Hati-hati di Terminal Harjamukti Cirebon

Suasana semrawut, suara kenek kondektur dan Calo menawarkan jasa di setiap terminal sudah hal yang lumrah terjadi hampirdi setiap terminal, terutama untuk terminal-terminal di kota besar seperti Jakarta.tapi kayaknya kesemrawutan tersebut juga dapat kita rasakan di terminal-terminal kota-kota kecil semacam terminal Harjamukti Cirebon

Kesemrawutan di  setiap terminal  kayaknya masih wajar namanya juga terminal, tapi yang membuat saya kaget mendengar kabar kalau di terminal Harjamukti serinjg terjadi pemalakan oleh para Calo yang sering terjadi,kabar tersebut  saya denger dari teman yang sering lewat dan terminal tersebut.

Berhubung ada keperluan yang mengaharuskan saya ke Cirebon dan mau tidak mau harus turun di terminal Harjamukti, saya nyari-nyari kebenaran berita tersebut di Internet, dan ternyata banyak banget keluhan tentang pemalakan liar para calo di terminal Harjamukti ini,rata-rata dari mereka setiap masuk ke Terminal langsung di sambut calo dengan menawarkan naik bus yang akan membawa mereka ke kota tujuannya.sering juga ajakan tersebut di barengi dengan pemaksaan apabila penumpang tidak mau,bukan sampai di situ saja setelah masuk ke bus para Calo tersebut berpura-pura sebagai kondektur bus dan meminta uang dan memberi karcis palsu, yang nanti setelah akan berangkat akan di ganti dengan karcis asli dari kondektur bus.yang lebih parah lagi ada yang membayar ke calo masih juga di minta oleh kondektur bus dengan alasan kondektur bus belum menerima uang dari para calo

Kalau sekedar  nyari-nyari berita di Internet dan cerita dari teman mungkin saya kurang percaya kalau di Terminal Harjamukti separah itu, tapi saya mengalaminya sendiri saat beberapa waktu yang lalu berkunjung ke Cirebon,para calo dengan ngototnya menawarkan saya untuk naik bus jurusan Semarang dan meminta membayar dengan harga yang sangat tidak wajar.jadi kalau anda mau ke Cirebon saran saya jangan turun dan naik di dalem Terminal kalau anda tidak mau berusan dengan para Calo, dan keadaan tersebut kayaknya sudah menjadi rahasia umum kalau pemalakan para Calo di dalem terminal, soalnya setelah bis berjalan kurang lebih 1 km banyak penumpang yang naik.

Semoga kejadian yang saya alami tidak terulang lagi sama penumpang-penumpang mau ke Cirebon  yang turun atau naik di Terminal Harjamukti dan ada tindakan dari pihak terkait di Cirebon supaya pemalakan liar calo tersebut dapat di tertibkan.

Dan berikut ini keluhan para penumpang yang menjadi korban para Calo di Terminal Harjamukti Cirebon.
Sedang Menunggu Bus, Mahasiswi Dipukul Preman    
Kenapa di Cirebon banyak Calo dan Pengamen dan Pemalak???? 
Calo Terminal Cirebon: Kedzalimannya Paling Kurasakan 
Calo Penumpang Bebas Berkeliaran Mencari Korban
Waspada di Terminal Cirebon
Foto dari detik.com

14 komentar:

  1. welha dalah inikah yang disebut negara hukum? para aparat terkait kemana ya? atau mereka justru turut menikmati kue itu ya?

    BalasHapus
  2. Apa sudah ada perubahan setelah ada tanggapan dari pak Gubernur @aheryawan ?

    BalasHapus
  3. Salah satu Terminal di Jabar yang mengerikan

    BalasHapus
  4. Intinya hati2 dimanapun kita berada, apalagi menjelang lebaran seperti sekarang ini

    BalasHapus
  5. terima kasih atas kunjungan dan komentarnya pak

    BalasHapus
  6. kira-kira kalau naik bis dari cirebon ke magelang naik bis ap ya??

    BalasHapus
  7. Bisa naik Bus Budiman, Santoso ataupun Handoyo. Ataupun bis jurusan Bandung-Yogyakarta nanti turun di terminal Purworejo. Tetapi pengalaman saya lebih enak naik bis Budiman, soalnya lebih nyaman dan penumpang sangat di perhatikan dan crewnya ramah-ramah :)

    BalasHapus
  8. assalamu'alaikum saya dari malang ke cirebon naik bus apa ya

    BalasHapus
  9. Kebetulan mas nnti saya mau ke boyolali naik bis nya apa ya trus beli tiket nya di mobil aja apa bisa? tmksih

    BalasHapus
  10. Semoga sekarang keadaannya sudah membaik ya mas ikhsan

    BalasHapus