Liburan ke Taman Kyai Langgeng Magelang

Taman Kyai Langgeng
Beberapa minggu yang lalu saya mengajak Dek Disa, putri kami untuk mengunjungi Taman Kyai Langgeng, salah satu obyek wisata yang terkenal di Magelang selain Candi Borobudur. Walau jaraknya dari rumah cukup dekat, saya jarang berlibur ke Taman Kyai Langgeng. Kebetulan waktu itu Pakdhe dan Budenya Dek Disa sedang berlibur di Magelang bersama kedua putranya. Dan salah satu tujuan liburan di Magelang salah satunya ke Taman Kyai Langgeng. Karena kebetulan waktu itu saya dan istri lagi libur, sekalin saja kami ikut ke Taman Kyai Langgeng, mengajak Dek Disa liburan bersama Pakde, Bude dan kedua kakak sepupunya.

Karena waktu itu hari libur dan kebetulan hari minggu pula, suasana Taman Kyai Langgeng ramai di kunjungi wisatawan. Untuk Masuk ke obyek Taman Kyai Langgeng cukup bayar tiket masuk sebesar 8000 rupiah saja. Selain tiket reguler Taman Kyai Langgeng juga menyediakan tiket terusan yang dapat di gunakan sebagai tiket masuk dan tiket permainan. Permainan yang bisa di nikmati dengan tiket terusan antara lain Becak Air, Becak Mini, Bianglala, Dokar Mesin, Jet Coaster, Kereta Air, Kereta Mini, Kumidi putar, Kumidi Layang dan sepur mini. Pada awalnya saya agak sedikit kecewa dengan tiket terusan ini, karena ada salah satu arena permainan untuk anak-anak yang tidak bisa di gunakan karena paket terusan yang kami gunakan tidak berlaku buat anak-anak, karena anak-anak kami belum di kenakan tiket karena belum cukup umur. Tapi ke kecewaan tersebut terobati setelah kami bisa menikmati permainan-permainan tadi dengan tiket terusan yang kami beli seharga 15.000.-.

Dengan tiket terusan seharga 15.000 di hari biasa dan 20.000,- (sabtu, minggu) menurut saya tergolong murah karena sudah termasuk tiket masuk ke Taman Kyai Langgeng dan 10 permainan yang bisa kita coba. karena kalau kita cuma masuk dengan tiket reguler seharga 8.000,- dan mau mencoba berbagai permainan di atas, kita harus membayar tiket lagi seharga 5000,- sampai 10.000,-. jadi buat anda yang mau berkunjung ke Taman Kyai Langgeng bersama anak-anak, saya sarankan beli tiket terusan saja. lain lagi kalau kesana hanya untuk jalan-jalan keliling Taman Kyai Langgeng menikmati bebagai pemandangan, rindangnya pepohonan dan aneka satwa langka, lebih baik beli tiket reguler saja.

Dek Disa Liburan ke Taman Kyai Langgeng Magelang
Dek Disa yang biasanya cuma di ajak jalan-jalan ke pasar, pecinan, alun-alun sangat senang sekali melihat kedua kakak sepupunya bermain menikmati berbagai permainan yang ada, seperti Kumedi putar, Kumidi layang, ayunan. Saking senangnya setiap kereta mini lewat, Dek Disa selalu melambaikan tangannya sambil berkata ''keta-keta''. Setelah seharian mengelilingi Taman Kyai Langgeng menikmati berbagai permainan yang ada, di lanjutkan dengan berenang di Kolam renang Tirta Langgeng yang ada di komplek Taman Kyai Langgeng, Tidak mau ketinggalan dengan kedua kakak sepupunya, awalnya Dek Disa takut untuk turun ke air berenang dengan kedua kakaknya, karena ini untuk pertama kalinya Dek Disa di ajak ke kolam renang, Setelah beberapa saat akhirnya Dek Disa mau juga turun ke air belajar berenang, malah saking asyiknya di air sampai-sampai tidak mau berhenti :).

Secara keseluruhan Taman Kyai Langgeng tidak jauh beda dengan kondisi setahun lalu ketika saya berkunjung kesana, hanya ada sedikit perbaikan dan penambahan permainan di beberapa tempat. Menurut saya justru menariknya Taman Kyai Langgeng terletak di permainan-permainan yang tersedia di sana, terutama kalau datang kesana bersama anak kita. selain arena permainan di Taman Kyai Langgeng juga tersedia berbagai macam tanaman langka antara lain Cempaka Ganda, Dewa daru, Apel beludru, Nagasari dan aneka satwa seperti Buaya, Owa, Itik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Komplek Taman Kyai Langgeng terletak di Jalan Cempaka no.6 Kota Magelang. Nama Kyai langgeng sendiri berasal dari nama salah seorang anak buah Pangeran Diponegoro yang ikut berperang melawan Belanda pada saat perang Diponegoro, Kyai Langgeng selain pejuang juga merupakan seorang ulama yang  makamnya berada areal Taman Kyai Langgeng. Selain bermacam-macam arena permainan, tumbuhan dan satwa langka, di Taman Kyai Langgeng terdapat berbagai macam patung Dinosaurus, Gelanggang remaja, taman lalu lintas, Rumah Joglo, Rumah Apung, Panggung terbuka, Sungai untuk arung jeram, Anjungan Dirgantara dan Flying Fox.
Anjungan Dirgantara Taman Kyai Langgeng
Untuk lebih meramaikan Taman Kyai Langgeng, pihak pengelola mulai tahun ini buka sampai jam 22:00 khusus untuk hari Sabtu dan Minggu, sementara di hari-hari biasa tetap tutup jam 16:00.  Jadi bagi anda yang sedang berada di Magelang atau berencana liburan ke Magelang, jangan lupa Taman Kyai Langgeng jadikan salah satu tujuan liburan anda.

7 komentar:

  1. Kyai Langgeng Airlines, hanya ada di Magelang :) #fb

    BalasHapus
  2. wah sudah cukup lama tidak mampir sana je...

    BalasHapus
  3. Kunjungi balik blog saya ya, www.goocap.com
    Makasih, lhoo! :)

    BalasHapus
  4. 7 Siswa Luka Terjepit di Taman Kyai Langgeng
    http://m.inilah.com/read/detail/2084638/7-siswa-luka-terjepit-di-taman-kyai-langgeng

    BalasHapus
  5. bagus juga tempatnya untuk liburan anak-anak

    BalasHapus