Ikhsan.web.id

semangat berbagi manfaat

13 April, 2017

Beginilah Cara Memilih AC Portable yang Bagus

Tahukah Anda bagaimana cara untuk memilih AC portable berkualitas? Dengan suhu udara yang makin panas di sekitar kita, kebutuhan untuk melengkai ruangan dengan AC makin tak terbantahkan. 

Salah satu jenis AC yang kini banyak disukai adalah AC portable. Sesuai namanya, AC ini portable alias mudah dipindahkan. Jadi misalnya untuk kebutuhan khusus, misalnya di rumah ada arisan dan butuh pendingin udara, AC jenis ini bisa Anda gotong ke tempat acara. 

Namun Anda tidak bisa semabarangan memilih. Sebaiknya ikuti panduan berikut agar bisa membeli AC portable yang tepat.

1. Merk AC Portable

Anda perlu melihat apa merk AC tersebut. Jika memang merknya sudah Anda kenal dengan baik mungkin Anda tidak akan ragu dengan kualitasnya. Seperti istilah,"tak kenal maka tak sayang." Makin kenal Anda dengan merk sebuah AC maka kemungkinan Anda pun akan paham apa saja kelebihan AC portable tersebut. 

2. Lihat detail produk

Tiap produk itu memiliki spesifikasi masing-masing. Untuk itu Anda bisa melihat detailnya sebelum memutuskan membeli. paling mudah untuk mengecek spesifikasi AC portable itu adalah dengan melihat di internet. 
Seperti ketika dicari yang jual ac merk SHARP dengan kapasitas 1 PK dan seri CV-P10TCY bisa dilihat dengan jelas detailnya. Seperti menggunakan voltase 220 volt dan rate input 960 watt.

Di samping itu, Anda pun bisa melihat fitur maupun kelebihan produk tersebut. Kalau untuk AC Sharp itu salah satu kelebihannya adalah memiliki mode ion generator. Apa maksudnya? Artinya dengan fitur ini mampu membersihkan udara sehingga udara pun akan terasa lebih segar dan sehat. 

3. Tempat Membeli AC

Memilih tempat jual ac murah yang terpercaya sangat penting. Tujuannya agar Anda mendapatkan kualitas barang yang bagus dengan jaminan harga terbaik. Terlebih lagi jika Anda memang memutuskan membeli AC ini secara online.

Mungkin saja lokasi tempat tinggal Anda cukup jauh dari AC. Daripada ribet-ribet untuk menuju kota, lebih baik beli AC secara online saja. Lebih mudah, cepat, dan praktis. 

Keunggulan dan Kekurangan AC jenis Portable

Apakah Ac portable hanya memiliki kelebihan dengan sifatnya yang lebih praktis untuk dipindah? Tentu saja tidak. Anda dapat menemukan beberapa kelebihan AC portable sebagai berikut. 

- Pemasangan mudah. Sebab Anda perlu meletakkannya begitu saja dan kemudian Anda tinggal menyalakannya. 

- Harga relatif terjangkau. Dibandingkan dengan AC portabel, memang harga AC ini cenderung murah. Namun tetap bergantung tipe, merek, dan besaran PK.

Sementara untuk sejumlah kekurangan AC portabel itu di antaranya seperti.

- Suaranya lebih berisik. Ini mungkin karena kompresornya yang terletak bersama AC sehingga menimbulkan suara yang lebih gaduh.

- Penggunaan Ac portable yang sering dipindah-pindah membuatnya rentan rusak. Mungkin saja saat memindahnya terbentur dengan benda lainnya.
Memang terutama orang yang membeli AC portable ini karena ingin menjadikannya sebagai AC pelengkap. Jadi sebagai AC tambahan ketika dibutuhkan.

Idealnya di dalam rumah selain terdapat AC konvensionel juga dilengkapi AC portabel. Jadi ketika diperlukan, AC ini ini dapat digunakan. 

Kalau Anda sudah memiliki Ac jenis ini, penting juga untuk tahu bagaimana cara untuk membersihkannya. Pertama kali Anda harus mematikan AC dengan cara mencabutnya dari stop kontak. Dengan begitu, AC ini aman untuk diberishkan. 

Kemudian Anda bisa menggunakan air atau cairan khusus pembersih AC. Anda bisa gunakan lap dan bersihkan AC ini secara menyeluruh. Setelah AC portable ini bersih, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan memakai lap kering. 

Yang tidak boleh ketinggalan adalah membersihkan saluran pembersih udara. Sebab pada bagian ini sering penuh dengan debu. Kalau pembersih udara ini bersih, juga akan membuat kinerja AC menjadi optimal.