Ikhsan.web.id

semangat berbagi manfaat

27 Juli, 2012

Ngabuburit di Masjid Gede Kauman Keraton Yogyakarta

Ngabuburit di Masjid Gede Kauman Yogyakarta
Beberapa hari yang lalu sambil menunggu waktu berbuka puasa dan kebetulan sedang lewat di Jalan Malioboro, saya menyempatkan untuk mampir sejenak ngabuburit di Masjid Gede Kauman Yogyakarta yang letaknya tidak begitu jauh dari kawasan Malioboro, sebagaimana masjid-masjid besar lainnya suasana masjid sudah ramai di penuhi oleh jamaah.

Tidak kurang dari 500 an jamaah sedang menyimak ceramaah Ustad Asep Salahudin yang sedang menjelaskan tentang keutamaan Zakat, Infaq dan Sadaqoh. Masjid kauman juga telah menyediakan menu takjil untuk berbuka puasa gratis bagi para jamaah yang datang dari sekitar yogyakarta dan sekitarnya. bagi mereka dengan berbuka puasa di masjid seperti di Masjid Gede Kauman ini akan mendatangkan berkah tersendiri.

Masjid Gede Kauman terletak di sebelah barat Alun-alun utara keraton Yogyakarta, di bangun di masa Sri Sultan Hamengku buwono 1, seperti masjid-masjid lain di Jawa, masjid Gede Kuaman ini juga beratap tumpang tiga dengan nustaka, berserambi dan berbentuk bujur sangkar, ada pawestren dan juga kolam di beberapa sisi masjid. Yang membedakan masjid kauman dengan masjid-masjid di Jawa pada umumnya adalah adanya sebuah gapura depan dengan bentuk semar tinandu dan pagonan yang berfungsi untuk meletatakan gamelan sekaten. Komplek masjid ini juga dikelilingi dengan pagar tembok yang tinggi. 
Masjid Gede Kauman Keraton Yogyakarta