nugget ayam
Resep Nugget Ayam Tahu Untuk MPASI si Kecil
Ma, si kecil sudah memasuki usia 9 bulan? Saat usia anak sudah menginjak usia ini, dia sudah bisa mencicipi makanan yang bervariasi lho. Mama bisa lebih bebas untuk memilih makanan anak Mama tersayang dengan sangat menyenangkan. Selain itu,  Mama juga bisa makin berkreasi dalam membuat MPASI si kecil.

Ma, selain membutuhkan makanan utama,  si kecil juga membutuhkan cemilan ringan untuk membantu meningkatkan perkembangan motorik tangannya. Nah, Mama harus pandai bagaimana caranya membuat makanan yang enak dan bisa si kecil sukai tapi dengan memperhatikan kandungan nutrisi yang tinggi. Karena di luaran sana banyak lho, Ma, yang kurang pandai dalam membuat kreasi makanan. Ada makanan yang tinggi nutrisi namun tidak disukai si kecil, tapi ada pula yang disukai si kecil justru hanya mengandung nutrisi yang rendah.
MPASI ideal juga perlu banget didampingi dengan rasa yang lezat agar si kecil lahap menyantapnya. Nah, kali ini kami akan memberikan resep nugget ayam tahu krispi yang bisa Mama praktekan di rumah. Resep ini selain enak juga mengandung nutrisi yang tinggi. Sebenarnya tidak perlu takut dan khawatir bila sekali-kali menyuguhkan makanan yang digoreng pada si kecil, dengan catatan kualitas dan cara pembuatannya sudah dipastikan dengan higienis.

Bahan-bahan untuk membuat cemilan ini sangat mudah dijumpai di supermarket bahkan di warung. Untuk bahan utama, siapkan 200 gram tahu putih lalu haluskan, 100 gram daging ayam giling, 4 sdm tepung terigu, 1 batang daun bawang cincang halus, 3 siung bawang putih lalu haluskan, ½ sdt garam, air kaldu ayam secukupnya, minyak goreng secukupnya. Sedangkan untuk bahan pelapis siapkan 1 butir telur lalu kocok dan tepung roti secukupnya.
Cara membuat nugget ayam tahu krispi ini mudah banget. Pertama-tama, campurkanlah tahu, daging ayam, tepung terigu, dan daun bawang ke dalam mangkuk. Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan sebelumnya dan beri sedikit garam. Setelah itu aduk hingga rata, agar tekstur adonan bisa menjadi lebih kalis bisa ditambahkan dengan air kaldu ayam. Setelah itu bentuk sesuai selera. Bisa menggunakan cetakan kue. Nah, nugget yang sudah dibentuk lalu celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok.

Balurkan tepung roti ke nugget yang sudah dicelupkan ke dalam telur. Setelah itu, panaskan minyak goreng dan goreng nugget hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan. Nugget sudah siap dihidangkan. Mama bisa menyajikannya sebagai lauk bubur maupun camilan.
Nugget ayam adalah salah satu makanan favorit bagi si kecil. Maka dari itu Mama wajib banget buat mempraktekkannya. Nah, selain itu resep ini juga cocok banget sebagai salah satu camilan finger food. Karena saat usia si kecil memasuki 9 bulan, harus banget dikenalkan dengan makanan finger food. Resep ini pastinya bisa memenuhi semua persyaratan untuk MPASI, karena lezat, praktis, dan penuh nutrisi.

Mama harus tahu, alasan dibalik nugget dicampur dengan tahu adalah karena tahu merupakan makanan yang lezat, mudah diolah, dan kaya akan nutrisi. Zat yang terkandung dalam tahu meliputi zat besi, protein, dan kalsium. Itu sangat diperlukan sekali untuk membantu pertumbuhan buah hati.

Mama bisa mengolah tahu tidak harus dibuat nugget ayam tahu krispi saja. Bisa dengam cara diblender, dilunakkan, bisa juga dipotong kecil-kecil. Atau bisa juga dikombinasikan dengan wortel. Tips saat menyimpan tahu agar tahan lama, simpan dalam lemari kulkas dengan keadaan setengah terendam. Untuk memastikan kesegaran tahu, Mama bisa mengganti airnya dua hari sekali. Cara ini bisa membuat tahu segar dalam 7 hari.
Demikian resep nugget ayam tahu krispi untuk MPASI si kecil kesayangan Mama. Selamat mencoba!