Ikhsan.web.id

semangat berbagi manfaat

24 Mei, 2018

Ini Dia Manfaat Pemberian Susu Bayi Pada Bayi Usia 6 Bulan ke Atas


Anak usia bayi atau balita sedang berada di masa pertumbuhan dan perkembangan sehingga perlu dijaga kondisinya dengan sangat cermat. Hal ini meliputi kondisi kesehatan, cara asuh, hingga pola makannya. Ada aturan-aturan tersendiri yang perlu ditaati untuk menjaga agar bayi dan balita selalu sehat baik dengan cara yang dipercaya turun temurun hingga cara-cara ilmiah yang sudah dibuktikan. Salah satunya adalah pada pemberian susu bayi non ASI bagi bayi usia 6 bulan ke atas yang dimaksudkan untuk melengkapi kebutuhan gizinya.

 

Seperti yang diketahui bersama, bahwa makanan terbaik bagi bayi adalah ASI yang merupakan susu alami dari ibu. Asi memiliki kandungan gizi yang sempurna untuk kebutuhan bayi dan balita hingga ia berusia 2 tahun. Karenanya program pemerintah dalam bidang kesehatan ibu dan anak memiliki kampanye untuk pemberian ASI eksklusif hingga anak berusia 2 tahun untuk memberikan manfaat maksimal pada bayi dan balita. Dengan begitu tubuh bayi akan memiliki kekebalan sistem imun yang maksimal untuk menangkal berbagai jenis penyakit terutama penyakit infeksi yang bisa berakibat fatal.

 

Namun kondisi ibu satu dengan lainnya tidaklah sama. Meski manfaat pemberian ASI eksklusif sangatlah besar namun nyatanya tak semua ibu bisa memberikannya pada sang buah hati. Hal ini dikarenakan pada beberapa sebab antara lain:


Produksi ASI yang berkurang atau sedikit.

Waktu ibu untuk terus berada di samping sang bayi yang berkurang karena kegiatan ibu.

Bayi atau balita sudah tidak mau menyusu.

Ibu memiliki gangguan kesehatan yang membuatnya tidak memungkinkan untuk terus memberikan ASI.

 

Dari berbagai sebab di atas, bukan berarti lantas bayi atau balita dibiarkan saja tanpa adanya pengganti ASI yang dihentikan atau berkurang pemberiannya tersebut. Karenanya diciptakan susu bayi yang khusus diformulasikan untuk bayi usia 6 bulan ke atas. Sedangkan untuk bayi usia 0 hingga 6 bulan sebisa mungkin hanya diberikan ASI saja jika kondisi ibu memungkinkan. Jika tidak maka ada susu khusus yang bisa diberikan atas petunjuk dokter anak. Namun untuk susu balita usia 6 bulan ke atas, ibu bisa memilih dengan lebih leluasa karena jenis susu formula ini bisa didapatkan dengan mudah di toko ataupun toko online terpercaya.

 

Manfaat dari pemberian susu formula untuk bayi usia 6 bulan ke atas dengan kondisi tersebut di atas adalah:


Bayi tetap memiliki asupan nutrisi pelengkap sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi meski asupan ASI berkurang.

Bisa diberikan kapanpun saat bayi menginginkannya tanpa kehadiran ibu sekalipun.

Lebih praktis dan mudah cara pemberiannya terutama ketika berada di luar rumah.

Banyak merk susu yang bisa dipilih sesuai dengan kepercayaan ibu dan keluarga dengan berbagai varian harga.

 

Dalam memilih susu bayi sendiri, Anda perlu mempertimbangkan kondisi bayi yaitu mencari tahu apakah bayi memiliki alergi susu sapi sebagai bahan utama pembuat susu formula. Jika iya maka perlu mencari alternatif lain agar bayi bisa tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Untuk mendapatkan susu dari susu sapi ataupun kedelai, Anda bisa langsung menuju mini market, super market hingga situs belanja online terpercaya karena produk susu ini banyak dijual sesuai dengan usia bayi. Jika bayi mengalami reaksi ketidakcocokan, ada baiknya mengganti merk susu hingga ditemukan satu merk yang tepat untuk pemberian selanjutnya.