27 Januari, 2018

Mengenal lebih dekat Masjid Al-Imtiyaas Bandung


Alhamdulillah, Beberapa waktu yang lalu tepatnya 25-26 November 2017, Kami bisa mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan Tim Bersih-bersih Masjid Magelang-BBM. Kegiatan Tim BBM Magelang selama dua hari tersebut adalah mengikuti acara Kopdar Akbar relawan kebersihan masjid se-Indonesia.

Kegiatan Kopdar Akbar relawan kebersihan Masjid se-Indonesia tersebut di laksanakan di Masjid Al-Imtiyaas Suropati Core Bandung, Jawa Barat. Selain silaturahmi dan saling berbagi pengalaman seputar dunia bersih-bersih masjid, dalam acara ini juga di bentuk sebuah kesepakatan tentang bagaimana langkah kedepan relawan kebersihan masjid ini. Terutama tentang bagaimana memakmurkan masjid sebagai sebuah peradaban umat yang mulai memudar.


Acara Kopdar Akbar relawan Kebersihan masjid se-Indonesia ini di ikuti oleh komunitas relawan kebersihan masjid dari Yogyakarta, Semarang, Bandung, Garut, Cilacap, Temanggung, Bekasi, Karawang, Tangerang, Jakarta, Depok, Serang dan ada juga yang datang jauh-jauh dari Lampung.

Tak kurang 12 personil Tim BBM Magelang yang hadir di acara ini, dengan satu harapan bahwa dengan hadirnya kami dalam kopdar Akbar relawan kebersihan masjid ini nantinya banyak ilmu dan pengalaman dari teman-teman relawan kebersihan masjid yang bisa menambah pengetahuan kami tentang bersih-bersih Masjid yang bisa kami aplikasikan di Magelang.

Acara Kopdar Akbar relawan kebersihan masjid se-Indonesia ini berlangsung selama dua hari di masjid Al-Imtiyaas Suropati Core Bandung. Masjid Al-Imtiyaas menempati dua buah ruko di kawasan perkantoran Suropati Core. Selain komplek perkantoran Suropati Core juga merupakan kompleks perumahan yang cukup besar di Bandung.


Masjid Al-Imtiyaas terdiri dari tiga lantai, Lantai pertama di jadikan sebagai kantor masjid, Toliet dan Gudang. Sementara untuk lantai dua di jadikan sebagai ruang utama Masjid untuk tempat shalat, kajian dan lain sebagainya. Sementara untuk lantai tiga juga di jadikan tempat shalat dan kegiatan ibadah lain. Selain beberapa bagian tadi di setiap lantai ada aula yang sering di jadikan untuk kajian, seminar dengan jumlah peserta terbatas.

Setiap hari di Masjid Al-Imtiyaas Suropati Core ini tidak pernah sepi dari kegiatan keagamaan seperti kajian rutin harian, pekanan, bulanan, seminar tentang parenting, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan dakwah. Selain acara-acara tadi, Masjid Al-Imtiyaas juga sering di jadikan sebagai tempat melangsungkan pernikahan.


Suasana ukhuwah sangat terasa saat pertama kali kami menginjakkan kaki di Masjid Al-Imtiyaas, Selain sambutan hangat dan persaudaraan dari teman-teman Relawan kebersihan Masjid dari berbagai daerah, Kami juga mendapat sambutan hangat dari  pengurus dan takmir masjid Al-Imtiyaas di Suropati Core ini, Mempersilahkan kami untuk istirahat sambil menunggu waktu subuh tiba, Karena kami sampai di Bandung sekitar jam tiga pagi.

Selain sebagai tempat berbagai kajian setiap harinya, Masjid Al-Imtiyaas juga merupakan Sekretariat dari Komunitas Pecinta Masjid (KPM) dan Relawan Kebersihan Masjid (RBM). dua dari beberapa komunitas relawan kebersihan masjid yang ada di Bandung dan sekitarnya.

Yang unik, di lantai satu Masjid yang merupakan kantor masjid dan Sekretariat komunitas dakwah di Bandung tersedia makanan kecil sekedar untuk mengganjal perut seperti Donat, Bakpao  dan kue-kue kering lainnya yang kesemuanya bisa kita beli tanpa ada penjualnya. Kita bisa ambil kue-kue tadi dengan memasukan uang pas seharga kue yang kita ambil di sebuah kotak  yang terletak di samping jajanan tersebut di letakkan.


Kejujuran, Mungkin itu yang ingin di sampaikan oleh pengurus Masjid kepada jamaah yang hadir setiap harinya di Masjid Al-Imtiyaas Suropati Core ini. Kalau di Masjid saja yang setiap harinya kita pakai untuk mengagungkan Allah, beribadah kepada-Nya, Kita tidak bisa menjaga kejujuran apalagi saat berada di luar masjid. Kejujuran adalah ciri dari setiap muslim yang di ajarkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wassalam beberapa abad yang lalu melalui Al-Qur'an dan Sunnah.

Demikian sekelumit pengalaman kami saat  dua hari berada di Masjid Al-Imtiyaas Suropati Core Bandung, mengikuti serangkaian kegiatan Kopdar Akbar relawan kebersihan Masjid se-Indonesia. Semoga nantinya akan semakin banyak masjid-masjid lain di Indonesia yang semangatnya tidak kalah dengan Masjid Al-Imtiyaas Bandung, semangat dalam ukhuwah islamiah dan menjaga masjid sebagai sebuah pusat peradaban Islam. 

Pekerja retail jaringan Mini market nasional yang ada di Jogja. Tinggal di Magelang bersama istri dan dua putri kecil kami Disa dan Nayya. Sesekali ngeblog, bersosial media di FacebookTwitter, Instagram. Suka membaca buku tentang Wira usaha, Politik, Sejarah dan Internet. Ingin menghubungi saya silahkan mengisi pesan disiniWA 0815-10656-456 atau langsung chat WhatsApp http://bit.ly/ikhsan1


EmoticonEmoticon