Generasi alfa
Sebagai orang tua, harus memahami makna dari generasi alfa dengan lebih dekat lagi.
Simak pembahasan lebih jelasnya ada pada artikel ini.

Gen-A merupakan lanjutan dari Generation X,Y,Z. Generasi alfa lahir pada tahun 2010
sampai dengan 201. Generasi ini disebut yang paling pintar. Karena, lahir saat kemajuan teknologi berjalan dengan begitu pesat. Perkembangan yang dimiliki serta pengetahuanm untuk dipelajari. Banyak yang menganggap sulit untuk menjadi orang tua pada generasi ini.

Tantangan orang tua dalam mendidik generasi alfa tentu berbeda. Terlebih, lingkungan sekitar yang memang sudah mendukung untuk penggunaan teknologi. Tentunya, orang tua harus memahami dengan lebih dalam mengenai generasi alfa tersebut. Seperti untuk ciri-irinya sampai dengan cara mendidik. Ingin tahu lebih jelasnya? Baca dibawah ini dengan lengkap!

Ciri Dari Generasi Alfa
Agar lebih memahami mengenai generasi alfa, maka anda harus tahu ciri-cirinya. Berikut ini
ciri-cirinya:

Lahir Saat Perkembangan Teknologi
Salah satu ciri dari anak gen-A yaitu lahir saat adanya perkembangan teknologi begitutinggi. Memang, anak lahir saat teknologi sudah begitu melekat pada masyarakat.

Penggunaan smartphone sehari-hari sudah tidak bisa dilepaskan lagi. Tidak heran, jika anak generasi ini memiliki ketertarikan pada dunia teknologi dengan begitu baik.

Gaya hidup tinggi
Gen-A memiliki gaya hidup yang cukup tinggi. Seperti pakaian,perangkat teknologi terbaru sampai dengan konsumsi makanannya. Karena, memang pertumbuhannya juga berjalan
dengan cukup cepat. Bahkan, hal ini berlaku di banyak negara dengan jumlah generasi alfa tinggi.

Lebih Cerdas Dari Generasi Sebelumnya
Pertumbuhan teknologi yang ada membuat kemajuan dari generasi ini. Seperti untuk proses pembelajaran, pergaulan dan lainnya. Tentunya, hal ini dikarenakan adanya kemudahan dalam penggunaan teknologi. Jadi, sangat penting agar orang tua bisa mendidik anak dengan baik.

Cara Mendidik Generasi Alfa
Orang tua tidak boleh lepas tangan dalam mendidik anak yang terlahir sebagai gen-A. Ini dia cara mendidik anak untuk generasi alfa:

Ajarkan Sopan Santun
Sopan santun merupakan hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan ini. Karena, tanpa adanya adab sopan santun akan menghilangkan nilai kekeluargaan. Terutama, untuk
hubungan dari keluarga yang kemungkinan menjadi rusak. Untuk itu, alangkah baiknya bisa
diajarkan sopan santun terhadap siapapun.

Beri Pendidikan Agama
Agama sebagai pondasi untuk pendidikan harus diajarkan sejak dini. Perkenalkan dengan agama untuk bisa lebih menghargai kehidupan. Serta dapat mengetahui apa yang memang
benar dan salah agar tidak dilakukan. Tantangan menjalani kehidupan generasi ini cukup berat. Untuk itu, pendidikan agama merupakan modal yang cukup penting dalam menjalani kehidupan sekarang ini.

Penggunaan Gadget Yang Tepat
Jangan lalai dalam mendidik anak dan membiarkannya untuk bermain gadget rutin. Karena,
hal ini tidaklah baik untuk perkembangan anak. Sebaiknya, berikan waktu tertentu untuk
penggunaan gadget anak. Karena, dengan penggunaan gadget yang tepat membantu untuk pertumbuhan anak lainnya. Jadi, tetap jaga pertumbuhan anak dengan penggunaan gadget secukupnya saja.

Bermain Yang Edukatif
Permainan yang mengedukasi tentu sangat bermanfaat bagi anak. Untuk itu, anda bisa memberikannya secara langsung kepada anak. Bagaimana caranya? Sangat mudah, bisa melalui langsung maupun memanfaatkan smartphone. Saat ini, sudah cukup banyak sekali aplikasi edukatif yang bisa digunakan dan bermanfaat bagi pertumbuhan anak.

Bagaimana, sekarang bunda sudah paham bukan mengenai generasi alfa ini? Jangan sampai, salah dalam mendidik anak dengan generasi yang sekarang. Jika anak dididik dengan baik, maka akan menghasilkan generasi berkualitas yang bermanfaat!