun tidak secara khusus tidak  membahas affiliate dari Tiket.com, sebagaimana biasanya kalau sebuah brand mengundang blogger. Hanya ada lomba blogging, blogger membuat tulisan tentang ulang tahun Tiket.com dan hasil dari acara Ngopi bareng Tiket.

4 komentar:

  1. Aku malah sudah ndak inget, mas. Cuma dikit banget sih yang bisa aku inget dari pertemuan kemarin. Hehe. Sudah gabung di affiliatnya, mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sudah lama gabung Affiliate Tiket.com, tapi belum sempat tak pasang :)

      Hapus
  2. Peluang baru bagi blogger

    BalasHapus