Bibit pare yang tumbuh di kebon depan rumah

manfaat pare bagi kesehatan
Musim hujan telah tiba, musim yang sangat di nanti-natikan oleh kami para petani di Dusun Gejiwan, tentunya juga di daerah lain. Musim hujan saatnya bercocok tanam padi, ketela, sayur mayur dan lain sebagainya. 

Karena daerah kampung kami di Dusun Gejiwan berupa lereng perbukitan dan pategalan,  tanaman yang sering kami tanam adalah Singkiong, Ketela, Ubi, sayur-sayuran seperti kacang, pare dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan saya juga ikut mensyukuri datangnya musim hujan ini dengan bersih-bersih kebon di depan rumah, niatnya kalau tidak di tanami sayur-sayuran akan saya tanami dengan pohon pisang, selain perawatannya mudah tidak perlu keahlian khusus, pohon pisang akan cepet berbuah di banding dengan tanaman lainnya dan hargapun ketika sudah masak juga tergolong tinggi.

Ketika sedang asyik-asyiknya mengayunkan cangkul, tanpa sengaja saya melihat ada beberapa pohon pare yang sedang tumbuh. Ini sungguh sesuatu yang sangat luar biasa bagi saya, karena selama ini tidak ada yang menanam bibit pare di kebon depan rumah kami, biasanya hanya di tanami ketela sama almarhum bapak. Rupanya Gusti Allah benar-benar maha tahu, tahu kalau hambanya ini suka sekali dengan sayur pare, begitu tulis saya di Facebook sore itu saking girangnya ada bibit pare yang mulai tumbuh di kebon depan rumah.

Mungkin bagi sebagian orang pare merupakan sayur yang paling tidak di sukai karena pahit. tapi justru kebalikan dengan orang-orang saya sangat menyukai sayur pare, menurut saya semakin pahit sayur pare semakin enak. Sayur pare lebih nikmat bila di masak dengan tempe dan sedikit pete, di sajikan bersama nasi yang sedikit lemes dan masih hangat. Kesukaan saya sama sayur pare di mulai saat saya masih SD, Ketika itu ibu Almarhum sering  masak pare, tidak perlu beli karena tinggal petik di kebon depan rumah. 

Penasaran dengan Pare, saya iseng-iseng Googling ternyata di balik rasa pahitnya Pare menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan dan bisa juga buat obat tradisional. Pare bisa untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Berikut salah satu manfaat Pare bagi kesehatan:
  1. Mengusir Diabetes, bahkan kandungan Bioaktifnya biji pare mampu mencegah peningkatan gula darah.
  2. Menangkal sel kanker, Pare mampu menangkal sel kanker karenamengandung zat lesichin yang bermanfaat meningkatkan kekebalan dan menangkal sel kanker dalam tubuh
  3. Menurunkan berat badan,  dalam secankir pare memiliki 16 kalori yang mampu membuat kita mengontrol nafsu makan dan cepat kenyang.
  4. Membersihkan darah, Sayur pare memiliki kandungan zat yang mampu membersihkan darah kotor terutama bila di konsumsi pada pagi dan malam hari.
  5. Memerangi HIV/AIDS, Pare memiliki kandungan protein alpha-Momocharin, Kalium dan Karotin yang mampu menghambat dan membatasi perkembangan virus HIV, dan akan menambah kekebalan dalam tubuh meningkat.
  6. Melancarkan Pencernaan, Pare kaya akan serat, vitamin C, kalium dan karoten, rasa pahit dalam pare bisa mengatasi masalah pencernaan.
  7. Mengatasi Asma, sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa pare merespon indera pengecapansehingga sel pernafasan ikut aktif dan menyebabkan saluran pernafasan menjadi luas dan kuat.
  8. Kecantikan, Vitamin C yang di hasilkan pare membantu memlihara kecantikan dan memelihara dari sinar ultraviolet. 
  9. Selain itu Pare juga bisa menurunkan demam, bisul, disentri, amuba, wasir, bronkitis, malaria dan penyakit kuning. 
Ternyata sayur pare kegemaran saya yang selama ini kurang di sukai orang karena rasanya yang pahit banyak mengandung khasiat buat kesehatan. Buat yang selama ini tidak suka dengan sayur pare, tidak ada salahnya mencoba lho demi kesehatan kita.

2 komentar:

  1. Udah pernah nyoba mas, memang pahit, tapi aku lagi ngerti nek ono khasiate lumayan banyak. Nuwun infone mas.

    BalasHapus
  2. bahan makanan yang terkadang tidak nikmat di lidah justru banyak menyimpan khasiat yang sangat berguna...

    BalasHapus